Contoh Artikel

Posted on

Contoh Artikel – Kembali lagi penulis Quora.co.id akan membagikan sebuah artikel kali ini akan membahas tentang Contoh Artikel, mengenai Pengertian Artikel, Ciri-Ciri Artikel, Model Penulisan Artikel dan Contoh Artikel. Untuk pembahasan terlengkapnya dapat sobat simak berikut dibawah ini.

Contoh Artikel Populer Singkat
Contoh Artikel Populer Singkat

Pengertian Artikel

Artikel adalah suatu esai yang dimana sebenarnya lengkap serta panjang tertentu yang telah dibuat untuk dipublikasikan (melalui media koran, majalah, buletin, bahkan website) dan dengan tujuan untuk dapat menyajikan ide-ide serta fakta-fakta yang dapat untuk meyakinkan, mendidik serta dapat menghibur. Isi artikel ini bermacam – macam, seperti contoh yang sering sobat semua  baca yaitu Sejarah, Petualangan, bimbingan, argumentasi, penelitian,  untuk melakukan atau untuk mengajarkan sesuatu.

Model Penulisan Artikel

Adapun beberapa model dalam penulisan artikel, sebagai berikut.

Model Penulisan Ilmiah Populer

Adapun model untuk penulisan pada artikel ilmiah populer, ialah.

  1. Menguji Gagasan
  2. Pola Penggarapan artikel
  3. Penulisan Pendahuluan
  4. Penulisan pembahasan
  5. Penutup artikel
  6. Memeriksa isi artikel

Model Penulisan Ilmiah

Sedangkan dalam artikel model ilmiah, mempunyai model penulisan dengan

  1. Judul maksimum menggunakan 12 kata
  2. Identitas Penulis wajib disertakan
  3. Abstrak dengan Bahasa Indonesia serta Bahasa Inggris ( minimal 250 Kata)
  4. Keywords yang digunakan hanya 3-5 kata
  5. Pendahuluan
  6. Metode yang digunakan
  7. Hasil dari percobaan atau dengan bahan pembahasan
  8. Pembahasan yang telah diuraikan
  9. Simpulan dari apa yang akan menjadi bahasan
  10. Ucapan terima kasih
  11. Daftar pustaka

Model Penulisan Populer

Pada penulisan artikel populer merupakan model penulisan seperti:

  1. Judul
  2. nama penulis
  3. pendahuluan
  4. batang tubuh atau isi

Ciri-Ciri Artikel

Adapun ciri-ciri dari artikel adalah sebagai berikut:

  1. Pada umumnya artikel ini dibuat dengan ringkas, padat, jelas serta tuntas.
  2. Isi yang telah disampaikan dalam suatu artikel yang didasari oleh fakta, bukan dari fiksi atau mitos yang mungkin kebenarannya masih diragukan.
  3. Artikel memiliki sifat informatif serta faktual, untuk mengungkapkan informasi berdasarkan sebuah penelitian dengan dipertanggung jawabkan.
  4. Artikel ini dapat mengandung opini serta analisis, namun ini harus berdasarkan teori dengan data yang valid.
  5. Penulisan artikel ini menggunakan bahasa baku serta resmi, serta ini menjadi kalimat yang bernilai lugas, logis, denotatif serta efektif.
  6. Metode penulisan artikel yang dibuat dengan cara sistematis sehingga untuk pembaca dapat mengerti isinya dengan  sangat mudah.

Contoh Artikel

Berikut dibawah ini merupakan beberapa contoh mengenai tentang artikel, antara lain.

Contoh Artikel Populer

Mengatur Makanan Untuk Kesehatan Tubuh

Mengatur Makanan Untuk Kesehatan Tubuh

Salah komsumsi makanan ketika sehabis berolahraga dapat membuat badan kesusahan untuk memulihkan tenaga yang telah lenyap. Harusnya, sobat komsumsi makanan yang mempunyai kadar air, karbohidrat lingkungan serta protein supaya badan selalu sehat serta dapat mengesankan.Makanan adalah asupan nutrisi yang sangat berarti dalam kesehatan serta untuk kekuatan badan. Namun apa yang harusnya kalian makan selepas kalian melaksanakan olahraga yang sangat butuh dicermati  baik. Upayakan supaya sobat tidak salah memilah berbagai makanan. Karena ketika sobat salah memilah makanan yang akan dimakan sehabis berolahraga ini dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan badan.

Baca Juga :  Contoh Teks MC Singkat

Sepanjang kegiatan berolahraga, badan telah mengeluarkan banyak tenaga dimana tenaga ini  yang dapat mengurangi glukosa ataupun zat gula. untuk itu, sangat dianjurkan supaya sobat mengkonsumsi makanan yang dapat untuk meningkatkan gula darah.

