Contoh Laporan Prakerin

Posted on

Contoh Laporan Prakerin – Halo sobat quora.co.id kembali lagi penulis akan membagikan sebuah artikel kali ini khusus membahas mengenai tentang Contoh Laporan Prakerin. Yang dapat menjadi referensi untuk sobat menyusun Laporan Prakerin. Langsung saja untuk pembahasan terlengkapnya berikut dibawah ini.

Contoh Laporan Prakerin
Contoh Laporan Prakerin

Contoh Laporan Prakerin

Prakerin merupakan salah satu kegiatan pokok pada siswa-siswi SMK. Biasanya, kegiatan ini akan dilaksanakan ketika kelas XI atau kelas 11 semester 2. Jangka waktunya sendiri bermacam-macam, ada yang 3 bulan, 6 bulan dan lain sebagainya. Berikut dibawah ini contoh laporan kegiatan PKL.

 

Contoh Laporan PKL SMK

Cover Sampul

Cover Sampul

LAPORAN

PRAKTIK KERJA INDUSTRI

( PRAKERIN )

DI REPCOM 

Logo SMK 7 Bandar Lampung
Logo SMK 7 Bandar Lampung

Disusun oleh:

Nama : Dwi Prasetya
NIS : 9333
Kelas : XI TKJ 1
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan

SMKN 7 BANDAR LAMPUNG

Jl. Pendidikan No.Kel, Sukarame, Kec. Sukarame, Kota Bandar Lampung, Lampung 35131

Website : http://smkn7bandarlampung.sch.id/

Email : [email protected]

TAHUN PELAJARAN 2019/2020

RINCIAN COVER (SAMPUL)

  1. Pertama soat tuliskan Laporan Praktik Kerja Industri dengan maksud supaya pembaca langsung mengetahui, yang akan dibaca laporan apa.
  2. Setelah menulis judul, kemudian diikuti dengan tempat serta di mana sobat melaksanakan kegiatan prakerin tersebut.
  3. Pada bagian yang berikutnya adalah logo sekolah.
  4. Di bawah logo Sekolah adalah identitas Sobatseperti nama, NIS, kelas, serta kompetensi keahlian apa yang sobat ambil.
  5. Bagian terakhir ialah identitas singkat sekolah Seperti alamat, kontak.

 

Lembar Pengesahan

Lembar Pengesahan

LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

DI REPCOM

Waktu Pelaksanaan

1 Februari 2020 s/d 30 April 2020

Disusun oleh:

Nama : Dwi Prasetya
NIS : 33330
Kelas : XI TKJ 1
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan

Laporan ini telah diperiksa serta disahkan oleh:

Pembimbing Prakerin DU/DI Guru Pembimbing
M. Randa Astrada Elpeni Dwi Azzahra, S.Si

 

Bandar Lampung , 1 Febuari 2020

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

Drs. H. Malih Sugik

NIP. 1253******1 323

RINCIAN LEMBAR PENGESAHAN

Lembar pengesahan prakerin ini digunakan sebagai tanda legalitas bahwa laporan prakerin yang disusun telah lulus seleksi dari guru pembimbing. Lembar pengesahan ini berisi pernyataan bahwa laporan prakerin yang sobat buat telah disahkan guru pembimbing, pembimbing prakerin, serta kepala sekolah. Pengesahan tersebut biasanya telah ditandai dengan tanda tangan pihak yang terkait.

 

Daftar Isi

Daftar Isi

DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

1.2 Maksud Dan Tujuan

1.3 Tempat Dan Waktu Pelaksanaan

BAB II PROFIL PERUSAHAAN

2.1 Sejarah Berdiri Perusahaan

2.2 Struktur Organisasi Perusahaan

2.3 Bidang Usaha

BAB III PEMBAHASAN

3.1 Dasar Teori

3.2 Cara Kerja Prakerin di Instansi Terkait

BAB IV PENUTUP

4.1 Kesimpulan

4.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA

RINCIAN DAFTAR ISI

Daftar isi ini disusun untuk mempermudahkan pembaca mencari halaman yang ia cari. Pada lembar daftar isi hanya susunan judul dan sub judul tanpa penjelasan lengkap.

Baca Juga :  Gerak Tari

 

Kata Pengantar

Kata Pengantar

KATA PENGANTAR

Puji Syukur kita panjatakan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan tak terhingga nikmat, rahmat, serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat melaksanakan serta menyelesaikan kegiatan Prakerin di Boss Notebook. Karena tanpa limpahan nikmat-Nya, mungkin penulis belum tentu dapat menyelesaikan kegiatan hari ini dari awal hingga akhir.

Dengan ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung serta mensukseskan pelaksanaan Prakerin yang dilakukan oleh penulis, karena tanpa dukungan serta bantuan dari mereka kegiatan ini belum tentu dapat terselesaikan.

Penulis menyadaro masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan serta penyusunan Laporan Prakerin yang penulis susun ini. Namun penulis telah berusaha semaksimal mungkin saat melaksanakannya. Oleh karena itu, penulis mohon dan mengharapkan kritik dan saran yang membangun supaya lebih baik untuk kedepannya.

Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan Prakerin ini dapat meningkatkan kemampuan serta kualitas penulis dalam Dunia Usaha.

RINCIAN KATA PENGANTAR

  1. Judul Kata Pengantar dengan rata tengah dan huruf tebal.
  2. Pada setiap paragraf, silahkan sobat diberi tanda dengan cara menekan Tab satu kali (di Microsoft Word) supaya lebih menonjol.
  3. Paragraf pertama umumnya diisi dengan ucapan rasa puji syukur kepada Allah SWT.
  4. Kemudian diikuti dengan ungkapan serta ucapan terima kasih pada berbagai pihak terkait yang telah membantu menyukseskan kegiatan prakerin.
  5. Selanjutnya, silahkan ungkapkan sobat melaksanakan prakerin dengan membuat laporannya yang selengkap mungkin. Jangan lupa untuk meminta kritik serta saran pada pembaca.
  6. Yang terakhir berikan kata penutup

Pendahuluan

Pendahuluan

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah mempersiapkan serta memberikan kegiatan sebagai pembekalan yang matang kepada seluruh siswa-siswi guna menunjang kesuksesan di bidang dunia usaha. Dengan adanya kegiatan prakerin, siswa-siswi akan mendapatkan pengalaman mengenai tentang dunia kerja. Siswa-siswi diharapkan untuk dapat menuliskan hasil prakerin dalam bentuk laporan sebagai bukti telah dilaksanakannya kegiatan prakerin ini.

1.2 Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan diadakannya prakerin adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki kualitas, maksudnya tenaga kerja yang mempunyai tingkat pengetahuan, keterampilan, serta etos kerja yang sesuai dengan apa yang menjadi tuntutan lapangan pekerjaan.
  2. Memperkokoh hubungan antara sekolah dengan dunia kerja.
  3. Meningkatkan efektifitas serta efisiensi proses pendidikan dengan pelatihan kerja berkualitas.
  4. Memberi pengakuan dengan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai suatu bagian proses dari pendidikan.

1.3 Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Tempat Prakerin : REPCOM
Waktu Pelaksanaan : 1 Februari 2020 s/d 30 April 2020

RINCIAN PENDAHULUAN

Di bagian pendahuluan pada laporan prakerin, sekolah akan mewajibkan 3 poin yaitu adanya latar belakang, maksud dan tujuan, serta dilengkapi dengan tempat dan waktu pelaksanaan prakerin.

Latar Belakang

Latar belakang ini biasanya membahas tentang alasan kenapa diadakan prakerin. Disini dapat sobat tuliskan alasan kenapa dilakukan kegiatan prakerin seperti contoh diatas.

Baca Juga :  Pengertian Kerjasama

Maksud dan Tujuan

Pada bagian ini sebaiknya sobat tulis secara langsung, dengan membuatkan list (daftar) menganai kenapa dilakukan kegiatan prakerin.

Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Mengenai waktu pelaksanaan prakerin berhubungan dengan tanggal, bulan tahun dan kurun waktu yang ditempuh dalam melaksanakan kegiatan prakerin ini.

Profil Perusahaan

Profil Perusahaan

BAB II PROFIL PERUSAHAAN

2.1 Sejarah Berdiri Perusahaan

REPCOM didirikan pada tahun 2007. Pertama didirikan beralamatkan di Jl. Urip Sumoharjo No.99 . Namun di tahun 2010 REPCOM ini telah pindah di tidak jauh dari lokasi tesebut tepatnya depan rumah makan kayu. REPCOM adalah salah satu tempat Service Notebook dan Personal Computer di Bandar Lampung.

2.2 Struktur Organisasi Perusahaan

REPCOM adalah sebuah Perusahaan yang dikelola oleh pribadi atau disebut usaha perseorangan/individu. Jadi Perusahaan ini benar beda dari Perusahaan yang lain, yang mempunyai struktur organisasi.

2.3 Bidang Usaha

REPCOM adalah Perusahaan perseorangan yang telah bergerak di bidang Service Notebook, Personal Computer, jual berbagai jenis Accessories, serta menerima jual dan beli Notebook dan PC dalam keadaan hidup dan juga mati.

RINCIAN PROFIL PERUSAHAAN

Bagian ini sobat harus mengetahui tentang perusahaan atau tempat dilaksanakannya  prakerin. Informasi dapat ditanyakan langsung kepada pihak yang bersangkutan.

Selain sobat mendapatkan pengetahuan mengenai tentang perusahaan tersebut, sobat juga dapat membangun hubungan supaya lebih dekat serta akrab dengan pimpinannya sehingga dalam melaksanakan prakerin akan lebih menyenangkan.

Pembahasan

Pembahasan

BAB III PEMBAHASAN

3.1 Dasar Teori

Dalam kegiatan Prakerin yang telah dilaksanakan 3 bulan dari tanggal 1 februari 2020 s/d 30 April 2020 di REPCOM Jl. Urip Sumoharjo No.9 Bandar Lampung, banyak berbagai hal yang penulis lakukan.

Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini akan dapat menambah pengalaman serta kemampuan penulis dalam jurusan yang telah penulis pilih (Teknik Komputer dan Jaringan). Dari berbagai hal yang penulis lakukan, berikut beberapa diantaranya:

  1. Belajar Marketing
  2. Setting BIOS Untuk proses Installasi OS
  3. Installasi Windows 10
  4. Pembagian Partisi Hard Disk
  5. Cek Kondisi serta perawatan Hard Disk

3.2 Cara Kerja Prakerind di Instansi Terkait

  1. Belajar Marketing

Bukan hanya mempelajari lingkup Software dan Hardware. Dalam Prakerin yang penulis laksanakan telahmempelajari tentang bagaimana proses dan ilmu Marketing. Jadi penulis diajarkan bagaimana cara menerima konsumen yang datang untuk melakukan Service, Membeli Accessories, Menjual Laptop atau Persoal Computer, dan hal lain yang ada juga hubungannya dengan kegiatan Marketing.

Memang ini yang hanya marketing dasar. Pada awalnya penulis bingung jika harus menerima konsumen (tanpa adanya dampingan Pembimbing DU). Namun dengan berjalannya waktu penulis menjadi terbiasa. Dan penulis juga menjadi lebih dapat mengenal mengenai Marketing.

Dengan kegiatan ini, penulis jauh lebih mengenal tentang seperti apa dan bagaimana tata cara melayani konsumen dengan cara baik dan benar. Jadi ilmu ini yang akan sangat berguna dimasa yang akan datang. Selain daripada itu, penulis juga tidak akan terlalu bingung lagi pada saat menerima konsumen.

  1. Setting BIOS untuk Instalasi

    • Nyalakan komputer atau laptop.
    • Lalu tekan F2, F8, 10, F11, F12, Esc, atau Del (Setiap perangkat akan berbeda) dengan cepat untuk dapat masuk BIOS.
    • Lalu kemudian sesuaikan, sebagai contoh akan dilakukan booting melalui CD-ROM Drive maka dapat di letakkan CD-ROM Drive yang paling atas pada menu Boot.
    • Lalu kemudian Save dan Exit, maka perangkat akan secara otomatis restart.
    • Setelah itu, akan muncul perintah menekan tombol untuk melakukan booting melalui CD-ROM Drive lalu kemudian tekan sembarang tombol untuk dapat melanjutkan booting melalui CD-ROM Drive.
Baca Juga :  Kwitansi Adalah

Contoh ini hanya referensi atau gambaran untuk sobat menyusun laporan. Maka yang ditulis pada contoh ini hanya inti dari laporan yang dapat sobat kembangkan lagi.

Penutup

Penutup

BAB IV PENUTUP

4.1 Kesimpulan

Setelah melakukan kegiatan prakerin, penulis mendapatkan sangat banyak pengalaman serta ilmu baru yang tidak ada mata  pelajarannya dan tidak diajarkan di sekolah. Kita diajarkan teori di sekolah, SERTA di tempat prakerin kita mempraktikkannya.

Pada intinya, kegiatan prakerin akan sangat berguna untuk dapat mengembangkan apa yang telah diajarkan di sekolah. Prakerin dapat dikatakan sebagai kegiatan pelengkap serta proses pematangan supaya siap ketika sudah untuk dapat berkecimpung di dunia kerja.

4.2 Saran

Karena di tempat prakerin akan berhubungan secara langsung dengan pekerjaan, maka sangat baik jika kita mempersiapkan secara matang materi-materi yang telah diajarkan di sekolah. Hal ini bertujuan supaya kita tidak bingung saat akan melakukan suatu pekerjaan terkait jurusan kita.

Untuk adik kelas yang selanjutnya akan melaksanakan prakerin, usahakan tetap selalu menjaga nama baik sekolah. Karena apabila nama sekolah telah dinilai kurang baik, maka akan susah untuk dapat bekerjasama dengan perusahaan tersebut dalam menerima siswa-siswi prakerin selanjutnya.

RINCIAN PENUTUP

Biasanya, penutup laporan prakerin merupakan kesimpulan dan saran. Jadi, sobat hanya diminta memberikan kesimpulan terkait keseluruhan kegiatan prakerin, lebih tepatnya setelah sobat menyelesaikan kegiatan prakerin.

Tidak lupa, sobat juga harus menuliskan berbagai permohonan saran kepada pembaca untuk laporan yang sobat buat. Selain itu, biasanya di bagian saran berisi mengenai tentang saran kepada adik kelas, sekolah, guru pembimbing, maupun kepada pimpinan prakerin.

Download File Laporan Prakrin Lengkap

Link Download Laporan PKL/ Prakrin SMK/SMA
Nama File : Laporan Prakrin DOC 
Versi : 1
Upload : 11/11/2020
Ukuran File :
Download Apk :

 

Demikianlah pembahasa mengenai tentang Contoh Laporan Prakerin. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi yang baik untuk sobat menyusun laporan prakerin.

Baca Juga :