Pengertian Kerajinan

Posted on

Pengertian Kerajinan – Halo sobat pada kesempatan ini penulis kembali berbagi sebuah artikel mengenai tentang Pengertian kajian dengan bahasan Pengertian Kerajinan, Fungsi Kerajinan, Pengertian Kerajinan Menurut Ahli, Jenis-Jenis Kerajinan, Manfaat Kerajinan, Bahan Pembuat Kerajinan, Beberapa Contoh Kerajinan dan Tahapan Pembuatan Kerajinan. Selengkapnya simak artikel quora.co.id berikut ini.

Pengertian Kerajinan
Pengertian Kerajinan

Pengertian Kerajinan

kerajinan adalah sebuah proses untuk dapat membuat sebuah produk dengan ketentuan menonjolkan berbagai fungsinya untuk dapat dipakai atau sebagai suatu pajangan dengan sebuah nilai estetika yang bernilai serta indah.

Pengertian Kerajinan Menurut Ahli

Berikut merupakan pengertian mengenai tentang definisi kerajinan dari para ahli berikut ini.

  • Menurut Kadjim

    Kerajinan adalah berbagai upaya dengan dilakukan secara terus menerus dengan berbagai antusiasme ketangkasan, ketekunan, ketekunan dan juga dedikasi tinggi serta kemajuan yang besar di dalam realisasi sebuah karya.

  • Suprapto (1985: 16)

    Kerajinan tangan ialah bentuk kerajinan yang dapat menghasilkan benda berupa seni yang memiliki kualitas, sehingga di dalam prosesnya dapat dilakukan dengan sebuah rasa keindahan serta dengan ide-ide yang murni supaya dapat menghasilkan berbagai produk dengan kualitas tinggi dan bentuk indah serta menarik.

  • Wiyadi (1991: 95)

    Kerajinan tangan ialah segala kegiatan di berbagai bidang industri dengan pembuatan barang yang secara sepenuhnya dapat dilakukan oleh alam supaya terampil, rajin, kreatif dan ulet dalam menjangkau mereka.

  • Kusnadi (1986: 11)

    Kata kerajinan ini secara literal lahir dari sebuah sifat manusia yaitu rajin. Sebagai penghasilan dengan pembuatan dalam karya seni bukan juga karena sifat yang rajin, namun muncul dari berbagai keterampilan seseorang di dalam menghasilkan berbagai produk dari kerajinan tangan.

Fungsi Kerajinan

Kerajinan mempunyai dua fungsi, fungsi ini berupa fungsi pakai dan juga fungsi hias. Fungsi pakai adalah dimana produk kerajinan yang dihasilkan mengedepankan aspek kegunaan atau fungsional.

Sedangkan fungsi hias merupakan kerajinan yang mempunyai fungsi hanya sebagai hiasan atau pajangan dengan nilai keindahan daripada nilai fungsinya.

Manfaat Kerajinan

Berikut merupakan berbagai manfaat dari kerajinan yang dibuat, antara lain sebagai berikut.

  1. Individu Untuk dapat Mengikuti Instruksi
  2. Melatih berbagai kemampuan dari motorik individu.
  3. Membangun rasa kepercaya dirian dalam setiap indivdu.
  4. Belajar untuk teliti, tekun serta juga melatih berbagai kemampuan.
  5. Dapat dengan Mengisi berbagai waktu luang, sehingga mampu menghindari kegiatan yang sifatnya kurang positif.
  6. Melatih kesabaran serta kreativitas individu saat proses pembuatan.
  7. Menciptakan Ladang bisnis, belajar dalam pemasaran serta manajemen.
  8. Mengajarkan cara Menghasilkan suatu karya yang memberikan rasa kepuasan dalam diri penghasil karya itu.

Jenis-Jenis Kerajinan

Berikut merupakan beberapa jenis dari kerajinan yang dapat sobat pahami sebagai berikut.

