Contoh Kajian Pustaka

Posted on

Contoh Kajian Pustaka – Halo sobat Qoura.co.id pada kesempatan ini penulis akan berbagi sebuah artikel kali ini membahas tentang Contoh Kajian Pustaka dengan uraian mengenai Pengertian Kajian Pustaka, Fungsi Kajian Pustaka Dalam Penelitian, Manfaat Kajian Pustaka dalam Penelitian, Pengertian Kajian Pustaka Menurut Ahli, Contoh Kajian Pustaka dan Sumber Kajian Pustaka. Untuk pembahasan terlengkapnya berikut dibawah ini.

Contoh Kajian Pustaka
Contoh Kajian Pustaka

Pengertian Kajian Pustaka

Kajian pustaka adalah kumpulan daftar referensi dari berbagao jenis sumber atau referensi yang dikembangkan kembali dalam buku, mengutip dari jurnal papers, ada artikel, yang akan diambil dari disertasi, dari tesis, berbagai  skripsi, ada lagi yang akan diambil dengan hand outs, diperoleh dari laboratory manuals, ada juga yang dikutip dari karya ilmiah lainnya yang kumpulkan dalam penulisan proposal.

Pengertian Kajian Pustaka Menurut Ahli

Berikut merupakan pengertian kajian pustaka menurut para ahli, antara lain.

Nazir (2005: 93)

Kajian Pustaka adalah suatu teknik pengumpulan data untuk melakukan penelaahan terhadap suatu buku, literatur, catatan, serta dalam laporan yang berkaitan dengan apa yang masalah untuk dipecahkan.

Nyoman Kutha Ratna

Nyoman Kutha Ratna dalam Prastowo (2012: 80), kajian pustaka  ialah keseluruhan materi bacaan yang sudah dibaca dan dianalisis, baik yang telah dipublikasikan maupun kumpulankoleksi pribadi.

Menurut Pohan

Menurut Pohan dalam Prastowo (2012: 81) kajian pustaka adalah kegiatan yang bertujuan mengumpulkan data serta informasi ilmiah, berupa berbagai teori-teori, metode, atau suatu pendekatan yang akan berkembang dan dapat di dokumentasikan ke bentuk buku, jurnal, naskah, suatu catatan, rekaman dari sejarah, dokumen-dokumen, dan lain sebagainya.

Fungsi Kajian Pustaka Dalam Penelitian

Berikut adalah beberapa poin mengenai fungsi atas kajian pustaka, antara lain :

  • Menjelasakan beberapa jumlah penelitian yang sama serta yang sesuai dengan penelitian yang akan dilakukan.
  • Memungkinkan untuk dapat sobat Membantu dalam menjelasakn suatu bayangan dengan gambaran yang ada dalam mengenai tema metode serta teknik yang penulis gunakan dalam melakukan penelitian yang jika memiliki persoalan dengan suatu penelitian yang mereka hadapi.
  • Kemudian mampu untuk menjelaskan sejumlah sumber dari berbagai yang mungkin belum diketahui orang banya.
  • Dapat memaparkan berbagai kesetaraan pada penelitian yang (akan)  dilakukan ini berdasarkan dari berbagai perkembangan sejarah sebagai suatu konteks ilmu mengenai adanya teori dari tempat penelitian yang mungkin dari sumber berada;
  • Menjelaskan mengenai beberapa jumlah ide yang diperoleh dan berbagai jenis pendekatan yang memang sebelumnya mungkin tidak pernah ketahui.
  • Dapat membantu untuk menegaskan mengenai bukti keaslian dari suatu penelitian.
Baca Juga :  Pengertian Perbandingan Teks

Manfaat Kajian Pustaka dalam Penelitian

Manfaat dari kajian pustaka ini terbagi menjadi 4 bagian yang akan kami uraikan berikut ini.

Mempercepat Proses Analisis Data

Dengan proses ini, peyusunan dari tinjauan pustaka mempunyai manfaat dan dapat mempermudah proses analisis atas suatu data dengan tepat.

Meningkatkan Kepercayaan

Dengan bagian tinjauan pustaka ini maka akan dapat membuat peningkatkan dari rasa kepercayaan pada seluruh pembaca, hal itu yang dikarenakan adanya dasar dan sumber yang sangat jelas atas teori dan refrensi yang telah disusun penulis.

Menguraikan Variabel

Adapun Manfaat yang akan di dapatkan atas penyusunan tinjaun pustaka adalahagar  mampu menjelasakan berbagai jenis variabel dengan cara umum di dalam suatu penulisan.

Memberikan Batasan

Secara umum agar dapat menyusun serta kembali membuat sebuah tinjauan pustaka yang cukup baik yang sehingga nantinya dapat memberikan batasan mengenai suatu tentang tulisan yang akan dapat diuraikan.

Sumber Kajian Pustaka

Kajian pustaka ini bersumber dari daftar referensi dari seluruh jenis referensi seperti pada buku, jurnal papers, artikel, sebuah disertasi, tesis, skripsi, atau hand outs, laboratory manuals, serta suatu karya ilmiah yang dikutip di dalam suatu penulisan proposal.

Contoh Kajian Pustaka

Berikut beberapa contoh mengenai tentang Contoh Kajian Pustaka, antara lain.

