Warehouse Adalah

Posted on

quora.co.id – Seringkali kita mendengar ada perusahaan yang mencari lowongan dengan posisi sebagai warehouse, akan tetapi kebanyakan dari kita tidak tahu apa job deskripsi dari pekerjaan warehouse tersebut.

Gudang atau warehouse adalah pekerjaan dimana melibatkan penyimpanan produk atau barang serta meyediakan informasi mengenai status dan kondisi barang tersebut di gudang yang kemudian didistribusikan sesuai permintaan ke tujuan yang telah ditentukan.

Masalah manajemen gudang adalah keakuratan pergerakan barang dan perhitungan periode penyimpanan barang. Mengontrol pergerakan barang dan dokumen diperlukan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan gudang sehingga jumlah dan durasi barang dijaga agar tetap minimum atau tepat waktu.

Warehouse Adalah
Warehouse Adalah

Pengertian Warehouse

Warehouse Menurut Stock & lambert  merupakan bagian dari sistem logistik sebuah perusahaan untuk menyimpan suatu barang baik bahan baku, produk setengah jadi ataupun  produk yang sudah jadi dan antara asal dan tujuan untuk memberikan informasi manajemen tentang status, kondisi dan disposisi barang yang disimpan

Untuk mengoordinasikan distribusi barang yang dihasilkan dari ketidakseimbangan antara penawaran dan permintaan maka dari itu sebuah gudang diperlukan. Dengan adanya ketidak seimbangan antara penawaran sehingga permintaan menyebabkan stok. Persediaan barang  membutuhkan sebuah ruangan seperti fasilitas penyimpanan sementara yang disebut dengan istilah gudang/warehouse.

Gudang yang efisien adalah gudang yang dapat mengurangi biaya perawatan, tetapi tidak mudah untuk mengurangi biaya perawatan gudang. Bahkan biaya pergudangan mencapai 40-60% dari total biaya rantai pasokan. Jumlah ini bukan jumlah kecil yang bisa dihabiskan di gudang. Memang, gudang harus dijaga agar isi gudang tidak rusak.

Persyaratan produksi material menjadi kompleks, dari tata letak ruangan hingga suhu ruangan dan jumlah lampu yang digunakan di gudang.

Baca Juga :  Arti Mimpi Menikah

Fungsi Warehouse/Gudang

  • Kecepatan: Kecepatan di mana pasar dipasok dan perubahan permintaan terpenuhi adalah masalah penting yang digunakan manajemen sebagai strategi kompetitif.
  • Efisiensi: Efisiensi rantai pasokan terus diukur dan ditingkatkan oleh tim peningkatan berkelanjutan dari berbagai unit.
  • Efektivitas: efisiensi yang memungkinkan pelanggan atau pengguna untuk dengan mudah mengakses produk perusahaan.
  • Keandalan: Keandalan informasi, komunikasi, dan eksekusi sehingga semua fungsi bekerja dengan baik.

Tugas Pekerjaan Sebagai Warehouse

  1. Mempersiapkan pesanan, memproses permintaan, dan mengirim pesanan yang harus dikirim.
  2. Pertahankan kualitas layanan dengan mematuhi standar organisasi.
  3. Memastikan SOP atau regulasi berjalan dimana menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, aman, bersih.
  4. Lengkapi laporan dengan memasukkan informasi yang diperlukan.
  5. Mencatat Kegiatan administrasi inventaris barang, yang meliputi jenis barang, kode barang dan jumlah barang dengan benar.
  6. Merapihkan penempatan dari barang yang ada di gudang sesuai dengan kategori barang dengan benar dan teratur.
  7. Menyiapkan barang yang akan dikirim ke pelanggan berdasarkan surat penerimaan/ Jalan yang diterima dari bagian Administrasi.
  8. Melakukan perhitungan pada jumlah barang secara manual setiap hari.
  9. Berkoordinasi dengan pengawas administrasi dan pengawas penjualan mengenai persediaan barang.
  10. Membuat pengaturan untuk para pekerja dalam pendistribusian pengiriman serta Menjaga dan merawat armada ekspedisi.

Tanggung Jawab Warehouse

  1. Mengontrol dan bertanggung jawab atas penyimpanan barang, kerusakan, pencurian,  kebakaran, dan kerusakan dari kondisi barang di gudang.
  2. Bertanggung jawab atas bongkar muat barang di gudang dan penandatanganan bersama tanda terima barang dan dokumen perjalanan.
  3. Bertanggung jawab atas kebersihan di area gudang barang.
  4. Bertanggung jawab atas keakuratan dari laporan gudang.
  5. Menandatangani dokumen surat jalan atau legalitas dokumen lainnya dari pemasok.
  6. Menolak untuk mengelurakan barang dari gudang jika mereka tidak tidak sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
  7. Mencegah orang yang tidak berwenang memasuki area gudang.
  8. Mengorganisir Kebutuhan terkait dengan fasilitas gudang.
  9. Mengatur Posisi dan Letak produk – produk yang ada di gudang.
  10. Menawarkan promosi, penurunan pangkat, mutasi kepada bawahannya.
Baca Juga :  Hukum Snellius

Demikinalah Artikel menegenai Pengertian Warehouse beserta Tugas Pekerjaannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda sekalian yang sedang mencari jawaban, Jangan lupa untuk terus kunjungi quora.co.id untuk menyelesaikan soal-soal secara mudah.