Translator Bahasa Jawa

Posted on

Kamus Translate Bahasa Jawa – Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan potensi alamnnya serta sumber daya hayati dan non hayati, baik kekayaan alam dari laut, darat, rempah-rempah dan suku budaya, ras, etnis di indoensia juga yang beraneka ragam, walaupun beraneka ragam teteap menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa.

Suku etnis Jawa adalah salah satu suku terbesar yang ada di indoensia. Jadi jangan heran jika banyak orang yang penasaran dan ingin mempelajari bahasa jawa baik melalui kamus berbahasa Jawa atau berkomunikasi langsung dengan penduduk setempat. Beberapa kata sangat mudah dimengerti karena diserap dalam bahasa Indonesia. Bahasa Jawa memiliki tingkatan yang berbeda mulai dari etiket, etiket dan Ngoko.

Translator Bahasa Jawa
Translator Bahasa Jawa

Contoh Kosakata Bahasa Jawa yang Sering Dipakai :

Mempelajari terjemahan bahasa Jawa sangat mudah sebenarnya dengan secara aktif mengobrol dengan teman atau tetangga untuk melatih kosakata yang digunakan dalam keseharian.
Namun secara umum, ada beberapa kata yang memiliki makna dan arti saat digunakan untuk bahasa sehari-hari. Sebagai penduduk non-Jawa, Anda akan mengerti dengan mudah. Adapun beberapa kosa kata yang sering dipakai dalam keseharian sebagai berikut :

  • Jawab ya dan tidak pada pertanyaan

    Jika Anda ditanya pertanyaan, sebagian besar jawabannya adalah ya atau tidak. Jika Anda menggunakan terjemahan bahasa Jawa, kata itu menjadi ya. Meskipun Enggeh, tetapi tidak mboten. Bagi mereka yang tidak terbiasa, akan sulit untuk mengucapkannya. Tetapi jika Anda telah tinggal di Jawa untuk waktu yang lama, kata enggeh dan mboten adalah kosakata yang sering disebutkan dalam percakapan sehari-hari.

  • Kosakata Keseharian

    Tentunya Anda pernah mendengar seseorang mengatakan frasa ono opo? Dalam kamus Jawa berarti apa yang salah. Jika kita ingin menyapa seseorang sekedar mengucapkan selamat pagi , cukup gunakan frasa sugeng enjang. Mandi jika kita terjemahkan ke dalam bahasa Jawa adalah siram, sedangkan tulisan menjadi nyerat Masih. Bagimana beda bukan, kita tetap harus belajar untuk menerjemahkan kosa kata tersebut.

  • Mengenal Anggota Tubuh

    Saat menggunakan bahasa Ngoko, penggunaan kosakata kurang lebih sama. Tetapi jika Anda ingin tahu nama anggota Jawa versi Jawa, Anda dapat mencarinya di kamus bahasa Jawa. Tangan, jika diterjemahkan, akan menjadi asto, waja adalah gigi, sedangkan grana berarti hidung. Sering kita mendengar Orang tua ketika berbicara dengan orang tua dan bahasanya terlihat lebih asing dan kita sulit mengartikannya, biasanya sesama orang tua menggunakan bahasa krama halus. Tetapi jika Anda berbicara dengan teman sebaya, Anda bisa menggunakan ngoko dalam berbahasa.

  • Mengenal Warna

    Mungkin selama ini, Anda sering menyebut warna dalam bahasa Indonesia sehingga mudah dimengerti. Bahkan, kosakata juga bisa menerjemahkan bahasa Jawa. Misalnya, untuk putih adalah pethak, abrit berarti merah, cemeng menunjukkan warna hitam. Ada kata-kata yang tidak dapat dideteksi oleh Google menerjemahkan bahasa Jawa sehingga hasil sangat jauh berbeda.

 

Kamus/ Translate Bahasa Jawa :

Dibawah ini adalah kamus online yang dapat membantu kamu sekalian untuk mempelajari bahasa jawa dengan mudah, tetapi alangkah baiknya walaupun aplikasi ini dapat menerjemahkan bahasa jawa baik jawa Krama Alus ,Madya, Inggil ke Ngoko ke dalam bahasa Indonesia anda sebaiknya mengkoreksi kembali hasil dari translate aplikasi online ini.

Demikianlah artikel yang mengenai tentang Translator Bahasa Jawa, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan semoga dapat menambah wawasan kita semua dalam memepelajari bahasa jawa yang baik dan benar, sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

SELAMAT DATANG
Tetap Belajar serta tetap jaga kesehatan #Stayathome dan Gunakan Masker. Untuk kerjasama, pertanyaan dan masukan hubungi kami melalui [email protected]
Baca Juga :  Contoh Biodata Diri