Contoh Portofolio

Posted on

Contoh Portofolio – Pada kesempatan ini penulis quora.co.id akan kembali membagikan sebuah artikel yang mengenai tentang Contoh Portofolio yang akan membahas mengenai Pengertian Portofolio, Fungsi Portofolio, Cara Membuat Portofolio, Contoh Portofolio dan Perbedaan Portofolio Dan CV. Untuk secara lengkapnya mari sobat simak artikel berikut ini.

Contoh Portofolio
Contoh Portofolio

Pengertian Portofolio

Portofolio merupakan kumpulan berbagai dokumen dari seseorang, suatu kelompok, sebuah lembaga, badan organisasi, keperusahaan, dan lain sejenisnya yang memiliki tujuan untuk mendokumentasikan sebuah perkembangan suatu proses di dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Fungsi Portofolio

Portofolio memiliki fungsi sebagai sebuah alat untuk melihat berbagai perkembangan serta tanggung jawab dari peserta didik dalam kegiatan belajar, perluasan dari dimensi belajar, sebuah pembaharuan kembali atas proses belajar dan mengajar serta pengembangan dari pandangan peserta didik di dalam belajar. Fungsi penilaian secara portofolio adalah sebagai suatu alat untuk dapat mengetahui kemajuan dari kompetensi yang telah dicapai oleh peserta didik dan dengan mendiagnosis kesulitan sistem belajar dari peserta didik, memberikan sebuah umpan balik untuk berbagai kepentingan perbaikan dan juga penyempurnaan KBM.

Cara Membuat Portofolio

Berikut merupakan urutan dalam pembuatan portofolio, antara lain.

  • Membuat Daftar Isi

    Portofolio merupakan kumpulan dari dokumentasi yang akan menunjukkan prestasi di dunia pendidikan yang telah dilewati. Daftar isi akan diisi dengan urutan prestasi tersebut untuk mempermudah para pembaca.

  • Melampirkan CV atau Resume

    Meskipun sebuah portofolio merupakan hasil dari dokumentasi prestasi seseorang, namun tak salah jika tetap untuk memasukkan data diri atau CV secara singkat sebagai sebuah gambaran singkat mengenai tentang siapa pemilik prestasi ini. Jangan lupa berikan informasi kontak, email, dan sejarah pendidikan.

  • Menguraikan Tujuan Atau Capaian

    Hal berikutnya dari suatu portofolio adalah dengan menjelaskan mengenai tentang tujuan dan juga pencapaian yang hendak seseorang capai. Jelaskan juga visi dan misi yang ada dalam jangka waktu pendek serta dalam jangka waktu panjang. Dengan seperti ini, pembaca dapat menilai bahwa yang mempunyai prestasi ini adalah orang yang visioner dengan memiliki tujuan saat mengambil keputusan.

  • Menguraikan Keterampilan Dan Pengalaman

    Uraikan secara lengkap juga detail perihal mengenai keterampilan serta pengalaman kamu. Kamu juga dapat menambahkan apa saja dari kelebihan kamu agar dapat lebih meyakinkan. Contohnya tambahkan juga kemampuan di dalam bidang desain, bidang menulis, atau juga fotografi.

  • Melampirkan Contoh Hasil Karya Atau Capaian

    Berikan dokumentasi dari hasil karya yang dimiliki serta dokumentasi penghargaan, bahkan juga dapat menambahkan foto sebagai bukti.

  • Melampirkan Testimoni dari Klien Sebelumnya

    Dengan testimoni dapat menambah nilai kepercayaan dari sesorang bahwa pemilik prestasi ini memang benar dapat melakukan sesuatu.

  • Mencantumkan Penghargaan/ Sertifikat

    Sedangkan pencantuman penghargaan dan sertifikat sebagai bukti bahwa benar pemilik prestasi ini telah meraih berbagai penghargaan dan sertifikat dibidangnya yang telah diakui oleh berbagai pihak yang bersangkutan.

Contoh Portofolio

Berikut merupakan contoh portofolio yang dapat sobat ketahui sebagai informasi, antara lain.

Contoh Portofolio Pribadi

Portofolio pribadi merupakan portofolio yang digunakan untuk meningkatkan suatu website atau mungkin sebagai pelengkap saat melamar kerja.

Contoh Portofolio Lamaran Kerja

Untuk portofolio lamaran kerja terdapat dua jenis portofolio yaitu portofolio yang menggunakan bentuk sederhana dan ada portofolio yang menggunakan sebuah desain yang menambah kesan menarik.

Contoh Portofolio Mahasiswa / Siswa

Umumnya seorang mahasiswa maupun atau siswa mendapat suatu tugas untuk membuat sebuah portofolio. Portofolio yang akan digunakan masih tergolong cukup sederhana dan dengan menampilkan informasi yang cukup masih sedikit.

Contoh Portofolio Programmer

Untuk seorang progremmer portofolio sebagai sarana untuk orang lebih mudah mengetahui informasi mengenai mereka, baik secara kemampuan, skill, informasi pribadi, kontak dan lain sebagainya.

Perbedaan Portofolio Dan CV

Adapun perbedaan dari portofolio dan CV dapat sobat pahami informasinya berikut ini.

  1. Informasi Yang Diberikan

Portofolio berisi informasi yang menunjukkan kepada semua orang terkait dengan suatu hasil karya yang pernah di buat. Tidak hanya untuk menunjukkan sebuah hasilnya saja, namun juga untuk menginformasikan bahwa pemilik mempunyai potensi dan juga kemampuan diri dengan cakap dan sesuai kebutuhan dari calon klien atau tempat melamar kerja. Sedangkan Pada curriculum vitae lebih berisi dengan menjelaskan terkait data seorang secara pribadi. Baik itu berupa data dari pribadi umum atau data pribadi secara khusus.

  1. Kelengkapan Data

Portofolio tidak harus panjang serta lengkap, walaupun semakin banyak maka semakin bagus. Pada intinya harus dapat menunjukkan gambaran karakter, talenta yang dimiliki, dan juga kekuatan dari sebuah lembaran portfolio. Sedangkan untuk curriculum vitae yang akan diberikan butuh dirangkum dengan cara lengkap. Namun, di dalam bentuk yang sesederhana mungkin. Dengan telah merangkum informasi tersebut akan menjadi sederhana dan  mungkin akan memudahkan pihak HRD dalam membaca data.

  1. Memberi Bukti

Pada CV akan membuktikanmengenai terkait data pribadi dan juga data khusus secara pribad. Namun berbeda dengan portofolio, di portofolio Calon klien atau pihak tempat kerja yang menjadi tempat lamaran akan melihat bukti dari kemampuan serta skill.

  1. Umum dan Spesifik

Portofolio yang memiliki sifat spesifik dan juga terkhusus yang ditujukan hanya untuk jenis pekerjaan dan juga posisi tertentu. Sedangkan pada cv hanya akan mencakup data secara umum. Maksudnya semua dari kegiatan dan juga pengalaman akademik serta non-akademik di lampirkan dalam cv.

Demikianlah artikel yang mengenai tentang Contoh Portofolio, semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel berikutnya yang tak kalah bermanfaat.

Baca Juga :

Baca Juga :  Lapisan-lapisan Tanah