Pengertian Integrasi

Posted on

Pengertian Integrasi – Halo sobat Quora.co.id apa kabarnya hari ini ? semoga selalu kabar baik ya. Tentunya pada kesempatan ini penulis akan membagikan artikel lagi, artikel kali ini akan membahas tentang Pengertian Integrasi yang meliputi Pengertian Integrasi, Pengertian Integrasi Menurut Para Ahli, Jenis-Jenis dan Pengertian Integrasi, Faktor Pendorong Integrasi, Contoh Integrasi, Perbedaan Integrasi dan Disintegrasi dan Faktor Penghambat Integrasi. Untuk penguraian yang dapat sobat simak, jangan skip artikel dibawah ini.

Pengertian Integrasi
Pengertian Integrasi

Pengertian Integrasi

Kata Integrasi dari bahasa Inggris dimana integration berarti pembaruan yang menjadi bentuk kesatuan yang lengkap. Kesimpulannya sebagai suatu keadaan ras dan juga etnis bisa beradaptasi terhadap kebudayaan dari mayoritas, tetapi tetap untuk mempertahankan kebudayaan masing-masing.

Pengertian Integrasi Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian integrasi secara garis besar, berikut merupakan pengertian integrasi yang dikemukakan oleh beberapa ahli.

  • Dr. Nazaruddin Sjamsuddin

    Adapun dari pendapat  Nazaruddin Sjamsuddin bahwa pengertian integrasi adalah bentuk proses penyatuan bangsa dengan mencakup akses kehidupan, seperti sektor sosial, politik, dunia ekonomi, serta budaya.

  • Soedjati Djiwadono

    Menurut Soedjati Djiwadono integrasi ini didefinisikan sebagai langkah dan cara bagaimana kemudian kelestarian nasional pada dalam arti luas bisa didamaikan dengan hak hak serta menentukan nasib mereka sendiri.

  • Yron Weiner

    Pengertian integrasi di dapat dari penuturan Weiner yaitu sebuah proses penyatuan dari perkumpulan berbagai kelompok budaya serta sosial dalam satu kesatuan beberapa wilayah dengan tujuan pembentukan sebuah identitas nasional.

  • Safroedin Bahar

    Sedangkan menurut seorang ahli yaitu Safroedin Bahar, integrasi dapat diartikan sebagai langkah untuk membuat juga dengan menyempurnakan jalan untuk menyatukan berbagai unsur-unsur bangsa seperti mulanya yang terpisah-pisah.

Jenis-Jenis dan Pengertian Integrasi

Integrasi ini juga terbagi menjadi beberapa jenis, adapun jenis jenis tersebut telah penulis rangkum sebagai berikut.

Integrasi Sosial

Penyesuaian di antara unsur-unsur yang berlainan yang terutama di dalam kehidupan sosial dengan kemudian dapat menghasilkan sebuah pola kehidupan yang dinilai cukup dan nyaman untuk masyarakat itu sendiri.

Integrasi Kebudayaan

Yaitu sebuah proses yang merupakan penyesuaian disetiap antar unsur-unsur kebudayaan yang cukup berbeda sehingga dengan mencapai sebuah keserasian di dalam kehidupan antar masyarakat.

Integrasi Bangsa

Yaitu sebuah golongan yang sangat beranekaragam tentunya juga berbeda-beda, mereka tidak dapat dirumuskan hanya dengan secara eksak. Dimana mereka mempunyai faktor-faktor yang objektif tertentu akan membedakan dengan berbagai bangsa lainnya.

Integrasi Nasional

Merupakan sebuah langkah dalam proses adaptasi antar berbagai unsur-unsur yang memiliki perbedaan dalam kehidupan di tengah masyarakat secara garis nasional sehingga akan menghasilkan unsur  pola kehidupan yang dinilai serasi serta dapat memberikan beberapa fungsi tersendiri bagi kehidupan masyarakat tersebut.

Integrasi Masyarakat

Sebuah bentuk proses perpaduan serta penyatuan antar berbagai unsur-unsur di dalam masyarakat yang juga meliputi pranata sosial, serta kedudukan antar sosial, juga bentuk peranan sosial.

Faktor Pendorong Integrasi

Berikut dibawah ini merupakan beberapa faktor pendorong yang ada dalam integrasi.

  • Adanya bentuk rasa toleransi, dengan tenggang rasa, serta rasa untuk saling menghormati.
  • Terjadinya proses perkawinan silang antar suku lainnya.
  • Pesatnya cara komunikasi serta transportasi antar setiap daerah.
  • Meningkatnya juga rasa solidaritas sosial untuk dapat menghadapi kejadian secara bersama-sama.
  • Fungsi dari pemerintahan yang dapat berjalan semakin baik serta dengan bijaksana.

Faktor Penghambat Integrasi

Sedangkan faktor penghambat dari integrasi adalah sebagai berikut.

  • Penghambat dari persatuan serta kesatuan bangsa jika tidak diiringi dengan sebuah sikap untuk saling menghargai, dengan menghormati, serta rasa toleransi yang harus menjadi watak atau karakter khas dari masyarakat Indonesia.
  • Munculnya gejala etnosentrisme
  • Melemahnya berbagai nilai budaya dan bangsa
  • Pembangunan tidak secara merata
  • Masalah dengan Geografis, Wilayah Indonesia kemudian terdiri dari pulau-pulau serta kepulauan mempunyai karakteristik yang cukup berbeda-beda.

Contoh Integrasi

Berikut terdapat dua contoh mengenai integrasi yang dapat sobat ketahui, antara lain.

  • Integrasi Sosial

    Contoh dari integrasi sosial ini misalnya konflik dengan suku Dayak asli bersama warga imigran Madura yang ada di Kalimantan. Dimana kedua pihak yaitu warga Madura yang diserang oleh sejumlah warga suku Dayak, dan konflik ini telah menyebabkan  500 orang lebih meninggal serta lebih dari 100.000 warga dari Madura kehilangan pemukiman serta tempat tinggal.

  • Integrasi Nasional

    Contoh dari integrasi nasional yaitu ketika POLRI dan TNI sedang menghadapi gerakan separatis yang telah mengancam kedamaian atas Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mulai dari pihak RMS hingga pihak Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang telah terjadi di tanah Papua.

Perbedaan Integrasi dan Disintegrasi

Perbedaan dari integrasi dan disintegrasi sangat jelas dari ejaan kosa kata. Karena dari pengertian disintegrasi sendiri yaitu bertolak belakang dengan definisi atau pengertian integrasi. Dimana disintegrasi yaitu sebuah Kegagalan dalam sebuah masyarakat untuk dapat beradaptasi dengan pihak masyarakat lainnya.

Demikianlah artikel yang mengangkat tentang Pengertian Integrasi ini, tujuan penulis tentunya bermaksud membagikan sesuatu yang dapat memberi manfaat bagi banyak pihak, untuk itu semoga artikel ini dapat memberikan berbagai manfaat.

Baca Juga :

Baca Juga :  Agrikultur dan Non Agrikultur