Contoh Artikel Ilmiah

Bahaya Internet Bagi Remaja

Bahaya Internet Bagi Remaja

Pada era digital saat ini Internet rasanya sangat mudah untuk dijangkau dan melekat pada kehidupan sehari-hari, khususnya untuk para kalangan remaja.

Pada dasarnya internet ini mampu membantu banyak menyelesaikan kegiatan manusia seperti membantu menyelesaikan pekerjaan, pelajaran dan juga komunikasi.

Namun tidak seluruh kalangan remaja menjadikan  internet bukan hanya membantu menyelesaikan pekerjaan, namun menjadi kebutuhan pokok, ini lah masalah yang dihadapi saat ini.

Tentunya tidak semua remaja yangdapat mengakses atau menggunakan internet dengan baik serta benar tanpa memberikan terpengaruh dampak negatifnya. Sebab banyak diluaran sana sebagian para remaja yang salah dalam memanfaatkan jejaring internet sehingga ini menghasilkan dampak yang buruk untuk dirinya serta untuk lingkungan disekitar remaja.

Untuk kalangan remaja benar internet adalah media yang sangat membantu dalam menyelesaikan berbagai persoalan, namun akan sangat lebih baik apabila penggunaan internet bagi para remaja inidiperhatikan, dibatasi serta diawasi oleh orang tua. Mungkin dengan memberi pengertian akan hal negatif serta positif dari internet kepada remaja.

Contoh Artikel Budaya

Batik Asli Indonesia

Batik Asli Indonesia 

Batik adalah sebuah kerajinan yang mempunyai nilai seni yang tinggi serta telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya di pulau Jawa). Yang merupakan warisan dari nenek moyang bangsa Indonesia sejak pada zamandahulu kala. Sejarah dari pembatikan di Indonesia berkaitan dengan adanya perkembangan kerajaan Majapahit dan kerajaan yang sesudahnya. Dalam beberapa catatan terapat perkembangan batik yang banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, kemudian dalam kerajaan Solo serta Yogyakarta. Tradisi membatik pada mulanya adalah tradisi turun menurun, sehingga ini kadang menjadi suatu theme yang dapat dikenali berasal dari mana batik keluarga tertentu.

Jadi menurut teknik batik terbagi:

  • Batik tulis
  • Batik top

Batik telah mendunia menjadi icon bangsa Indonesia. Sudah seharusnya kita sebagai warga negara Indonesia berbangga dan ikut melestarikan kekayaan bangsa ini.

Contoh Artikel Pendidikan

Pendidikan Karakter Untuk Membangun Peradaban Bangsa

Pendidikan Karakter Untuk Membangun Peradaban Bangsa

Pendidikan adalah suatu hal yang sangat dinilai penting di peradaban dunia, sebab di dunia ini benar membutuhkan orang yang berkompeten yakni orang yang berpendidikan supaya dapat membentuk serta membangun suatu Negara maju.

Baca Juga :  Contoh Susunan Acara

Namun selain itu, terdapat karakter pendidikan yang lebih sangat dibutuhkan bahkan mempunyai keistimewaan yang tersendiri sekarang karena pada zaman sekarang ini dengan dimana sebagian orang bukan hanya dengan melihat betapa tinggi suatu pendidikannya ataupun berapa tinggi gelar yang telah di raih yang melekat pada dirinya, melainkan terhadap karakter dengan kepribadian yang ada di setiap orang.

Selain itu proses pendidikan berlangsung di sekolah masih sering kali banyak lebih mengutamakan serta mementingkan aspek dari segi kognitifnya dari segi psikomotoriknya, serta banyak sejumlah guru yang mulai dari hampir di setiap sekolah yang akan hanya memberikan pengajaran dengan cara asal-asalan dalam suatu mengajar agar mereka terlihat memenuhi tugasnya menjadi seorang guru yang hanya formalitas saja, tanpa mampu memberikan atau tidak dapat memperkenalkan serta mengajarkan kepada para siswanya mengenai bagaimana untuk beretika yang baik yang ini harus ditanamkan dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Dalam hal ini suatu pendidikan karater ini tentu sangat dibutuhkan untuk dapat membentuk sumber daya manusia yang sangat berkualitas untuk bersaing pada dunia saat ini. Dengan tujuan yang bukan hanya tercipta sumber daya manusia yang cerdik tetapi juga beretika.

Contoh Artikel Kesehatan

Ayo Jangan Malas Cuci Tangan Biar Hidup Sehat

Ayo Jangan Malas Cuci Tangan Biar Hidup Sehat

Dalam hal ini untuk menjaga kesehatan tubuh dapat diawali dengan hal yang sangat sederhana. Misalnya seperti ketika sobat mencuci tangan sebelum melakukan apapun. Maka upayakan untuk dimulai sejak saat ini jadikanlah mencuci tangan merupakan salah satu bagian dari gaya hidup sobat yang sehat.

Selain itu jika tangan kita dapat menciptakan berbagai bentuk karya-karya indah. Namun, hal yang harus sobat pahami bahwa dari tangan ini terdapat berbagai jenis penyakit yang sangat mudah untuk menular.

Dari berbagai benda yang telah kita sentuh sehari hari ini mungkin ada yang telah terinveksi dengan virus, untuk dapat mencegah virus tersebut akan menular hendaknya sobat selalu mencuci tangan.

Manfaat rajin mencuci tangan ini khususnya untuk kesehatan memang sangat diakui sudah sejak lama. Namun dalam nyatanya, masih terdapat orang yang tidak selalu melakukan hal tersebut.

Kuman serta virus akan masuk dalam tubuh utamanya yang terjadi karena tangan kita telah terinfeksi oleh kuman, bakteri yang diperoleh dari kegiatan sehari hari mungkin dari berbagai benda yang kita sendiri tidak tahu kadar kebersihan dari benda tersebut.

Maka ingatlah untuk selalu mengawali rutinitas misalnya hendak makan, minum, belajar, atau dengan melakukan pekerjaan selalu upayakan untuk  mencuci tangan terlebih dahulu sehingga dapat mencegah penyakit yang dapat saja untuk menyerang anak. Maka dari itu dengan mencuci tangan setelah sobat melakukan aktivitas dengan apapun sangat dianjurkan mulai sejak dini.

Baca Juga :  Pengertian Kerajinan

Contoh Artikel Tentang Covid-19

Dunia Mulai Masuki Resesi Global Akibat Corona, Ini Faktanya

Dunia Mulai Masuki Resesi Global Akibat Corona, Ini Faktanya

Virus corona kini telah menyebar ke seluruh dunia di awal tahun 2020 ternyata memberikan dampak yang buruk untuk ekonomi global. International Monetary Fund (IMF) telah memperkirakan bahwa di tahun ini ekonomi dunia akanmemasuki masa resesi. Resesi adalah masa seluruh kegiatan industri serta perdagangan mengalami kondisi kelesuan.

Menanggapi hal ini, Bapak Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa sudah seharusnya kita bersiap dan selalu berikhtiar dengan berbagai kemungkinan yang akan terjadi ini.

Selain dari segi ekonomi yang paling penting dimasa pandemi ini ialah untuk selalu menjaga imunitas tubuh sehingga tidak mudah terserang virus yang sedang mewabah ini.

Selalu diingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan, hindari kerumunan dan selalu menjaga pola hidup sehat.

Contoh Artikel Penelitian

Menganalisa Google Image Index Expired Domain Dan Domain Fresh

Menganalisa Google Image Index Expired Domain Dan Domain Fresh

Banyak juga penyedia domain menjual dengan expired domain dengan harga yang terdapat lebih mahal serta harga domain fresh ataupun dengan domain baru sementara belum terdapat suatu uraian ataupun sebuah riset formal yang akan melaporkan jika expired domain yang lebih unggul daripada suatu domain fresh.Saat ini banyak web toko online yang ada serta tumbuh namun tidak seluruh muncul pada halaman awal dalam mesin pencari Google, itu diakibatkan oleh web yang tidak menggunakan SEO friendly, mutu domain yang digunakan rendah, nama domain tidak relevan dengan produk yang akan dijual, serta banyak penghambat yang lain.

Sebaliknya jika halaman web pencarian expired domain( Domcop.com) mini engemukakan kalau search engine memilah domain y lebih tua karena domain yang lebih tua ini lebih dapat dipercaya.

Seseorang yang memiliki bisnis online akan berpeluang besar mengoptimalkan bisnisnya dengan cara membuat web toko online serta menggunakan Search engine Google yang buat peng- index- an, spesialnya index foto dengan bagaikan media promosi.

Peneliti yang menganalisis index foto karena foto adalah media grafis yang akan sangat dibutuhkan dari periklanan serta memiliki energi tarik yang tertentu dalam mendesak suatu timbulnya hasrat dari konsumen buat untuk membeli suatu produk.

Peneliti disini hendak dapat menganalisa Google image index dengan cara melaksanakan perbandingan dengan pemakaian Expired Domain serta dengan  Domain Fresh permasalahan toko online menggunakan CMS WordPress.

Penelitian ini hendak untuk merumuskan bagaimana sesungguhnya pengaruh dari Expired Domain pada proses peng- index- an foto di pada mesin pencari Google yang dibanding pada Domain Fresh.

Demikianlah artikel dengan pembahasan mengenai tentang Contoh Artikel. Semoga bermanfaat dan sekian artikel kali ini sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :