Lapisan-lapisan Tanah

Posted on

Lapisan-lapisan Tanah – Halo sobat apa kabar semuanya ? semoga selalu baik baik saja. Penulis kembali lagi tentu untuk lagi dan lagi membagikan sebuah artikel terbaru. Dan pada kesempatan ini quora.co.id akan membagikan artikel mengenai tentang Lapisan-lapisan tanah yang meliputi Pengertian Tanah, Pengertian Lapisan Tanah, Pentingnya Tanah dalam kehidupan makhluk hidup, 5 Lapisan Tanah dan Karakteristiknya, Horizon Tanah – Urutan Susunan Lapisan Tanah dan Manfaat Horizon Tanah. Untuk itu langsung saja sobat simak pembahasannya berikut ini.

lapisan Tanah
lapisan Tanah

Pengertian Tanah

Tanah merupakan salah satu bagian dari kerak bumi dengan struktur mulai dari mineral serta bahan organik. Tanah mempunyai peran yang sangat penting di dalam kehidupan makhluk bumi karena tanah sendiri mendukung kehidupan dari tumbuhan dengan menyediakan zat hara dan air sebagai penopang akar. Struktur tanah berongga sehingga mempermudah akar untuk dapat bernapas dan juga tumbuh. Tanah merupakan habitat hidup berbagai jenis mikroorganisme.  Sebagian besar jenis hewan darat, tanah sendiri menjadi lahan untuk dapat hidup dan juga bergerak.

Pengertian Lapisan Tanah

Lapisan tanah adalah lapisan yang telah menyusun tanah dari struktur  terbawah menuju ke atas, lapisan ini mempunyai jenis dan juga berfungsi sesuai manfaatnya. Susunan umumnya dibentuk berdasarkan berbagai lapisan yang ada di dalam tanah.

Pentingnya Tanah dalam kehidupan makhluk hidup

Berikut ini merupakan beberapa point pentingnya tanah dalam kehidupan manusia, antara lain.

  1. Sebagai tempat tinggal serta tempat untuk melakukan seluruh kegiatan manusia.
  2. Sebagai tempat untuk berkembangnya hewan yang berguna untuk manusia.
  3. Sebagai wadah vegetasi yang berguna kepentingan kehidupan manusia.
  4. Mengandung zat barang tambang serta bahan galian yang untuk manusia.
  5. Penyedia kebutuhan primer tanaman air, udara dan unsur-unsur hara.
  6. Penyedia dari kebutuhan sekunder berbagai tanaman.
  7. Tempat habitat berbagai hewan.
Baca Juga :  Pengertian Kerjasama

 

4 Lapisan Tanah dan Karakteristiknya

Berikut merupakan 4 lapisan tanah beserta karakteristik yang dimiliki antara lain.

1. Lapisan Tanah Atas

Tanah lapisan atas memiliki warna gelap serta kehitam-hitaman, memiliki ukuran tebal dengan ukuran 10-30 cm, lapisan ini lapisan yang tersubur, karena dengan adanya bunga tanah serta humus. Lapisan tanah atas merupakan bagian yang cukup optimum dalam kehidupan yang tumbuh-tumbuhan. Seluruh komponen-komponen dari tanah terdapat berbagai lapisan ini, dengan 45% mineral, 5% bahan zat organik, 20-30 % air serta 20-30% udara yang ada di dalam tanah.

2. Lapisan Tanah Bawah

Tanah lapisan bawah memiliki warna yang lebih cerah dan lebih padat dari bagian tanah lapisan atas. Lapisan tanah tebalnya memiliki kisaran 50-60 cm, dengan lebih tebal dari semua lapisan tanah atas, ada tanah cadas seperti tanah keras. Lapisan dari tanah mempunyai kegiatan berupa jasad hidup di mulai berkurang. Umumnya dapat ditumbuhi tanaman yang berumur panjang serta berakar dengan tunggang di dalam panjang supaya mencapai lapisan tanah.

3. Lapisan Tanah Tengah

Lapisan tengah ini terletak tepat di bawah lapisan atas. Biasanya memiliki sifat liat disebut sebagai tanah liat. Tanah ini mempunyai ciri yaitu warna yang lebih terang, dengan mempunyai ketebalan berkisar antara ukuran 50 cm – 1 m.

4. Lapisan Batuan Induk

Bantuk induk ialah sebuah batuan asal dari sebuah tanah. Lapisan tanah ini memiliki warna dengan kemerah-merahan dengan kelabu yang keputihan-putihan. Lapisan dapat pecah serta dibuhan dengan sangat mudah, namun sukar untuk di tembus akar.