Contoh Kajian Pustaka Penelitian

Kajian Pustaka Penelitian

Personalisasi

Pada suatu upaya dalam melakukan penelitian maka akan dibutuhkan sebuah panduan serta dukungan pada setiap hasil penelitian yang telah ada sebelumnya yang mungkinberkaitan dengan  penelitian yang saat ini sedang dilakukan.

Berdasarkan dari suatu penelitian yang dilakukan oleh Eddy Rifai (1995) telah banyak dijumpai sistem dari suatu persionalisasi dalam suatu lembaga pemasyarakatan yang ada di Indonesia karena dasarnya sistem dari kemasyarakatan yang ada di Negara Indonesia.

Baca Juga :  Landasan Teori

Kini masih ada dalam tahap ini perubahan nama saja dari suatu sistem kepenjaraan untuk menjadi sistem kemasyarakatan, namun pada praktek pelaksanaanya ketika masih berada pada suatu sistem kepenjaraan karena adanya berbagai suatu keterbatasan, misalnya seperti dalam perundang-undangan, sarana serta prasarana dan lain lain.

Sehingga jika demikian uasaha untuk dapat menuntasakn persionalisasi harapannya agar dapat segera dilaksanakan.

Dengan hal tersebut dapat menegaskan bahwa sistem yang akan mengusung kepenjaraan serta persionalisasi ini terutama pada seorang anak yang ditemui di dalam suatu lembaga pemasyarakatan yang ada di Negara Indonesia, dengan keadaan yang akhirnya sangat berpengaruh terhadap pola hidup dan lebel serta cap kemasyarakatan pada anak yang telah keluar dari penjara mereka dianggap sebagai seorang anak yang mempunyai prilaku kurang baik bahkan buruk.

Sehingga dengan ini maka suatu persionalisasi yang terdapat dalam suatu kelembagaan masyarakat ini harus dengan segera untuk dapat di atasi sebagai suatu bentuk persiapan sentral yang mampu menghadapi bonus demografi yang ada di Negara Indonesia.

Contoh Kajian Pustaka Proposal Skripsi

Kajian Pustaka Proposal Skripsi

Radikaslisme Islam

Marak munculnya kelompok yang telah mengatas namakan agama yang dianggap radikal ini akan memperhambat tumbuh kembangnya suatu agama. Seperti contohnya pada agama islam yang dianggap keras karena pihak yang tidak bertanggung jawab oleh bangsa Amerika Serikat.

Saat ini agama islam telah mendapat gelar seperti “Islam Revivalis” atau “Islam Funamentalis”   lebel ini sangat membuat para pemeluk agama islam tidak nyaman, seharusnya telah sangat jelas serta sangat dianjurkan bahkan diharuskan harus untuk saling menghormati antar umat yang beragama.

Istilah Islam Radikal ini menurut pernyataan dari  dua orang yaitu Jamri dan Jahroni (2004) merupakan kumpulan yang memiliki keyakinan secara ideologis serta fanatik yang tujuan mereka perjuangkan agar dapat menjatuhkan sebuah tatanan nilai sistem yang saat ini akan telah berjalan dengan semestinya.

Baca Juga :  Pidato Persuasif

Kemudian kegiatanya ini seringkali menggunakan berbagai bentuk berbagai aksi yang yang telah dinilai sebagai tindakan yang keras, hingga adanya kearoganan terhadap suatu kelompok lain.

Kelompok yang telah menyalahgunakan atribut dengan pakaian umat muslim serta mengatas namakan agama inilah yang telah menimbulkan fitnah pada kaum muslim di dunia, sungguh ini masalah merupakan besar yang memporak poranda antar umat pemeluk agama.

Contoh Kajian Pustaka Laporan PKL

Kajian Pustaka Laporan PKL

Diskusi

Dari pernyataan seorang yang bernama Busyiruddin Uswan (2002), diskusi ialah suatu proses yang dapat untuk melibatkan antara dua individu atau mugkin lebih yang saling berintegrasi secara verbal serta saling berhadapan, dan akan dapat saling bertukar berbagai jenis informasi serta ini dapat mempertahankan kumpulan pendapat masing-masing untuk dapat memecahkan suatu persoalan.

Dengan ini maka akan ada sebuah diskusi yang dapat dilakukan dengan membuat suatu forum resmi atau bahkan hanya dengan cara berkumpul di suatu tempat yang dengan tujuannya adalah untuk memecahkan suatu persoalan dengan cara mengumpulkan beberapa pendapat dari orang banyak.

Selain dari pada berkumpul serta memberikan pendapat dengan cara menciptakan forum diskusi dapat untuk menyambung tali persaudaraan serta menciptakan kebersamaan.

Perbedaan Kajian Pustaka dan Daftar Pustaka

Kajian pustaka adalah kumpulan kalimat atau paragraf dari pustaka yang kita peroleh sebagai suatu landasan teori untuk dapat menyusun suatu tulisan. Misalnya ada pada buku A karangan C, kita akan mengutip pada bab sekian dan di paragraf sekian yang dengan bunyinya seperti ini, semua itu akan ditulis jelas, pada tulisan yang kita susun.

Sedangkan Daftar Pustaka adalah sebuah daftar buku yang telah menjadi referensi kita. Jadi ini hanya berisi nama dari pengarang, tahun di terbitkan, judul dari buku yang dikutip, pihak pencetak, dan terkadang ada yang dilengkapi dengan jumlah dari halaman yang telah dikutip.

Demikianlah artikel mengenai tentang Contoh Kajian Pustaka, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Sekian artikel kali ini sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Baca Juga :