Pengertian Sponsorship

Posted on

Pengertian Sponsorship – Sobat Quora.co.id di kesempatan ini akan penulis bagikan artikel yang membahas Pengertian Sponsorship yang meliputi Manfaat Sponsorship, Pengertian Sponsorship Secara Umum, Pengertian Sponsorship Menurut Para Ahli, Tujuan Sponsorship dan Jenis-Jenis Sponsorship. Untuk pembahasan terlengkapnya bisa sobat simak berikut dibawah ini.

Pengertian Sponsorship
Pengertian Sponsorship

Pengertian Sponsorship Secara Umum

Sponsorship adalah bentuk suatu dukungan finansial dari berbagai badan perusahaan kepada suatu organisasi, seseorang, atau aktivitas penyelenggara kegiatan yang ditukar dengan publisitas dari mempublikasikan merek dan juga menjalin suatu hubungan yaitu kerja sama. Dengan adanya sponsorship tentunya ini akan menjadikan nilai dari suatu merek bisa meningkatkan. Saat memberikan berbagai sponsorship, biasanya perusahaan akan jauh memilih target khalayak, penguatan suatu citra merek dapat dilakukan dengan diperpanjang, keterlibatan dari merek, biaya yang efektif serta diadakannya juga sponsor lain.

Manfaat Sponsorship

Adapun manfaat dari adanya hubungan yang terjadi dari suatu sponsorship yaitu :

  • Dapat melancarkan iklan dari suatu atau berbagai  produk melalui publikasi atau dengan menyebar pada media massa yang meliputi event yang telah disepakati untuk disponsori.
  • Dapat mendukung strategi atau berbagai kebijakan pemasaran yang efektif.
  • Untuk memperlihatkan berbagai niat baik dari perusahaan guna melaksanakan apa yang menjadi tanggung jawab sosialnya yang terpercaya.
  • Membangun hubungan baik yang akan terjadi antara perusahaan dengan banyak konsumen.
  • Menambah brand equity yang akan menambah rasa percaya.
  • Memperkuat ikatan dalam berbagai pertukaran.
Baca Juga :  Pengertian Perbandingan Teks

Tujuan Sponsorship

Adapun tujuan dari adanya sponsorship yang dapat dilakukan antaralain :

  1. Sebagai alternatif untuk melakukan iklan
  2. Menjangkau khalayak luas sehingga produk atau merk dari suatu perusahaan akan lebih dikenal.
  3. Mengenalkan berbagai produk secara detail agar mendapatkan hati banyak konsumen
  4. Meningkatkan citra perusahaan yang baik
  5. Mengenalkan perusahaan kepada khalayak luas untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan
  6. Menarik minat media untuk selalu bekerjasama dengan saling menguntungkan.

Pengertian Sponsorship Menurut Para Ahli

Sementara pengertian sponsorship yang berdasarkan dari menurut para ahli antaralain sebagai berikut:

Menurut Meryl P. Gardner dan Philips Shuman

Sedangkan menurut beliau sponsorship ini didefinisikan sebagai pihak yang akan melakukan investasi terhadap suatu/sebuah aktivitas dan kegiatan dengan tujuan untuk dapat mendukung perusahaan serta tujuan pemasaran dari produk itu sendiri.

Menurut Roy dan Cornwell

Menurut mereka berdua sponsorship adalah bagian pemberian dana baik secara tunai maupun dengan cara barter  terhadap benda dari kepemilikan dengan balasan berupa berbagai akses pemanfaatan potensial iklan yang akan berhubungan dengan kepemilikan perusahaan/produk yang telah di jalin tersebut.

Jenis-Jenis Sponsorship

Berikut dibawah ini merupakan jenis dari sponsorship yang terbagi menjadi dua yaitu :

Field Sponsorship

Jenis yang pertama yaitu ada field sponsorship. Ini merupakan salah satu jenis sponsor yang dengan berada langsung dilapangan, contohnya sponsorship dalam suatu pertandingan sepak bola atau dengan suatu event yang tertentu. Sehingga produk akan di promosikan dalam suatu kegiatan tersebut.

Televised Broadcast Sponsorship

Adapun TV Broadcast Sponsorship ini merupakan jenis sponsorship yang mengguankan media televisi yang akan menampilkan progaram yang mempromosikan produk atau perusahaan yang berdasarkan dari kerja sama yang telah terjalin yang telah disepakati.

Baca Juga :  Contoh Biodata Diri

Kelebihan Sponsorship

Terdapat nilai plus jika menggunakan suatu sponsorship. Adapun kelebihan dari sebuah sponsorship yang dapat di rasakan antaralain :

  • Lebih efektif karena tidak akan memerlukan promosi lain lagi
  • Sebagai alternatif promosi yang akan menguntungkan kedua belah pihak yang bekerja sama
  • Lebih efektif saat akan mensponsori acara yang saat ini berkaitan dengan produk
  • Dapat menjangkau berbagai khalayak ramai

Kekurangan Sponsorship

Selain mempunyai kelebihan, tentunya akan terdapat kekurangan dari sebuah sponsorship ini. Adapun kekurangan dari terlaksananya sebuah sponsorship antaralain :

  • Memberikan gambaran bahwa produk ini bermanfaat secara berlebihan
  • Penjelasan produk yang terkadang banyak yang tidak sesuai dengan fakta/kenyataan yang ada
  • Memerlukan biaya yang lumayan cukup besar, sulit untuk yang baru mengeluarkan produk

Contoh Sponsorship

Berikut ini adalah contoh dari berbagai sponsorship, antaralain dibawah ini :

  • Spanduk rentang untuk publikasi
  • Sejumlah kaos panitia dalam kegiatan
  • Co-card panitia serta peserta
  • Poster
  • Leaflet
  • Backdrop yang akan dipasang di panggung
  • Iklan di layar big screen
  • Pengiklan di radio
  • Pengiklan di Koran
  • Pengiklan di Kendaraan

Perbedaan Sponsor dan Sponsorship

Meskipun keduanya terlihat  sangat sama seperti sama satu sama lain, namun terdapat berbagai perbedaan mendasar antara sponsor dengan sponsorship, sponsor merupakan salah satu orang/pihak yang mendanai suatu sponsorship, sedangkan sponsorship adalah kegiatan pemberian dana untuk bertujuan membiayai suatu kegiatan yang akan di laksanakan dengan ketentuan kerja sama yang telah disepakati bersama.

Sekian pembahasan mengenai Pengertian Sponsorship. Mungkin itu saja pembahasan yang dapat sobat pahami tentu harapan penulis semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk sobat semua.

Baca Juga :