Arti Tabarakallah

Posted on

Arti Tabarakallah – Assalamualaikum warahtullahhi wabarakatuh, Bagimana kabarnya sobat quora sekalian, untuk materi kali ini kita akan membahas materi yang berkaitan dengan doa serta ucapan kebaikan. Mungkin kita sering mendegar atau mendapatkan kalimat tesebut dari keluarga,sahabat dan teman – teman.

Bahkan saat ini dimana fenomena hijrah semakin banyak banyak kita lihat dari media sosial baik kalangan artis serta selebriti yang mengubah gaya hidup mereka menjadi islami, mungkin sebagian dari anda ada yang belum mengetahui makna dan arti dari kalimat Tabarakallah,Masya Allah Tabarakallah bagimana cara menjawabnya serta kapan kalimat tersebut kita gunakan maka dibawah ini kami akan menjelaskan secara rinci mengenai materi tersebut agar mudah dipahami.rakallah, maka dibawah ini kami akan menjelaskan secara rinci mengenai materi tersebut agar mudah dipahami.

Arti Tabarakallah
Arti Tabarakallah

Arti Tabarakallah (تبارك الله) ?

Arti dari Tabarakallah (تبارك الله) yang adalah ‘Semoga Allah memberkahimu’, Ada juga yang menafsirkan kalimat dari Tabarakallah dengan arti ‘Karna Allah, apa pun bisa terjadi’, Ungkapan kalimat Tabarakallah ini sendiri biasanya identik dikaitkan dengan kata Masha Allah, yaitu Masha Allah Tabarakallah.

Arti Masya Allah Tabarakallah (ماسيا الله تبارك الله)?

Arti Masya Allah Tabarakallah (ماسيا الله تبارك الله): Inilah yang diinginkan atau diinginkan oleh Allah, semoga Allah memberkahimu. Ada juga yang menafsirkan kata-kata Tabarakallah dengan arti “Berkat Rahmat Allah Semua Bisa Terjadi”.

Manfaat dari kata Masya Allah Tabarakallah dapat mencegah penyakit Ain. Berbicara tentang penyakit, tentu saja kita pernah mendengar tentang bahaya dari penyakit Ain. Dimana penyakit Ain sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya penglihatan mata yang telah disertai dengan munculnya rasa kagum atau takjub atau bisa juga termasuk dalam kecemburuan, kedengkian dan kebencian.

Dari Jabir bin Abdullah Rhadhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Nabi sallallaahu’ alaihi wasallam berkata:” Sebagian besar orang yang mati dari umatku setelah keputusan Allah dan nasib mereka adalah karena “ain.” (HR. Al-Bukhari dan lainnya)

Berdasarkan hadits di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa bahaya yang menanti kita dan orang yang kita cintai justru karena hasud dari orang lain. Rumah tangga dapat hancurkan, bisnis bisa bangkrut, tubuh mereka sakit, kecelakaan, anak-anak bisa sakit, dll.

Baca Juga :  Jazakallah Khairan Katsiiraa

Penyakit Ain juga bisa berasal dari perasaan kagum atas apa yang kita cintai. Misalnya, anak-anak, istri, suami, barang favorit dan banyak lagi. Bahkan jika Anda tidak memiliki Ain, tetapi Anda masih harus berhati-hati, pastikan untuk mengatakan “Mashallah Tabarakallah” ketika memberi selamat kepada anak-anak, istri, suami, dan barang kesayangan Anda.

Jawaban atau Balasan Tabarakallah

Jawaban apa yang harus kita ucapakan terhadap kata-kata Tabarakallah, memang, tidak ada peryataan secara spesifik terhadap pernyataan ini. Akan tetapi ketika ada orang mengucapkan Tabarakallah, kita dapat menanggapi atau menjawab dengan berdoa untuk orang itu, karena seperti yang dijelaskan di atas, pernyataan tabarakallah ini adalah doa yang sangat luar biasa.

Adapun contoh yang diceritakan kepada seseorang oleh Aisha RA ketika dia mendapat ucapan Tabarakallah, beliau menjawab dengan kata-kata Barakallah. untuk detail penjelasanya sebagai berikut:

Penggunaan Ucapan Artinya
Untuk Pria Wafiika barakallah Semoga Allah memberkahimu juga
Untuk Wanita Wa fiiki barakallah Semoga Allah memberkahimu juga

Jadi demikianlah uraian materi mengenai Arti Tabarakallah, semoga dengan artikel ini dapat bermanfaat dan semoga sesuai dengan apa yang anda cari untuk menjadi referensi di dalam memahami pengertian kalimat tersebut serta cara menjawab kalimat tersebut, serta jangan lupa baca artikel lainnya yang pastinya lebih menarik.

Baca Juga :