1 Liter Berapa Kg

Posted on

1 Liter Berapa Kg – Sobat Quora.co.id pada kesempatan ini kembali penulis akan membahas mengenai tentang perhitungan sekarang penulis akan mengulas bagaimana perhitungannya jika satuan liter akan diubah menjadi satuan kilogram. Misalkan 1 liter ini berapa kilogram?. Sering kali jika harus menentukan rumus meskipun sudah ada dasarnya kita mengalami kesulitan apalagi jika terdapat unsur simbol lain yang bukan merupakan rumus dasar. Untuk itu artikel ini akan memberikan ulasan terlengkapnya ada sebagai berikut.

1 Liter Berapa Kg
1 Liter Berapa Kg

Pengertian Satuan liter ( L )

Pengertian dari satuan liter sendiri adalah sebuah satuan volume. Namun liter bukan meruapakan satuan volume yang terdapat di sistem internasional ( SI ), namun dengan demikian satuan liter ialah sebuah satuan volume yang telah sangat populer. Dan dengan secara resmi simbol dari satuan dari liter ialah l (  yaitu menggunakan huruf L kecil ), namun dalam literatur populer, seringkali yang lebih sering digunakan ialah simbol L ( dengan huruf  L yang kapital ). Lalu pada sistem internasional, satuan volume ini diturunkan atas satuan panjang. Dan untuk satuan dasar dari volume di dalam sistem internasional ( SI ) ialah dengan meter kubik ( m3 ). Dan untuk satuan volume lain nya yang terdapat  dalam sistem internasional ( SI )  diantaranya : decimeter kubik ( dm3 ), centimeter kubik ( cm3 ), millimeter kubik ( mm3 ) dan lain lain. Konversi satuan liter pada dalam satuan ( SI ) yang populer berbasis meter kubik yang di antaranya ialah sebagai berikut dibawah ini :

  • 1 liter = 0,001 m3
  • 1 liter = 1 dm3
  • 1 cm3 = 0,001 liter
  • 1 liter = 1.000 cm3 = 1.000 cc
  • 1 liter = 106 mm3
  • 1 m3 = 1.000 liter
  • 1 dm3 = 1 liter
  • 1 mm3 = 10-6 liter
Baca Juga :  1 Kwintal Berapa Kg

Sedangkan bentuk konversi dari suatu satuan liter menjadi satuan dengan berbasis liter yang lainnya antara lain dapat dituliskan sebagai berikut ini :

  • 1 liter = 1.000 ml ( milliliter )
  • 1 liter = 100 cl ( centiliter )
  • 1 liter = 10 dl ( deciliter )

Konversi diatas hanya sebgaian dari contoh untuk kelanjutannya dapat sobat konversikan sendiri.

Satuan kilogram ( Kg ) :

Sedangkan pengertian dari kilogram ialah sebuah bentuk satuan massa ( berat ) yang resmi dalam sebuah sistem satuan internasional ( SI ). Simbol satuan yang berat kilogram dengan simbol kg. Dan satuan kilogram ini diturunkan dari satuan dasar dari berat dalam ( SI ) yaitu satuan gram. Satuan – satuan massa berbasis gram lainnya ialah milligram ( mg ), centigram ( cg ), decigram ( dg ), dan lain seterus nya. Konversi dari satuan berat kilogram diubah menjadi satuan ( SI ) populer yang antara lain ialah sebagai berikut :

  • 1 kg = 106 mg ( milligram )
  • 1 kg = 100 dag ( decagram )
  • 1 kg = 10 hg ( hectogram )
  • 1 kg = 105 cg ( centigram )
  • 1 kg = 104 dg ( decigram )
  • 1 kg = 1.000 g ( gram )
  • 1 kg = 10 – 6 ton

Masih banyak konversi lainnya yang dapat sobat hitung sendiri selain dari cotoh yang telah penulis berikan diatas.

Massa Jenis ( Densitas ) :

Satuan ( liter ) merupakan bentuk daro sebuah satuan volume sedangkan untuk satuan ( kilogram ) ialahn sebuah bentuk satuan massa ( berat ). Namun dari besaran volume tidak akan dapat dikonversikan dengan secara langsung untuk menjadi sebuah besaran massa, sehingga dengan satuan liter tidak akan dapat dikonversikan secara langsung menjadi bentuk ke satuan kilogram.  Dan cara untuk dapat mengubah nilai dari besaran volume ke dalam besaran massa, yang dibutuhkan ialah besaran lain berupa massa jenis ( berat jenis ) atau lebih dikenal ( densitas ).

Baca Juga :  Contoh Soal Prakarya Kelas 7

Untuk dapat lebih mudah dippahami maka berikut penulis berikan gambaran rumus dari massa jenis, untuk dapat menghitung perubahan liter menjadi kg.

Massa Jenis = Massa  / Volume

Apabila sebuah benda mempunyai massa ( m ) serta volume ( v ), maka akan di dapat massa jenis nya ( ρ ) adalah sebagai berikut:

Judul

Dan satuan atas  massa jenis ialah menggunakan( satuan massa ) / ( satuan volume ) contohnya kilogram/liter, gram/cc, kilogram/m³, dan seterusnya. Semua perhitungan kuncinya mengetahui perhitungan massa jenis dan akan lebih mudah jika massa jenis dari sebuah kasus telah ditetapkan.

Konversi liter ( L ) ke kilogram ( kg ) :

Sedangkan jika Berdasarkan rumus massa jenis yang ada di atas, maka rumus untuk akan mengkonversi besaran volume menjadimassa ialah dengan rumus berikut :

Untu perhitungan massa, akan dapat digunakan rumus yaitu Massa = Massa Jenis x Volume

Rumus Perhitungan Massa

Lalu sebuah air di definisikan ber massa jenis ( densitas ) 1 kg/liter, maka akan di dapat massa 1 liter air ini dapat di hitung dengan cara berikut ini :

Rumus Perhitungan Massa

Jadi didapat kesimpulan bahwa  1 liter air berat nya akan sama dengan nilai 1 kilogram.

Dan jika sebuah aluminium memiliki nilai massa jenis ( densitas ) 2,712 kg/liter, maka akan di dapat massa 0,5 liter aluminium dengan di hitung menggunakan cara berikut ini :

Rumus Perhitungan Massa

Jadi dari perhitungan dari 0,5 liter dari aluminium berat nya akan sama dengan 1,356 kilogram.

Demikianlah pembahasan mengenai tentang pembahasan atas 1 Liter Berapa Kg. Semoga sobat dapat memahami pembahasan yang penulis berikan diatas. Semoga bermanfaat dan dapat sobat gunakan dalam kehidupan sehari hari, mengerjakan tugas, membuat referensi soal dan menambah ilmu pengetahuan. Sekian artikel pada kesempatan ini dan sampai jumpa dilain kesempatan sobat.

Baca Juga :  1 Kg Berapa Liter

Baca Juga :