Teleconference Adalah

Posted on

Teleconference Adalah – Halo sobat quora.co.id kembali penulis membagikan artikel mengenai tentang Teleconference yang meliputi Pengertian Teleconference , Jenis-jenis Teleconference, Tujuan Teleconference, Manfaat Teleconference , Kelebihan dan Kekurangan Teleconference, Peralatan Teleconference dan Langkah – Langkah Menggunakan Teleconference. Untuk pembahasan terlengkapnya dapat sobat simak berikut dibawah ini.

Teleconference Adalah
Teleconference Adalah

Pengertian Teleconference

Teleconference adalah sebuah pertemuan yang akan dilakukan oleh dua orang atau mungkin lebih yang akan dilakukan melewati via telefon atau dengan koneksi jaringan. Rapat dapat menggunakan media  audio atau dengan media audio-video yang akan memungkinkan peserta dalam konferensi untuk dapat saling melihat seperti pada rapat normal dengan mendengarkan satu sama lain, sebagaimana pada pertemuan biasa.

Manfaat Teleconference

Berikut dibawah ini merupakan beberapa manfaat dari teleconference, yaitu.

  1. Membantu individu dengan kelompok untuk dapat saling berkomunikasi lebih mudah serta relatif murah dengan pelaksanaan konseling.
  2. Memberikan sebuah kesempatan kepada individu untuk dapat berkomunikasi lebih baik dengan cara menggunakan informasi yang mereka terima atau tanpa butuh bertemu secara fisik atau disebut cyber counseling.
  3. Memungkinkan konseling untuk tidak merasa malu atau canggung yang dapat dilakukan kapan serta dimana saja
  4. Walaupun ada kegiatan konseling yang dilakukan dengan jarak jauh namun kerahasian dari konseling akan tetap terjaga.
  5. Dapat menghemat hitungan waktu konselor karena dapat juga melakukan layanan dimana saja meskipun tempatnya yang berjauhan.

Tujuan Teleconference

Teleconference memiliki tujuan untuk dapat melakukan komunikasi dengan jarak jauh bersama orang lain. Dengan menggunakan telekonferensi ini dapat mentransmisikan sebanyak mungkin berbagai informasi yang berbeda serta berbicara tentang video beserta audio mengenai tentang topik penting. Jadi kita akan dapat menghemat waktu serta uang untuk bertemu secara langsung.

Baca Juga :  Vulnerability Adalah

Jenis-jenis Teleconference

Adapun beberapa jenis dari teleconference adalah sebagai berikut.

Audio Conference (Conference Call)

Audio Conference dengan sebutan conference call adalah sebuah percakapan antara dua atau lebih peserta dengan menggunakan struktur telepon yang di mana komunikasi antara peserta akan berlangsung hanya dalam bentuk sebuah audio.

Video Conference

Video conference adalah sebuah teknologi komunikasi yang akan mengijinkan komunikasi dari berbagai lokasi serta mentransmisikan gambar dengan suara video.

Konferensi video bisa menggunakan teknologi jaringan IP atau melalui Internet besera teknologi Jaringan Digital Layanan Terpadu yaitu ISDN.

Web Conference

Web conference yang disebut webinars adalah sebuah fasilitas telekonferensi interaktif yang akan menyediakan fitur aliran data lebih lengkap yang dapat memungkinkan peserta untuk selalu berkomunikasi dengan cara bersamaan melalui teks, audio, video dengan file atau juga tampilan slide.

Peralatan Teleconference

Adapun beberapa alat teleconference adalah sebagai berikut.

  1. Device atau Perangkat. Tentu saja sobat akan membutuhkannya, dapat tablet, smartphone atau yang mungkin umum serta nyaman untuk digunakan adalah komputer.
  2. Perangkat lunak. Sebelum sobat melakukan teleconference, sobat akan membutuhkan perangkat lunak (software) yang akan digunakan
  3. Koneksi Internet. Koneksi internet ini sobat akan dapatkan baik dari LAN, modem, serta Wi-Fi atau hotspot. Jika sobat menggunakan ponsel, maka sobat dapat menggunakan data / hotspot seluler atau yang disebut Wi-Fi.
  4. Peralatan pendukung audio. Jika sobat ingin melakukan suatu audio conference, diperlukan juga peralatan pendukung untuk suara atau audio. Untuk laptop, smartphone serta tablet, mereka umumnya sudah menyediakan suatu layanan audio untuk speaker dengan mikrofon.
  5. Peralatan pendukung video. Jika sobat ingin melakukan sebuah video conference, selain membutuhkan berbagai Peralatan Pendukung Audio, sobat akan memerlukan Peralatan Pendukung dalam melakukan Video. Seperti webcam.
Baca Juga :  Vulnerability Adalah

Langkah – Langkah Menggunakan Teleconference

Berikut dibawah ini merupakan langkah langkah dalam menggunakan teleconference.

  1. Siapkan satu perangkat seperti PC, headphone, webcam, serta perangkat lunak seperti Skype, WhatsApp, VMEET, zoom dan lain sebagainya. Tergantung pada sistem operasi yang digunakan. Pastikan webcam serta headset sobat kompatibel dengan PC yang akan digunakan.
  2. Siapkan juga akun untuk perangkat lunak yang sobat gunakan atau dengan buat akun baru.
  3. Tentukan lawan sobat melalui teleconference, tentu saja yaitu dengan perangkat lunak yang lainnya.
  4. Buat sebuah pengaturan dengan konfigurasi catatan dari aplikasi untuk dilihat sebagai sebuahmenu.
  5. Saat akan terhubung, sobat dapat berkomunikasi dengan lawan bicara sobat yang tersedia.

Kelebihan dan Kekurangan Teleconference

Berikut pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari teleconference, adalah.

Kelebihan:

  1. Meningkatkan semua produktivitas dengan memenuhi kemampuan VTC untuk dengan mudah sehingga berbagi dokumen, ide, atau gambar
  2. Hemat waktu serta biaya untuk sebuah pertemuan
  3. Sederhanakan dalam kegiatan berkomunikasi jarak jauh
  4. Mudah untuk diaplikasikan

Kekurangan:

  1. Harganya masih terhitung relatif mahal, sehingga hanya akan ada beberapa perusahaan serta organisasi yang mempunyaii sumber daya yang cukup dana
  2. Alat yang telah diperlukan sulit untuk didapat
  3. Penginstalan yang susah, maka harus ekstra hati-hati supaya tidak salah.

Demikianlah pembahasan dari artikel mengenai tentang Teleconference. Semoga artikel yang penulis bagikan ini dapat memberikan manfaat baik kepada kita semua dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Baca Juga :