Contoh Karya Ilmiah

Posted on

Contoh Karya Ilmiah – Halo sobat Quora.co.id apa kabar hari ini ? Semoga selalu baik ya. Dalam kesempatan ini penulis akan berbagi kembali sebuah artikel yang kali ini akan membahas tentang Contoh Karya Ilmiah. Adapun pembahasan terlengkapnya bisa sobat cermati dibawah ini.

Contoh Karya Ilmiah
Contoh Karya Ilmiah

Pengertian Karya Ilmiah

Karya Tulis Ilmiah adalah sebuah laporan tertulis yang memiliki isi hasil sebuah kegiatan ilmiah yang akan dilakukan peneliti. Atau definisi dari karya tulis ilmiah merupakan tulisan yang isinya membahas permasalahan berdasarkan dari dari penyelidikan, pengamatan serta pengumpulan data yang memiliki kaitan dengan permasalahan dalam penulisan yang baku

Struktur Dari Karya Ilmiah

Pada umumnya karya ilmiah berisi; sampul, halaman judul, halaman pengesahan, lembar surat pernyataan, abstrak, kata pengantar, ada juga daftar isi, tabel, gambar serta lampiran.

Bagian Isi

Pada bagian ini yang umumnya meliputi sebagai berikut:

  • BAB PENDAHULUAN >> Yang isinya kumpulan sub BAB seperti; ditulis latar belakang masalah, kumpulan rumusan masalah, tujuan untuk dilakukan penelitian, manfaat penelitian, serta batasan masalah dengan hipotesis.
  • BAB II LANDASAN TEORI >> Yang berisi kajian teori, kerangka berfikir.
  • BAB III METODOLOGI PENELITIAN >> isinya jenis penelitian yang digunakan, lokasi serta tempat penelitian dengan teknik pengumpulan data.
  • BAB IV HASIL serta PEMBAHASAN >> meliputi; hasil penelitian dengan pembahasan dari hasil penelitian.
  • BAB V KESIMPULAN DAN SARAN; berupa ringkasan yang berisi kesimpulan dan dilampirkan saran.

Bagian Akhir

Biasanya terdiri dari daftar pustaka, lampiran dan sebagian dilengkapi riwayat hidup penulis. Sobat akan menemukan sistematika karya tulis ilmiah berbeda, yang mungkin hal ini disebabkan oleh ketentuan serta peraturan penulisan yang akan digunakan misalnya untuk setiap kampus/sekolah mungkin  menggunakan sistematika yang berbeda dalam penulisan dari hasil karya ilmiah.

Baca Juga :  Landasan Teori

Karakteristik Karya Ilmiah

Adapun beberapa karakteristik dalam penulisan karya tulis ilmiah, diantaranya ada :

  • Logis
    Maksudnya tulisan dalam karya ilmiah ini harus bisa di terima akal sehat, jadi tulisannya dapat di buktikan kebenarannya.
  • Data Yang Jelas
    Data pada karya ilmiah sebagai bahan penelitian, berdasarkan fakta lapangan.
  • Objektif
    Isinya di tulis benar sesuai fakta tanpa merekayasa objek
  • Sistematis
    Penulisan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  • Pembahasannya harus Tuntas secara Menyeluruh.
  • Menggunakan tata Bahasa Yang Baku
  • Dapat Di Uji dan dipertanggung jawabkan Kebenarannya

Contoh Karya Ilmiah

Contoh Karya Ilmiah Tentang Sampah

Contoh Karya Ilmiah Tentang Sampah

Pemanfaatan Kembali Sampah

BAB I

Pendahuluan

Latar Belakang Masalah

Belakangan ini sampah sering menjadi konsen besar dunia karena menjadi permasalahan yang terus selalu ditimbulkannya. Ada banyak jenis kerugian yang disebabkan oleh sampah yang berdampak untuk kesehatan manusia. Sangat terlihat masih banyak masyarakat yang sangat tidak belajar dan mencoba mendaur ulang sampah sehingga kondisi ini yang menyebabkan sampah terus menumpuk dan menjadi masalah besar. Karena itu dalam penelitian mengenai pemanfaatan kembali atau mengalihkan fungsi sampah ke hasl yang lebih bermanfaat itu penting untuk dapat dilakukan.

Rumusan Masalah

Bagaimana cara supaya dapat memanfaatkan kembali sampah?

Tujuan Penelitian

Dapat mengetahui cara bagaimana pemanfaatan kembali sampah yang tidak terpakai.

BAB II

Pembahasan

Sampah yang banyak dihasilkan penduduk masyarakat sebenarnya masih dapat digunakan supaya tidak terlalu banyak lagi menumpuk.. Yang terpenting ialah pengelolaan untuk melakukan kreatifitas dan ketekunan.Untuk jens sampah organik bisa di olah sehingga menjadi pupuk.

Sedangkan sampah kertas dapat didaur kemblai menjadi kertas baru siap pakai. Untuk sampah plastik contoh kaleng bisa dimanfaatkan sebagai wadah, tergantung dari ukuran sehingga sangat banyak manfaatnya.