Horizon Tanah – Urutan Susunan Lapisan Tanah

Adapun urutan tanah berdasarkan susunan lapisan tanah antara lain sebagai berikut ini.

Baca Juga :  Arti Mimpi Hamil
Urutan Susunan Lapisan Tanah
Urutan Susunan Lapisan Tanah

Horizon O

Kelompok dari lapisan tanah yang terakhir, atau dapat dikatakan lapisan dari tanah yang teratas dan juga paling akhir untuk terbentuk pada sebuah profil tanah. Lapisan tanah ini yang tergolong subur untuk dikarenakan mengandung bahan dari organik.

Kandungan dari bahan organik yang dapat pada zat Horizon O mencapai ringkat 20 persen lebih. Jadi, jenis-jenis tanah untuk Horizon O sangat baik untuk dapat dijadikan sebagai berbagai lahan pertanian.

Horizon A

Lapisan Horizon A mempunyai ciri di antaranya mempunyai warna gelap, serta dengan terdiri atas berbagai kandungan humus dan juga campuran dari partikel mineral. Terdapat berbagai tiga jenis Horizon A, yaitu:

  • Horizon A1 adalah bentuk dapat pencampuran antara bahan dari organik serta mineral, sehingga tidak heran apabila warna berbagai lapisan ini dapat terlihat lebih dengan gelap;
  • Horizon A2 adalah jenis lapisan tanah yang akan mengalami pencucian dengan cara maksimal. Jenis-jenis dar tanah yang kemudian termasuk di dalam golongan Horizon A2 biasanya mempunyai warna yang merupakan pucat atau lebih terang.
  • Horizon A3 merupakan sebuah zona peralihan dari lapisan Horizon A ke jenis Horizon B atau dapat ke Horizon C. Warna dari tanah ini hampir sama dengan warna Horizon A2.

Horizon E

Apabila menemukan jenis-jenis dari tanah dengan berbagai karakteristik yang berpasir dan mempunyai warna terang, dapat jadi tanah ini golongan Horizon E. Karena, Horizon E adalah jenis horizon lapisan eluvial yang mempunyai warna cerah.

Horizon B

Sedamgkan pada Horizon B, kandungan dari lempung dan juga partikel mineral yang telah ada di dalamnya bisa dikatakan cukup lebih sedikit, karena lapisan ini hanya memiliki fungsi sebagai alur dari perembesan air serta dari lapisan tingkat atasnya.

Baca Juga :  Campuran Warna

Horizon C

Berbeda dengan jenis Horizon R, Horizon C ini terdiri atas berbagai campuran yang lapukan antara batuan serta mineral. Lapisan ini dapat disebut regolith, atau dengan sebutan lapisan yang masih mempunyai fragmen (pecahan) lapukan dari batuan asal.

Horizon R

Horizon R atau lebih dikenal juga dengan lapisan Horizon D adalah sebuah tanah yang mungkin paling bawah di dalam susunan lapisan dari tanah (profil tanah). Kendati dengan demikian, Horizon R ini termasuk jenis-jenis dari tanah pertama yang dapat terbentuk pada sebuah profil tanah.

Manfaat Horizon Tanah

Disetiap horizon tanah terdapat beberapa manfaat yang dapat diproleh antara lain sebagai berikut.

  • Untuk Kebutuhan Pertanian

    Untuk dapat mengetahui ukuran kedalaman dari top soil yang sebelum memulai dengan menanam tanaman yang berakar pendek. Contohnya seperti kedelai, padi, kacang tanah, dengan palawija.

  • Untuk Kebutuhan Penelitian

    Untuk dapat mengetahui berbagai kelengkapan serta penyebaran secara horizon tanah. Pencirian dari berbagai tingkat dengan perkembangan serta umur tanah yang dapat kita ketahui. Semakin cukup lengkap serta majemuk secara horizon tanah, maka mungkin semakin baik serta tua usia tanah itu.

  • Untuk Kehidupan Manusia

    Dalam kehidupan manusia tanah bermanfaat sebagai tempat berpijak, tempat mendirikan bangunan dan bercocok tanam.

  • Untuk Kehidupan Makhluk Hidup Lain

    Sedangkan untuk berbagai makhluk lain horizon tanah memiliki fungsi sebagai  habitat atau tempat tinggal, sebagai tempat tumbuh, tempat untuk hidup dan juga sebagai sumber untuk mencari makan serta dapat bertahan hidup.

Demikianlah artikel mengenai tentang Lapisan-lapisan Tanah semoga dapat memberikan menfaat bagi sobat semua yang telah membaca artikel ini dan dapat membantu kalian dalam berbagai hal. Sekian dulu artikel kali ini sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :