Bacaan Tasbih

Posted on

Bacaan Tasbih – Sobat Quora.co.id di kesempatan ini penulis akan membagikan artikel tentang Bacaan Tasbih yang meliputi Pengertian Bacaan Tasbih, Keutamaan Bacaan Tasbih, Manfaat Bacaan Tasbih, Makna Bacaan Tasbih, Arti Kalimat Tahmid, Arti Kalimat Takbir, Arti Kalimat Tahlil dan Kalimat Tasbih, Tahmid, Tahlil Dan Takbir. Untuk pembahasan terlengkapnya dapat sobat simak berikut dibawah ini.

Bacaan Tasbih
Bacaan Tasbih

Pengertian Bacaan Tasbih

Bacaan tasbih ini yang lebih dikenal dengan sebuatan kalimat tasbih dengan kata lain kalimat thayyibah. Terdiri dari bacaan Tasbih, Tahmid dan Takbir. Sangat baik untuk selalu diamalkan setiap saat dan pada khususnya dibulan Ramadhan.

Bacaan tasbih ini adalah salah satu dari bacaan yang lebih sering digunakan untuk melakukan ibadah dzikir, karena itulah sebabnya disebut dengan kalimat dzikir.

Bacaan tasbih atau yang kalimat tasbih memiliki makna yaitu ‘menyucikan’.

Makna Bacaan Tasbih

Bacaan Tasbih memiliki arti yaitu mensucikan, mensucikan yang dimaksud disini ialah dengan menyucikan Allah Swt serta hanya Allah lah yang merupakan zat maha suci sedangkan hanyalah para makhluk ciptaannya bukan apa apa dihadapan Allah swt.

Dzikir dengan kalimat tasbih artinya kita telah mengakui bahwa sebagai manusia kita adalah makhluk yang sangat kotor, lemah, kecil, miskin serta tak ada kekuasaan dihadapan Allah swt.

Dan telah menjadi kewajiban serta keharusan untuk seluruh umat muslim yang beriman untuk selalu mengamalkan kalimat tasbih dengan mengucapkan kalimat thayyibah ini adalah perkataan yang baik untuk menyucikan Allah bukti bahwa hambanya mengakui bahwa sebagai hamba kita semua merupakan makhluk kotor di hadapan Allah SWT yang membutuhkan limpahan rahmatnya.

Baca Juga :  Ratib Al Haddad

Keutamaan Bacaan Tasbih

Diantara dzikir yang baik untuk sobat amalkan ialah tasbih dan tahmid. Tasbih adalahn ucapan Subhanallah yaitu Maha Suci Allah. Sedangkan Tahmid dengan mengungkapkan pelafazan Alhamdulillahi Rabil Alamin yang artinya Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.

Quraish Shihab menyampaikan bahwa Tasbih ini mengandung artian penyucian serta bentuk penafian Allah SWT dari sifat yang disebut ketidak sempurnaan; sedangkan tahmid mengandung artian sebagai penetapan terhadap kesempurnaan yang Allah SWT punya.

Manfaat Bacaan Tasbih

Manfaat dari berdzikir ialah dengan mengagungkan nama serta mengagungkan sifat Allah SWT, maka dengan meembaca kalimat tasbih ini manfaatnya sangat luar biasa, berikut penulis akan berikan beberapa manfaat dari bacaan tasbih yang di antaranya.

  1. Di ampuni keseluruhan dosa oleh Allah SWT, baik dosa lama ataupun dosa yang baru diperbuat.
  2. Dzikir yang amat sangat paling hitungan berat timbangannya jika dibandingkan dengan bacaan dzikir dengan yang lainnya.
  3. Bacaan Tasbih adalah bacaan dzikir yang amat sangat dicantai oleh Allah swt.
  4. Rasul SAW pernah bersabda dalam suatu hadits ”Barang siapa yang mampu membaca bacaan tasbih di setiap hari akan mendapakan 1000 kebaikan serta akan dihapuskan 100 keburukan”.
  5. Tasbih merupakan ucapan yang amat sangat disukai oleh Allah SWT, ada 4 bacaan kesukaan Allah SWT yaitu subhanallohwalhamdulillahLaa ilaha illallahdan Allahu akbar.
  6. Untuk hamba yang suka dan sering bertasbih Allah SWT telah menjanjikan balasan yang sangat besar yaitu jadi penghuni surga.

Arti Kalimat Tahmid

Kalimat Tahmid asalnya dari bahasa Arab yaitu: ”Taḥmudu”, kalimat Tahmid adalah istilah utuk frasa bahasa Arab yaitu dengan mengucap Alḥamdulillāh maknanya “pujian itu hanya untuk Allah SWT”.

Baca Juga :  Jazakallah Khairan Katsiiraa

Kalimat bacaan Tahmid mempunyai makna yang artinya hanya Allah yang patut dipuji oleh kita sebagai hamba yang tidaklah pantas memohon pujian.

Arti Kalimat Tahlil

Kalimat Tahlil asalnya dari bahasa Arab : ”at-Tahliil”. Kalimat Tahlil adalah kalimat tauhid dengan bunyi ”La ilaha illalah” yang artinya tiada Tuhan melainkan Allah.

Kalimat tahlil ini berarti bahwasannya tiada Tuhan yang patut untuk di sembah selain Allah SWT.

Maka tidak ada Tuhan yang lain selain dari Allah SWT yang Esa hanya Allah SWT menjadi Tuhan semesta alam yang merupakan pencipta dunia dan isinya.

Arti Kalimat Takbir

Kalimat Takbir merupakan bahasa Arab adalah ”Takbīra”. kalimat ini adalah istilah untuk frase dalam bahasa Arab Allahu Akbar yang artinya Allah Maha Besar.

Kalimat Takbir berdefinisikan bahwa Allah lah yang Maha Besar dan kita sebagai hamba -Nya sangatlah kecil maka tak layak bagi kita meninggikan diri dihadapan sanga maha kuasa Allah SWT, hendaknya sebagai umat yang beragama selalu rendah hati, tidak sombong, tidak lebih merasa hebat, tidak merasa kuat sendiri, tidak merasa paling pintar serta lain sebagainya karena hanya Allah SWT lah yang mempunyai kekuasaan atas seluruh itu karena Allah memiliki sifat Maha Besar.

Kalimat Tasbih, Tahmid, Tahlil Dan Takbir

Kalimat Tasbih

Dalam Tulisan Arab

Tulisan Latin: Subhanallah

Artinya: “Maha Suci Allah”.

Kalimat Tahmid

Dalam Tulisan Arab

Tulisan Latin: Alhamdulillah

Artinya: “Segala Puji Bagi Alloh”.

Kalimat Tahlil

Dalam Tulisan Arab

Dalam Tulisan Latin: Laa ilaha Illalloh

Artinya: “Tiada Tuhan Selain Allah”.

Kalimat Takbir

Dalam Tulisan Arab

Dalam Tulisan Latin: Allohu Akbar

Artinya: “ Allah Maha Besar”.

Baca Juga :  Arti Tabarakallah

Demikianlah penjabaran dari artikel tentang Bacaan Tasbih. Semoga kita semua termasuk golongan hamba yang tidak lalai mengamalkan perintah yang maha kuasa. Sekian artikel ini semoga memberikan manfaat positif.

Baca Juga :