1 Kg Berapa Liter

Posted on

1 Kg Berapa Liter – Sobat quora.co.id pada kesempatan ini penulis akan berbagi sebuah artikel kali ini akan kembali membahas perhitungan yang kali ini tentang bagaimana cara menghitung satuan kilogram jika dijadikan liter. Singkatnya 1 Kg Berapa Liter. Langsung saja sobat simak artikel berikut untuk medapat ulasan terlengkapnya.

1 Kg Berapa Liter
1 Kg Berapa Liter

Pengertian Kilogram (Kg)

Satuan kilogram merupakan sebuah satuan massa atau disebut satuan berat dalam (SI) sistem internasional. Simbol yang telah resmi untuk satuan kilogram ini berupa dua huruf yaitu kg. Satuan dasar dalam massa (berat) ialah menggunakan gram. 1 kilogram itu sama hitungannya dengan 1.000 gram. Beberapa satuan massa yang lainnya juga berbasis gram contohnya yaitu decigram (dg) milligram (mg), centigram (cg), dan seterusnya.

Pengertian Liter (L)

Satuan liter ialah berupa satuan volume. Satuan liter yang sebenarnya bukanlah sebagai satuan untuk volume pada (SI) sistem internasional namun akan dapat dikonversi serta di pakai bersama dengan menggunakan satuan sistem internasional (SI).

Simbol yang resmi untuk mengguankan satuan liter ini ialah dengan l (L kecil), akan tetapi seringkali yang digunakan dan di pakai ialah simbol L (L kapital).

Beberapa satuan dari volume berbasis liter yang seperti milliliter (ml), deciliter (dl) centiliter (cl), deciliter (dl) dan lainnya terdapat pada tangga perhitungan.

Di dalam (SI) yaitu sistem internasional, satuan dasar volume ialah menggunakan meter kubik (m3). Beberapa satuan volume yang lainnya berbasis meter kubik misalnya ada millimeter kubik (mm3), decimeter kubik (dm3), dan seterusnya.

Baca Juga :  1 Gram Berapa ml

Densitas (Massa Jenis)

Satuan dari kilogram ialah satuan untuk digunakan pada besaran massa (berat) sedangkan satuan liter merupakan satuan untuk digunakan pada besaran volume. Besaran massa tidak dapat dikonversi langsung untuk menjadi besaran volume. Oleh kerana itu satuan kilogram tidak akan dapat dikonversi secara langsung menjadi dalam satuan liter.

Untuk suatu mengkonversi besaran massa menjadi besaran volume, dibutuhkan besaran yang lainnya yang disebut dengan massa jenis (berat jenis) ataupun disebut densitas. Untuk mengubah dari satuan kilo gram menjadi liter tidak dapat secara langsung melakukan perhitungan namun harus dengan bantuan massa jenis. Jadi massa jenis ini merupakan bagian penting dalam perhitungan kilogram menjadi liter.

Rumus

Adapun rumus yang dapat digunakan dalam perhitungan ini antara satuan massa, volume dan masa jenis. Pertama disini merupakan rumus dari massa jenis. Massa jenis dari suatu benda adalah massa benda tersebut merupakan persatuan volume. Massa jenis yang umumnya disebut dengan densitas. Rumus dari massa jenis ialah.

Massa Jenis = Massa/Volume

Konversi dari kilogram ke liter

Setelah mengetahui rumus dari massa jenis diatas, dapat disimpulkan dari rumus massa jenis di atas maka akan dapat melakukan pengkonversi dari berat menjadi volume adalah sebagai berikut.

Volume = Massa/Massa Jenis

Air yang didefinisikan mempunyai densitas atau massa jenis yaitu 1 kg/liter
Maka volume 1 kg air akan dapat dihitung dengan cara berikut.

1 Kilogram Berapa Liter

Dari pembahasan yang ada diatas maka dapat ditarik kesimpulan di mana bahwa :

Rumus 1 Kilogram Berapa Liter

1 Kg Air Sama Dengan 1 Liter Air

Contoh Soal :

Berikut merupakan beberapa contoh mengenai tentang kilo gram menjadi liter, antara lain.

Contoh Soal 1

Soal: Berapa liter jika 1 kg beras yang telah diketahui memiliki berat massa jenis 0,753 kg/liter?
Jawaban :
Massa jenis beras , p = 0,753 kg/L
Massa beras , m = 1 kg
V = m/p = 1/0,753 = 1,328 L
maka dari volume 1 kg beras tersebut ialah 1,328 liter

Baca Juga :  1 Ton Berapa Kg

Contoh Soal 2

Soal: Hitunglah berapa liter 1 kg terigu jika yang telah diketahui bahwa terdapat massa jenis 0,933 kg/liter?
Jawab:
Massa jenis terigu , p = 0,933 kg/L
Massa terigu , m = 1 kg
V = m/p = 1/0,933 = 1,072 L
kesimpulannya volume 1 kg terigu ialah 1,072 liter

Contoh Soal 3

Soal: jika telah diketahui suatu jenis arang bermassa jenis 0,208 kg / liter. Berapa liter atas volume 2,5 kilogram arang ini?
Jawab:
Massa jenis arang, p = 0,208 kg/L
Massa arang , m = 2,5 kg
V = m/p = 2,5/0,208 = 4,808 L
hasil volume dari 2,5 kg arang merupakan 12,019 liter

Contoh Soal 4

Soal: Berapa liter hitungan volume 5 kg semen apabila diketahui memiliki  massa jenis 1,506 kg/liter?
Jawaban :
Massa jenis semen , p = 1,506 kg/L
Massa semen , m = 5 kg
V = m/p = 5/1,506 = 3,32 L
maka volume 5 kg semen adalah 3,32 liter

Contoh Soal 5

Soal: jika diketahui sebuah jenis gula pasir terhitung massa jenis 0,849 kg / liter. Berapa liter volume 1 kilogram gula pasir tersebut?
Jawab an:
Massa jenis gula pasir, p = 0,849 kg/L
Massa gula pasir, m = 1 kg
V = m/p = 1/0,849 = 1,178 L
maka volume 1 kg gula pasir ialah 1,178 liter

Jadi demikianlah pemabahasan mengenai tentang 1 Kg Berapa Liter. Semoga pembahasan diatas dapat dengan mudah untuk sobat pahami sehingga mungkin dapat membantu sobat dalam pengerjaan tgas . Terima kasih telah berkunjung pada artikel ini jangan lupa nantikan artikel artikel selanjutnya sobat.

Baca Juga :