Konjungsi Kausal

Posted on

Konjungsi Kausal – Halo sobat setia quora.co.id kembali lagi penulis akan membagikan sebuah artikel yang kali ini membahas tentang Konjungsi Kausal sub bahasan mengenai Pengertian Konjungsi Kausal, Jenis-Jenis Konjungsi Kausal, Contoh Kalimat Konjungsi Kronologis, Contoh Kalimat Konjungsi Kausal dan Konjungsi Kausalitas Berdasarkan Fungsi, pada artikel sebelumnya kita telah membahas konjugsi temporal. Pembahasan terlengkapnya berikut dibawah ini.

Konjungsi Kausal
Konjungsi Kausal

Pengertian Konjungsi Kausal

Pengertian Konjungsi adalah suatu kata yang dapat saling menghubungkan berbagai sejumlah kata, ungkapan serta kalimat yang bukan tujuan atau mempunyai maksud lain.

Sedangkan Kausal sendiri merupakan sesuatu yang mempunyai sifat yang menyebabkan atas adanya sebuah kejadian, mempunyai sifat yang saling menyebabkan serta hubungan yang memiliki sebab akibat.

Jenis-Jenis Konjungsi Kausal

Berikut dibawah ini beberapa jenis dari konjungsi kausal, antara lain.

  1. Konjungsi Kausal Syarat

Konjungsi Kausal Syarat ialah jenis konjungsi kausal yang saling dapat menyatukan suatu akibat dengan syarat adanya sebuah sebab dengan menerapkan syarat yang akan membuat terjadi sebuah akibat tersebut. Contoh kata-kata yang telah dikatagorikan dalam jenis konjungsi adalah  jika, bila, dan kalau.

  1. Konjungsi Kausal Simpulan

Jenis ini merupakan jenis konjungsi kausal yang dalamnya memuat kesimpulan dari terdapatnya sebuah sebab yang berupaberbentuk akibat. Contoh katanya  jadi, dengan demikian.

  1. Konjungsi Kausal Alasan

Merupakan suatu jenis konjungsi kausall yang akan menyebutkan adanya sebuah alasan serta penyebab dari adanya kejadian yang akan menimbulkan akibat. Contoh katanya karena.

  1. Konjungsi Kausal Untuk

Kemudian untuk mengenai jenis konjungsi kausal satu ini ialah kausal yang menyatakan bahwa sebab yang harus membentuk akibat seperti yang diharapkan. Untuk contoh katanya :  untuk itu, dan agar.

  1. Konjungsi Kausal Akibat

yakni jenis konjungsi kausal yang di dalamnya memuat hubungan yang mengenai suatu akibat kemudian terjadi sehingga akan menimbulkan sebab. Untuk itu contoh katanya adalah  sehingga, oleh sebab itu, maka, dan oleh karena itu.

Contoh Kalimat Konjungsi Kausal

Untuk memperjelas pembahasan kita diatas, berikut penulis berikan beberapa contoh penerapan kata konjungsi kausal pada kalimat dibawah ini.

  • Ayah menetapkan ketentuan berbentuk warisan dari sebagian harta yang dimiliki ayah jika anak anaknya sudah dewasa nanti.
  • Lorong ini yang selalu selalu akan digenangi air bila hujan yang deras tengah turun.
  • Aku hendak meneruskan pendidikan di luar negeri kalau yang dirasa pengalaman dari kerjaku telah cukup.
  • Rumah itu terbakar karena terjadi konsletin pada arus listrik.
  • Jadi, dapat di simpulkan bahwa konjungsi temporal ini merupakan jenis konjugsi yang akan menerangkan mengenai keterangan pada waktu yang ada diantara dua kalimat.
  • Dengan demikian, dapat di simpulkan bahwa kandungan protein yang terdapat dalam tahu yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan tempe.
  • Para suporter bola semangat dalam hal negatid yaitu membuat kericuhan sehingga akhirnya jalannya pertandingan harus diberhentikan secara paksa.
  • Apabila tahun ini Azzy tidak lulus pada ujian UTS, maka Azzy harus mengikuti tahap remedial setelah UTS itu telah selesai.
  • Oleh karena itu, kalian harus dapat lebih bersikap bijak dalam mengatur kondisi keuangan.
  • Oleh sebab itu, ada baiknya kita tidak secara cepat terpancing oleh adanya berbagai pemberitaan yang merupakan berita yang belum jelas kebenarannya atau disebut Hoax.
  • Maka Untuk itu, dengan diadakan program pendaurulangan sampah elektronik ini akan sedikit membantu dalam hal mengurangi terjadinya penumpukan sampah.
  • Para warga yang diharuskan mengikuti sebuah kegiatan kerja bakti itu  agar dapat membangun lingkungan kita dapat kembali lebih bersih setelah banjir yang melanda.
Baca Juga :  Contoh Teks Laporan Percobaan

Contoh Kalimat Konjungsi Kronologis

Berikut ini adalah contoh kalimat konjungsi kronologis:

  • Setelah Dwi Menunaikan kewajibannya kemudian ia segera bergegas membantu ibu untuk me.persiapkan sarapan pagi bagi ayah dan kedua adiknya.
  • Seusai menyelesaikan seluruh pekerjaan di rumahnya Rizal maka,setelah itu Rizal menunaikan kewajibannya yang merupakan sebagai suami untuk mencari nafkah memenuhi biaya hidup keluarganya.
  • Setelah sekian lama Abdi menunggu seluruhnya dapat dengan mudah tercapai hingga Pada akhirnya ia ,mampu dan berhasil mendapatkan apa yang akan di impikannya selama ini.
  • Setelah akan mengantarkan ibunya berangkat kepasar, lalu Rizal dengan segera bergegas berangkat bekerja.

Konjungsi Kausalitas Berdasarkan Fungsi

Berdasarkan dari fungsinya Konjungsi kausalitas adalah sebuah konjungsi yang kan menghubungkan dua buah klausa dan bahkan lebih yang akan menggambarkan sebuah sebab akibat. Konjungsi kausalitas ini contohnya adalah karena, oleh sebab itu, dengan demikian, jika, akibat, agar, bila, kalau, serta oleh karena itu. Contoh dari penggunaan konjungsi kausalitas di dalam kalimat seperti berikut:

  1. Saya tidak membeli akan sepatu baru karenauang saya belum cukup untuk membeli sepatu baru.
  2. Jikasaya rajin menabung akan ada kesempatan saya untuk dapat membeli sepatu.
  3. Dia sedang sakit. Oleh karena itudia tidak dapat masuk kerja.

Demikianlah artikel dengan pembahasan mengenai tentang Konjungsi Kausal, penulis membagikan artikel ini dengan tujuan semoga dapat memberikan berbagai manfaat untuk sobat semua dapat memberikan wawasa baru serta pengetahuan yang berlimpah. Sekian artikel pada kesempatan kali ini sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :