Nama Surga Dan Neraka Beserta Artinya

Posted on

Nama Surga dan Neraka Beserta Artinya – Hai sobat sekalian pada artikel – artikel sebelumnya kita sudah membahas artikel mengenai banyak tafsir arti mimpi menurut islam dan primbon, maka kali ini quora.co.id akan membahas artikel mengenai Nama Surga dan Neraka Beserta arti dan tingkatanya secara lengkap, Baiklah langsung saja mari simak artikel beserta ulasan lengkapnya dibawah ini.

Nama Surga Dan Neraka
Nama Surga Dan Neraka

Pengertian Surga

Di dalam bahasa Jawa biasanya disebut dengan swarga, dan dalam Alquran konsep surga adalah terjemahan dari kata Arab jannah, jamak dari Jinan – yang berarti “taman atau kebun”.

Surga adalah tempat abadi di akhirat dan diperuntukkan bagi para hamba Allah SWT yang selalu beriman dan melakukan perbuatan baik hingga akhir hayatnya.

Selain itu, surga adalah tempat yang memberikan kesenangan yang belum pernah dirasakan dengan hidup di dunia dan sebagai hadiah atau balasan atas segala jerih payah manusia untuk taat dan selalu patuh atas segala perintah serta menjauhi larangan Allah.

Nama-Nama Surga dan Tingkatannya

Surga sendiri memiliki tingkatan yang tentu saja, penghuni salah satu surga yang bergantung pada manusia bagaimana manusia saat hidup di bumi, misalnya saat manusia tinggal di dunia, ia tidak pernah menyekutukan Allah maka manusia itu akan menempati surga tertinggi yang merupakan surga firdaus, tentunya karena kehendak dan atas izin Allah Swt. Dibawah ini sudah kami rangkum nama nama surga serta tingkatanya :

  • Surga Firdaus

    Surga Firdaus adalah surga pertama di posisi pertama. Firdaus Firdaus diciptakan dari emas merah dan ditujukan untuk orang yang sholat dengan khusuk dan mereka yang menjauh dari perbuatan / kata-kata yang tidak berguna, aktif dalam kegiatan yang terkandung dalam Al-Quran seperti melakukan sedekah, menjaga hawa nafsu, selalu menepati janji dan menunaikan shalat.

  • Surga ‘Adn

    Surga ‘Adn adalah surga yang ada di tingkatan yang ke dua. Surga ‘Adn diciptakan dari berlian putih dan diperuntukkan bagi mereka yang percaya dan melakukan perbuatan baik, mereka yang berbuat baik, dan mereka yang sabar (dalam menghadapi cobaan dan rintangan).

  • Surga Na’im

    Surga Na’im adalah Surga tingkatan ke-3 yang diperuntukkan bagi orang-orang yang beriman dan melakukan perbuatan baik saat tinggal di dunia.

  • Surga Ma’wa

    Surga Ma’wa adalah Surga tingkatan ke-4 yang diperuntukkan bagi manusia yang takut akan kebesaran Allah SWT dan dapat mengendalikan hawa nafsu serta amarah mereka.

  • Surga Darussalam

    Surga Darussalam, surga ini adalah untuk orang-orang yang memiliki iman dan Islam yang kuat, taat membaca ayat-ayatsuci Allah dan melakukan perbuatan baik.

  • Surga Darul Muqamah

    Surga Darul Muqamah adalah surga yang ditemukan di tingkat keenam. Surga Darul Muqamah diciptakan dari batu permata putih, dan diperuntukan untuk orang-orang yang selalu bersyukur kepada Allah sebagaimana disebutkan dalam Surat Fahir ayat 35.

  • Surga Al-Maqamul Amin

    Surga Al-Maqamul Amin adalah surga tingkat ketujuh. Surga Al-Maqamul Amin diciptakan dari perhiasan putih dan diberikan untuk yang saleh. Inilah tempat di mana orang-orang yang tinggal di sana tidak memiliki rasa takut atau kekhawatiran sama sekali di dalam hati mereka.

  • Surga Khuldi

    Surga Khuldi adalah surga yang ada pada tingkatan ke delapan. Surga Khuldi diciptakan dari marjan merah dan kuning, dan hanya untuk orang-orang yang selalu mengikuti perintah Allah dan menjauh dari larangan mereka.