  1. Kerajinan Dari Bahan Lunak

Berikut merupakan beberapa contoh dari kerajinan berbahan lunak :

  • Kerajinan Tanah Liat yang lebih dikenal dengan kerajinan keramik
  • Kerajinan Serat Alam berupa kerajinan anyaman.
  • Kerajinan Kulit yang sangat banyak dijumpai hingga saat ini.
  • Kerajinan Gips, dengan bahan mineral dimana ketika bahan menjadi padat yang susah larut dengan air.
  • Kerajinan Lilin. Sebagai contoh yaitu proses pembuatan lilin hingga menjadi lilin siap pakai.
  • Kerajinan sabun, dengan mengukir sabun sehingga menciptakan sebuah karya dengan mengutamakan nilai keindahan.
  1. Kerajinan Dari Bahan Keras

Kerajinan terbuat dari bahan yang keras alami dengan merupakan kerajinan dari bahan dasar dalam pembuatannya dengan sumber alam ataupun berbagai bahan yang dapat diolah tetapi tidak dengan mengubah berbagai wujudnya.

Bahan Pembuat Kerajinan

Dalam jenis kerajinan yang berbahan keras, bahan yang digunakan terbagi menjadi dua kategori yaitu berupa bahan keras alami dan juga bahan keras buatan. Material bahan keras alami seperti bambu, kayu, akar tanaman serta rotan.

Sedangkan pada bahan keras buatan ini merupakan material dalam kerajinan yang telah melalui berbagai proses tertentu seperti pada logam, plastik, kaca, kain, dan lain sebagainya.

Tahapan Pembuatan Kerajinan

Berikut dibawah ini merupakan tahapan dalam pembuatan kerajinan, antara lain :

  1. Pertama, susun perancangan, pola serta bayangan proses pembuatan dari awal hingga akhir.
  2. Setelah perancangan kemudian menyiapkan alat serta bahan yang dibutuhkan
  3. Ketika telah menentukan rancangan serta menyiapkan alat dan bahan yang telah siap, maka mulailah mengerjakan dari tahap awal hingga menjadi sebuah kerajinan yang bernilai
  4. Tahap penyelesaian dengan merapikan hasil kerajinan, memberikan cat atau sejenisnya jika dibutuhkan untuk menambah nilai keindahan.

Beberapa Contoh Kerajinan

Adapun beberapa contoh dari berbagai kerajinan adalah sebagai berikut ini.

  1. Kerajinan Dari Tanah Liat

Contoh dari kerajinan berbahan tanah liat yaitu gerabah serta keramik. Dengan nilai yang bermanfaat di dalam rumah tangga. Contohnya seperti teko, vas bunga, asbak dan lain sebagainya

  1. Kerajinan Dari Kayu dan Bambu

Kayu dan bambu dengan contoh kerajinan yang dihasilkan yaitu hiasan lampu, perabot, patung dan lain lain.  Adapun jenis kayu yang sering digunakan yaitu kayu mahoni, jati, dan pinus.

  1. Kerajinan Dari Serat Alam

Bahan serat alam seperti akar dan enceng gondok, biasanya dibuat dengan cara dianyam, baik itu menjadi tas, taplak meja dan lain sebagainya.

  1. Kerajinan Dari Logam

Beberapa bahan lain yaitu jenis logam yang digunakan seperti aluminium, kuningan, tembaga, serta stainless steel. Sedangkan logam mulia contohnya emas, perak, serta perunggu juga umum digunakan dalam kerajinan yang cukup mewah serta mahal.

  1. Kerajinan dari Batu

Kerajinan dari batu banyak digunakan untuk hiasan ruangan, dinding, atau luar ruangan. Jika diletakkan di ruangan, maka material batu bisa memberi kesan yang alami serta menyejukkan di ruangan tersebut.

  1. Kerajinan Dari Bahan Bekas

Bahan botol serta kaleng bekas juga kertas daur ulang, serta sebagi kemasan plastik yang hanya dapat sekali pakai. Selain itu untuk menghasilkan karya indah juga dapat mengurangi pencemaran lingkungan.

Demikianlah artikel mengenai tentang Pengertian Kerajinan yang dapat sobat pahami, sekian dulu artikel pada kesempatan kali ini semoga dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.

Baca Juga :

Baca Juga :  Pengertian Filtrasi