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Sampah sendiri memang tidak terlepas dari adanya kehidupan manusia dan seringkali sampah menimbulkan masalah. Akan tetapi bukan juga berarti tidak ada solusi untuk berbagai  hal itu. Ada banyak cara untuk dapat memanfaatkan sampah bahkan dengan mengubahnya menajadi sumber dari penghasilan.

Baca Juga :  Konjungsi Kausal

Menjaga Kesehatan Jantung

Contoh Karya Ilmiah Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

BAB I

Pendahuluan

Latar Belakang Masalah

Jantung adalah  salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh manusia. Karena setiap individu harus berusaha menjaga dan merawat jantung mereka. Akan tetapi nampaknya disini masih banyak orang yang mempunyai rasa kurang peduli. Terbukti dari banyaknya korban jiwa yang diakibatkan oleh penyakit-penyakit yang menyerang organ jantungnya. Dinilai penting melakukan penelitian mengenai bagaimana menjaga kesehatan jantung setiap individu.

Rumusan Masalah

Cara menjaga dan melindungi jantung?

Tujuan Penelitian

Dapat mengetahui cara bagaimana menjaga kesehatan jantung sendiri

BAB II

Pembahasan

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Sakit jantung sekarang menjadi penyakit yang sangat ditakuti karena dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini titik parahnya mereggang nyawa. Padahal ada banyak cara yang mudah untuk menjaga kesehatan jantung khususnya untuk masing masing pribadi. Setelah melalui riset yang dilakukan secara mendalam, peneliti menemukan bagaimana di antaranya.

Menghindari stres karena bisa memicu hormon adrenalin abnormal serta menyebabkan munculnya darah tinggi.
Menjaga kebersihan, baik kebersihan diri sendiri serta lingkungan sekitar.
Mengatur pola makan sehat. Kurangi lemak dan kurangi makan junkfood serta perbanyak juga memakan sayur serta buah.
Jangan tinggalkan Olahraga teratur.

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Menjaga kesehatan jantung sangat penting dengan harapan dapat memperpanjang usia di dunia dengan sehat, bukan maksudnya tidak percaya takdir namun menjaga kesehatan itu perlu. Dan ternyata untuk dapat memperoleh jantung yang sehat tidak harus memerlukan usaha yang terlalu sulit dapat dilakukan sehari-hari. Dengan cara menjaga kesehatan jantung diharapkan akan semakin sedikit korban yang jatuh akibat dari penyakit yang menyerang organ jantung.

Baca Juga :  Contoh Proposal Sponsorship

Bahaya Internet Bagi Remaja

Contoh Karya Ilmiah Bahaya Internet Bagi Remaja

Bahaya Internet Bagi Remaja

BAB I

Pendahuluan

Latar Belakang Masalah

Internet saat ini sangat besar pengaruhnya yang melekat dalam kehidupan sehari-hari, terutama pada kalangan remaja. Memang internet akan cukup membantu dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan. Namun ternyata internet pun tidak dapat terlepas dari hal-hal negatif yang bisa berdampak buruk. Khususnya untuk remaja yag mereka sedang labil. Untuk itu penelitian yang mengenai bahaya internet untuk remaja ini dinilai penting dilakukan untuk mengkaji berbagai masalah dan mencari solusinya.

Rumusan Masalah

Bagaimana bahaya internet dalam kehidupan remaja?

Tujuan Penelitian

Dapat menjelaskan bahaya internet untuk para remaja

BAB II

Pembahasan

Bahaya Internet Bagi Remaja

Internet di kalangan remaja nampaknya bukan lagi hiburan namun menjadi kebutuhan pokok. Sangat disayangkan banyak terjadi kesalahan dalam penggunaan internet ini. Ada banyak remaja yang cenderung malah menyalahgunakan internet sehingga ini berdampak buruk untuk dirinya serta lingkungannya.

Berdasarkan riset yang dilakukan secara mendalam, terdapat beberapa bentuk bahaya dari penyalahgunaan dari  internet di kalangan remaja, yaitu:

  • Perilaku bullying yang dilakukan melalui sosial media
  • Mudahnya berbagai mengakses konten pornografi yang akan berakibat pada perilaku kejahatan seksual
  • Maraknya berbagai kasus penculikan dalam kalangan remaja setelah berkenalan dari sosial media.

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Internet ini memang sangat membantu kehidupan, namun jangan menyalahgunakan fungsinya karena internet juga memiliki kekurangan. Karena itu orang tua sangat berperan sangat penting dalam mengawasi para anak-anaknya. Sehingga para remaja bisa membentengi diri dari hal-hal negatif untuk penggunaan internet.

Demikianlah artikel tentang Contoh Karya Ilmiah. Semoga artikel ini dapat membantu sobat dalam memahami berbagai contoh diatas. Semoga bermanfaat sobat.

Baca Juga :

4.8/5 - (9 votes)