Manager Adalah

Posted on

Manager Adalah – Sobat quora.co.id apa kabarnya hari ini ? Semoga baik baik saja. Tujuan penulis kembali hadir tentu sama seperti sebelum-sebelumnya, penulis akan membagikan lagi sebuar artikel yang mana pada kesempatan ini penulis membagikan artikel mengenai tentang Manager dengan pembahasan yaitu Pengertian Manager, Pengertian Manager Menurut Ahli, Tugas dan Fungsi Manager, Peran Manager Dalam Perusahaan, Tanggung Jawab Manager, Contoh Manager dan Perbedaan Manajer dan Direktur. Penasaran bukan bagaimana pemabahasan terlengkapnya ? Untuk itu mari ikuti artikel ini pada bagian akhir.

Manager Adalah
Manager Adalah

Pengertian Manager

Manager adalah  orang yang memiliki berbagai pengalaman serta pengetahuan dan keterampilan yang baik dengan telah diakui oleh organisasi untuk dapat memimpin, mengendalikan,  mengelola, mengembangkan dan mengatur sebuah organisasi untuk mencapai sebuah tujuan.
 

Pengertian Manager Menurut Ahli

Selain pengertian manager secara umum, berikut ini merupakan pengertian manager berdasarkan dari beberapa ahli, sebagai berikut ini.

  • Robert Tanembaum

    Manajer merupakan seorang yang dipercaya untuk dapat memimpin dengan orang lain dan juga akan bertanggung jawab atas tanggung jawab dari perkerjaannya sendiri.

  • Prof. Dr. H. Arifin Abdurachman

    Manajer ialah orang yang melakukan suatu aktivitas atau suatu kegiatan, dengan proses dari kegiatan dalam susunan serangkaian atau juga urutan, lembaga dari orang yang akan melakukan suatu kegiatan.

  • Millet (1954)

    Manajer adalah orang yang dapat mengarahkan dan juga mengelola suatu kinerja dari orang yang bisa terorganisir dengan cara formal dan juga sebagai kelompok untuk dapat mencapai suatu tujuan bersama.

  • Oxford Leaner’s Pocket Dictionary

    Manajer merupakan suatu orang yang terpilih dan dapat mengatur suatu tim, regu, bisnis, dan lain sebagainya.

 

Tugas dan Fungsi Manager

Sedangkan tugas dan fungsi dari seorang manager telah penulis rangkum seperti berikut ini.

  • Memimpin suatu organisasi atau perusahaan.
  • Mengendalikan, mengelola dan mengatur organisasi.
  • Dapat meningkatkan perkembangan sebuah organisasi.
  • Dapat untuk mengatasi semua dari berbagai jenis masalah yang telah ada di dalam organisai.
  • Dapat untuk mengendalikan dan juga mengawasi suatu perorganisasian.
  • Menciptakan rasa kepercayaan terhadap orang lain.
  • Meningkatkan rasa tanggung jawab atas semua hal.
  • Dapat untuk mengevaluasi seluruh aktivitas dan juga kegiatan pada suatu organisasi.
  • Menggali dan juga mengembangkan suatu sumber daya telah dihak oleh sebuah perusahaan dan organisasi.

 

Peran Manager Dalam Perusahaan

Peran dari seorang manager terbagi menjadi tiga bagian yaitu sebagai berikut.

Peran antara pribadi

Peran ini yang berhubungan dengan orang serta kewajiban lain yang mempunyai sifat seremonial dan juga simbolis. Peran ini yang mencakup juga sebagai peran figur untuk para bawahannya, pemimpin dan penghubung.

Peran informasional

Peran ini yang mencakup peran dari manajer untuk berkemampuan memantau serta dapat menyebar informasi, dan juga tentunya berperan sebagai jubir (juru bicara).

