Pengertian Demografi

Posted on

Pengertian Demografi – Apa yang dimaksud dengan Demografi ? berdasarkan pertanyaan ini penulis akan membagikan sebuah artikel yang berkaitan dengan pertanyaan tersebut, pada artikel kali ini quora.co.id akan membahas apa itu Pengertian Demografi serta dengan membahas Pengertian Demografi Adalah, Pengertian Demografi Menurut Para Ahli, Tujuan Demografi, Manfaat Demografi, Variabel- Variabel Demografi, Perbedaan Demografi dan Kependudukan dan Aspek Komponen Demografi. Untuk itu mari sobat simak selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Demografi
Pengertian Demografi

Pengertian Demografi Adalah

Demografi sendiri berasal dari bahasa Negara Yunani “ demos” yang artinya rakyat ataupun juga penduduk, serta juga“ graphein” yang bermakna menggambar atau dapat diartikan melukis. Maka dari itu demografi didefinisikan sebagai cerminan mengenai tentang penduduk yang telah mencakup semua jumlah, kelahiran, kematian,perkawinan serta kegiatan migrasi.
 

Pengertian Demografi Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini pengertian dari demografi berdasarkan pendapat dari para ahli, antara lain.

  • Menurut Wikipedia

    Demografi atau disebut ilmu kependudukan adalah kumpulan ilmu yang mempelajari berbagai dinamika kependudukan manusia yang mengatur stuktur dari kehidupan.

  • Menurut Dudley Duncan

    Demografi adalah ilmu yang akan menekuni serta membahas tentang berbagai jumlah, persebaran dari  teritorial serta berbagai komposisi- komposisi dalam kependudukan.

  • Menurut David V. Glass

    Menurut seorang David demografi merupakan sebuah riset penduduk dari akibat pengaruh proses demografi, yaitu sebuah fertilitas, adanya mortalitas, serta terjadi migrasi.

  • Menurut George W. Barclay

    Bagi seorang George  penafsiran atas definisi demografi merupakan sebuah cabang ilmu yang akan menggambarkan berbagai penduduk di sebuah wilayah di dalam bentuk secara statistika.

  • Menurut Hawthorn

    Struktur dari penduduk yang meliputi: jumlah, persebaran serta gabungan dari komposisi penduduk. Struktur ini yang selalu mengalami perubahan yang disebabkan karena berbagai proses demografi seperti ternyadinya kelahiran (fertilitas), terjadi kematian (mortalitas), dan juga migrasi berbagai penduduk.

  • Menurut Boque: 1969

    demografi adalah sebuah ilmu yang akan mempelajari secara statistik serta matematik dari jumlah, komposisi, serta distribusi antar penduduk, dengan perubahan-perubahan yang merupakan sebagai akibat dari bekerjanya berbagai komponen-komponen dari pertumbuhan para penduduk, yaitu sebagai kelahiran (fertilitas), terjadinya kematian (mortalitas), adanya perkawinan, atau adanya migrasi, dan juga adanya mobilitas sosial.

  • Menurut Johan Suszmilch (1762)

    Demografi adalah kumpulan ilmu yang akan mempelajari hukum Tuhan dengan berhubungan pada perubahan-perubahan yang terjadi kepada umat manusia terlihat dari patokan jumlah kelahiran, atau kematian dan juga perumbuhannya.

 

Manfaat Demografi

Adapun beberapa manfaat dari adanya demografi antara lain, sebagai berikut.

  • Membantu pihak pemerintah untuk mengevaluasi kinerja atas pembangunan serta memperhatikan berbagai komposisi penduduk di masa lalu dan juga masa kini, serta berbagai aspek yang dapat mempengaruhinya.
  • Membantu sektor pemerintah membuat rencana dari pembangunan di berbagai bidang, baik dalam bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang pertanian, bidang perkebunan dan lain sebagainya.
  • Memberikan berbagai data yang mengenai berbagai tingkatan pertumbuhan dari ekonomi sebuah wilayah atau negara, yaitu apabila dengan melihat berbagai jumlah dari lapangan sebuah pekerjaan, jumlah warga yang dapat bekerja dan lain- lain.
  • Memberikan berbagai data dengan mengenai berbagai tingkat kesejahteraan atas tingkat berupa harapan atas hidup yang rata- rata penduduk di sebuah wilayah atau negara.