 

Sebab – Sebab Orang Masuk Surga

Empat hal yang membuat manusia masuk kedalam surga diantaranya sebagai berikut:

  1. Memberi makan orang yang sedang menjalankan puasa kepada orang miskin atau yang tidak mampu.
  2. Orang yang menjalankan puasa Ramadhan dengan melakukan shalat wajib atau sunnah.Orang yang suka
  3. membaca Quran (baik selama bulan Ramadhan atau bulan-bulan biasa)
  4. Orang yang bisa melindungi kata-kata mereka dari kata-kata kotor dan jahat yang menyakiti orang lain.

 

Pengertian Neraka

Neraka adalah tempat pembalasan dalam bentuk siksaan bagi orang yang melakukan dosa dan kesalahan. Karena itu, neraka juga disebut mautin al- azab (tempat penyiksaan) di mana bentuk hukuman yang paling menyiksa digambarkan dimana keadaan disana seperti api yang membara. Orang yang masuk Neraka disebut dengan Ahl al-Nar (Ahli Neraka). Mereka yang memiliki sifat buruk seperti kufur dan mereka yang menjalankan kekufuran disebut kafir.

Nama-Nama Neraka dan Tingkatannya

Seperti surga, neraka juga memiliki tingkatan, tetapi perbedaannya adalah bahwa semakin tinggi tingkat surga, semakin besar kesenangan yang dirasakan oleh penghuninya, Allah mengetahui hal ini dengan lebih baik, sementara neraka semakin tinggi tingkatanya , semakin keras siksaan yang dirasakan oleh penghuninya, Allah lebih tahu yang terbaik untuk hambanya. Berikut dibawah ini akan dijelaskan mengenai nama neraka serta tingkatanya.

  • Neraka Hawiyah

    Neraka Hawiyah adalah neraka terendah dan itu adalah neraka yang paling mengerikan. Neraka Hawiyah ditempati oleh orang-orang munafik dan kafir (termasuk keluarga Firaun).

  • Neraka Jahim

    Neraka Jahim adalah neraka yang ada di tingkat kedua. Neraka dihuni oleh orang-orang musyrik yang menyekutukan Allah.

  • Neraka Saqar

    Neraka Saqar adalah neraka bagi manusia yang tidak menegerjalan sholat, memberi makan orang miskin, dan berbicara yang bathil.

  • Neraka Ladzo

    Neraka Ladzo di mana Setan laknatullah dan mereka yang mengikutinya dan mereka yang dibujuk oleh Setan laknatullah. Kemudian orang Majus berpartisipasi dalam neraka Ladzo ini. Mereka abadi dengan iblis di dalamnya.

  • Neraka Huthamah

    Neraka Huthamah ini diperuntukkan bagi orang-orang yang suka mengumpulkan kekayaan, rakus dan menghina orang miskin. Mereka berpaling dari agama, tidak mau memberi sedekah dan tidak mau membayar zakat juga.

  • Neraka Sa’ir

    Selanjutnya Neraka Sa’ir ini penuh dengan orang-orang yang mengingkari Allah dan mereka yang memakan harta anak yatim. Neraka ini disebutkan dalam Surah An-Nisa dan Al Mulk.

  • Neraka Wail

    Neraka Wail adalah neraka bagi orang-orang yang lalai untuk beribadah kepada Allah terutama yang tidak menjalankan sholat.

  • Neraka Jahannam

    Neraka Jahannam adalah neraka tertinggi. Neraka Jahannam ditempati oleh umat Islam (umat Nabi Muhammad) yang telah melakukan dosa besar tanpa bertobat sampai akhir hidup mereka.

 

Sebab – Sebab Orang Masuk Neraka

Ada 4 penyebab manusia masuk kedalam neraka diantaranya sebagai berikut :

  1. Orang yang selalu mabuk / mabuk, yang minum alkohol dan tidak mau bertobat sampai mati.
  2. Orang yang memakan hartanya anak yatim.
  3. Orang yang selalu menyakiti kedua orang tuanya,serta durahaka dan musrik
  4. Orang yang makan riba adalah: orang yang meminjamkan uang kepada seseorang bukan untuk membantu tetapi untuk menyakiti / meminta bunga untuk dipinjamkan, dengan bunga besar.

Demikianlah artikel kali ini mengenai  Nama Surga dan Neraka Beserta Tingkatanya , semoga apa yang kami sampaikan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, demikianlah artikel kali ini sampai jumpa dilain waktu dan  kesempatan.

 Baca Juga :

Baca Juga :  Arti Tabarakallah