Peran dalam pengambilan keputusan

Peran pengambil keputusan ini yang mencakup peran untuk seorang wirausahawan, mampu menyelesaikan masalah, dapat membagi sumber daya serta mampu berunding. Yang dengan dilihat dari garis besar kegiatan atau juga aktivitas yang dapat dijalankan oleh para manajer adalah untuk melakukan berbagai interaksi dengan orang lain.
 

Tanggung Jawab Manager

Berikut merupakan tanggung jawab yang ditanggung oleh seorang manger pada umumnya, antara lain sebagai berikut.

Mencapai tujuan organisasi dan perusahaan bersama dengan karyawan yang dipimpin

Tugas serta tanggung jawab dari manajer secara khusus adalah dengan berusaha untuk bekerja sama dengan seluruh karyawan atau staff yang telah dipimpinnya untuk secara bersama-sama mampu mencapai tujuan dari perusahaan. Tercapainya suatu tujuan perusahaan ini maupun dari departemen merupakan bentuk tanggung jawab yang besar oleh seorang manajer dikarenakan melalui manajer kita membuat perencanaan dan berbagai langkah-langkah di dalam pencapaian dan tujuan yang diambil.

Bertanggung jawab terhadap proses manajemen secara keseluruhan

Manajer mempunyai tugas dan juga fungsi di dalam manajemen. Tugas dan juga fungsi dari manajer kali ini akan lebih pada pelaksanaan dan fungsi dari manajemen yang mulai dari perencanaan sampai evaluasi. Manajer ini harus dapat memastikan berbagai fungsi manajemen yang berjalan dengan baik.
 

Contoh Manager

Adapun contoh manager berdasarkan tingkatnnya adalah sebagai berikut.

Manejemen lini pertama (first line management)

Manajer lini yang pertama atau First line management adalah sebuah tinggkatan yang paling rendah, sering juga dapat dikenal dengan sebutan manajer operasional. Tugasnya ini seperti dapat memimpin serta mengawasi beberapa pegawai non-manajerial yang telah terlibat didalam siklus proses produksi. Umum dengan sebutan supervisor, manajer shift, manajer department, manajer area, manajer kantor atau juga mandor.

Manajer tingkat menengah (middle management)

Manajer tingkat menengah atau disebut middle management ini berada diantara para barisan manajer lini pertama atau disebut first line management serta dari manajer puncak atau disebut top management, tugasnya ialah untuk penghubung antar dari keduanya. Contoh manager tingkat menengah adalah manajer pabrik, manajer proyek, dan manajer divisi atau kepala bagian.

Manajer puncak (top management)

Manajer puncak adalah manager yang bertugas untuk mampu merencanakan suatu kegiatan atau suatu aktivitas maupun sebuah strategi organisasi dan perusahaan dengan cara umum yang  juga mengarahkan jalan sebuah organisasi atau perusahaan. Manajer puncak umum dengan sebutan Chief Executive Officer (CEO), Chief Financial Officer (CFO dan Chief Information Officer (CIO).
 

Perbedaan Manajer dan Direktur

Manager adalah  seorang yang mempunyai tanggung jawab untuk dapat mengatur dan dapat mengendalikan suatu organisasi. Manager adalah seorang yang akan selalu mempunyai perspektif dari keseluruhan organisasi di dalam pikiran dan juga yang lakukan itu selaras dengan seluruh tujuan perusahaan.

Sedangkan Direktur merupakan anggota dari organisasi yang dapat dipilih dan juga ditunjuk, yang mempunyai fungsi utama yaitu untuk menjaga semua aktivitas organisasi. Mereka akan bersama-sama untuk dikenal sebagai bagian dewan direksi atau juga dewan kata. Dewan Direksi ini membingkai rencana dan berbagai kebijakan, untuk membuat strategi, untuk menetapkan tujuan dan juga menetapkan sasaran organisasi.

Demikianlah artikel yang mengenai tentang Manager Adalah, setelah membaca artikel ini semoga informasi yang telah diserap dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dan sekian dulu sampai jumpa diartikel selanjutnya.

Baca Juga :

Baca Juga :  Arti Mimpi Tentang Kumis