 

Tujuan Demografi

Adapun tujuan dari demografi ini yang dapat sobat pahami antara lain sebagai berikut.

  • Muncul sebab akibat diantara pertumbuhan penduduk dan berbagai aspek lain.
  • Mendeskripsikan sebuahperkembangan atas penduduk yang di masa lalu dan juga pertumbuhan yang menyusut serta jumlah naiknya sektor penduduk.
  • Mempelajari berbagai  jumlah serta berbagai penyebaran dari penduduk di dalam wilayah yang bahkan negara tertentu.
  • Dapat untuk meramalkan berbagai kependudukan akan datang dan berkemungkinan atas konsekuensinya.

 

Variabel- Variabel Demografi

Variabel yang dapat berhubungan dengan berbagai demografi yang banyak sekali, tetapi umumnya yang dapat digunakan adalah:

  • Kelahiran( fertilitas/natalitas)
  • Kematian( death/ mortalitas)
  • Migrasi( terjadi perpindahan)
  • Jenis kelamin
  • Umur
  • Jumlah
  • Penghasilan
  • Agama

 

Aspek Komponen Demografi

Berikut merupakan beberapa aspek mengenai tentang berbagai komponen dari demografi antara lain, sebagai berikut ini.

Jumlah Penduduk

Jumlah dari penduduk merupakan banyaknya jumlah masyarakat yang perkapita jadi acuan berbagai perhitungan demokrasi. Jika jumlah dari penduduk besar hingga dari pendapatan yang perkapita cukup besar.

Komposisi Penduduk

Komposisi yang dimaksud merupakan tingkatan dalam mengkonsumsi ada tiga, pertama semakin banyak penduduk yang telah berumur dengan kerja maka produktif 15- 64 tahun secara rata- rata, dan kemudian makin besar tingkatan dari konsumsi.

Yang kedua ketika semakin tinggi dalam pendidikan, maka akan semakin besar juga tingkat dari konsumsinya, sehingga pada saat seseorang akan makin tinggi tingkat pendidikannya jadi kebutuhan hidup juga akan banyak pula.

Yang terakhir masalah banyak penduduk yang kemudian tinggal di daerah kota, pengeluaran biaya konsumsi mereka akan semakin tinggi. Karena pada dasarnya warga dilingkungan perkotaan lebih konsumtif di bandingkan dengan warga pedesaan.

Distribusi Penduduk

Penyebaran diberbagai penduduk yang kemudian berkaitan dengan berbagai aspek geografis pada tempat tinggal seorang. Dengan berbagai faktor seperti wilayah, ekonomi, geografis, sosial serta aspek politik.

Faktor- faktor Non Ekonomi

Aspek yang satu lagi yaitu sektor ekonomi misalnya sebagai pola hidup yang sehat, kebiasaan dalam makan, dan juga perubahan etika.
 

Perbedaan Demografi dan Kependudukan

demografi adalah sebuah cabang ilmu yang akan mempelajari jumlah, juga persebaran wilayah, dan berbagai komposisi penduduk. Perubahan  dengan sebab dari perubahan itu yang umumnya timbul karena adanya kelahiran, perpindahan dari penduduk, dan juga mobilitas pihak sosial.

Sedangkan Kependudukan adalah ini hal  yang berkaitan dengan berbagai sektor jumlah, struktur, kelahiran, perkawinan, kehamilan, umur, jenis kelamin, agama,  kematian, persebaran, mobilitas dan juga kualitas serta bagaimana ketahananyang menyangkut hubungan politik, sektor ekonomi, sosial, serta sektor budaya.

Demikianlah artikel mengenai tentang Pengertian Demografi semoga mudah untuk dipahami dan memberikan berbagai wawasan yang bermanfaat bagi kalian semua. Sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :

Baca Juga :  Arti Mimpi Tentang Kumis