Vulnerability Adalah

Posted on

Vulnerability Adalah – Halo sobat quora.co.id apa kabar kalian semua ? semoga masih tetap baik baik saja ya, nah pada kesempatan ini kembali lagi penulis akan memberikan sebuah artikel yang mengenai tentang Vulnerability yang meliputi Pengertian Vulnerability, Kenapa Vulnerability Bisa Terjadi?, Semua System Punya Vulnerability, Dimana Vulnerability Bisa Terjadi?, Contoh Vulnerability dan Cara Pencegahan Vulnerability. Untuk lebih detailnya dapat kita lihat sebagai berikut.

Vulnerability Adalah
Vulnerability Adalah

Pengertian Vulnerability

Vulnerability merupakan hal yang berkaitan dengan sebuah sistem komputer yang dapat memungkinkan seseorang untuk mengoperasikan dan juga dapat menjalankannya dengan benar, atau juga memungkinkan berbagai pihak tak berwenang bisa disebut hacker yang mengambil alih.

Kenapa Vulnerability Bisa Terjadi?

Buatan dari manusia tidak ada yang mungkin menjadi sempurna,vulnerability atau bug terjadi pada saat ketika developer telah melakukan kesalahan logika koding atau juga bisa salah menerapkan validasi yang tidak sempurna sehingga suatu aplikasi yang telah dibuatnya memiliki  celah yang dapat memungkinkan user atau pihak lain metode dari luar sistem dapat dimasukan kedalam sebuah program nya.

Semua System Punya Vulnerability

Semua aplikasi  seperti desktop,service, dan web base sudah pasti mempunyai  celah atau disebut  vulnerability, dibedakan dengan sudah  ketahuan atau belum celahnya, seiring berjalannya waktu cepat atau lambat laun akan juga ditemukan oleh seorang yang disebut hacker.

Tidak semua dari hacker bermaksud jahat, apabila celah dari keamanan ini ditemukan olehseorang  hacker jahat atau disebut Black Hat kemungkinan besar akan digunakan untuk melakukan peng exploit system untuk dapat ia gunakan sendiri.

Apabila ditemukan oleh seorang hacker baik dengan sebutan white hat biasanya dia akan melaporkan dari pristiwa penemuan celah keamanan tersebut kepada pihak developer supaya dapat diperbaiki. Untuk sebuah perusahaan yang terkenal seperti aplikasi Facebook, aplikasi Google, juga Microsoft, dan lain lain. Menemukan kekurangan dan juga kerentanan dalam sebuah sistem mereka akan menjadi sebuah hadiah yang cukup bernilai besar.

Dimana Vulnerability Bisa Terjadi?

Vulnerability yang sering dilakukan exploitasi biasanya berada pada level tingkat software,karena dari exploitasi bisa dilakukan dengan sebuah remot dari jarak yang cukup jauh menjadi target yang favorit hacker.

  1. Firmware (Hardcoded software)

Firmware adalah sebuah software atau disebut mini operating system yang telah tertanam langsung pada hardcode kedalam sebuah chip pada suatu perangkat tertentu misalnya: pada router, kamera, printer, handphone, dan juga mouse/keyboard tertentu dan juga lain lain,dengan sebuah tujuan supaya memudahkan pembaruan kompatibility perangkat atau juga penambahan fitur.

  1. Operating System /Sistem Operasi

Sistem operasi dengan keamanan apapun seperti Linux /Mac tetap memiliki  celah keamanan, tinggal untuk menunggu waktu saja ditemukan. Usahakan untuk mengaktifkan fitur secara automatic update supaya operating sistem selalu dapat melakukan pembaruan ketika update telah tersedia.

  1. Aplikasi (Software)

Aplikasi yang telah kamu install pada komputer dapat untuk di menjadi sebagai jalan masuk hacker terutama pada aplikasi yang telah terhubung langsung ke internet seperti sebuah browser,document reader dan juga download manager.

  1. Brainware (Operator komputer)

Brainware merupakan seseorang yang mengoperasikan komputer, apabila pengguna tersebut kurang paham maka akan mempermudah seseorang untuk meretas dan mengambil informasi yang dimiliki.

  1. Vulnerability Pada Aplikasi Web

Apabila sobat memiliki sebuah website, hati-hati terhadap sebuah exploitasi yang mungkin akan terjadi terhadap website yang kamu miliki. exploitasi ini bergantung pada bahasa pemprograman yang sobat gunakan misalnya web server ,library dan juga database yang telah digunakan.

Karena sebuah aplikasi web terdiri dari banyak sejumlah komponen, aplikasi web sangat berkemungkinan untuk diserang oleh banyak situs, layanan web bisa diserang oleh DDOS lain atau exploit, perpustakaan dari PHP juga bisa diserang, dan sebuah aplikasi situs web itu sendiri bisa diserang, untuk menyebabkan sebuah aplikasi web yang memerlukan tambahan dan juga perlindungan di sekitar sebuah situs untuk dapat melindungi tangan orang yang mungkin tidak tahu.

Untuk masalah aspek keamanan dengan adanya layanan web, perpustakaan PHP atau jenis perpustakaan lain umumnya menjadi sebuah tanggung jawab dari penyedia hosting. Aplikasi web yang host mungkin merupakan opsi dari peretas apabila aplikasi web yang di gunakan mempunyai kerentanan.

Contoh Vulnerability

Adapun beberapa contoh dari terjadinya vulnerability ini adalah sebagai berikut.

  1. DRAM Rowhammer vulnerability (Local Exploit | Hardware Vulnerability) merupakan celah keamanan yang memungkinkan attacker untuk dapat mengangkat sebuah privilage (Hak akses ke sistem) pada dirinya sendiri.
  2. Bug Didalam Game online (Local Exploit| Software vulnerability) Ini terjadi saat ngedupe item game atau ngecheat biar dapat berlari dengan cepat, hal ini juga termasuk vulnerability juga yang akan memungkinkan player untuk ngedupe item atau terjadi exploitasi EXP biar naik lvl cepet.
  3. Winrar Spoof extension 2.80 – 5.10(Local Exploit|Software Vulnerability) bug ini dapat memungkinkan attacker untuk melakukan penyembunyian extensi file, sehingga akan keliahatan seperti sebuah extensi file yang umumnya diinginkan.
  4. GDI Exploit (Local Exploitatau Software vulnerability) hal ini memungkinkan attacker untuk dapat menyisipkan malware di dalam file gambar dengan sebuah  format (EMF or WMF)
  5. Vulnerability pada aplikasi webjuga beragam, tergantung pada plugin, module, library dan juga CMS yang dapat digunakan. Oleh sebab itu sebagai webmaster juga harus rajin untuk mengupdate moodule, theme CMS, library, yang telah digunakan.

Cara Pencegahan Vulnerability

Pencegahan dari vulnerability ini adalah dengan cara meningkatkan setiap keamanan dari sistem komputer sobat dan lebih belajar untuk memahami mengenai tentang vulnerability sehingga dapat mencegah terjadinya vulnerability.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai tentang Vulnerability, dengan adanya artikel ini semoga dapat memberi manfaat bagi kita semua.

Baca Juga :