Pengertian Filtrasi

Posted on

Pengertian Filtrasi – Halo sobat quora.co.id, Apa kabarnya ?, Pada materi kali ini kami akan mengulas mengenai Filtrasi dimana dalam hal ini Pengertian Filtrasi, Prinsip Kerja,Jenis dan Contoh Filtrasi. agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Filtrasi
Pengertian Filtrasi

Pengertian Filtrasi

Filtrasi adalah metode pemisahan fisik, yang digunakan untuk memisahkan cairan (larutan) dan padatan. Cairan yang telah melewati proses penyaringan / filtrasi disebut filtrat, sedangkan padatan yang terakumulasi dalam filter disebut residu. Meskipun ada kalanya residu adalah produk yang diinginkan.

Prinsip Kerja Filtrasi

Prinsip dasar filtrasi sangat sederhana, yaitu untuk menyaring molekul padat yang tercampur dalam larutan, oleh karena itu tingkat kemurnian filtrat yang diperoleh dari filtrasi ini tergantung pada kualitas serta ukuran pori-pori penyaring (filter) yang digunakan
Untuk metode penyaringan, di mana residu yang diinginkan (ampas) umumnya diperlukan oleh langkah pengeringan sehingga semua cairan yang tersisa di padatan menguap.

Jenis-Jenis Filtrasi

Filtrasi Umum

Filtrasi umum iaalah bentuk filtrasi yang sangat mendasar yang merupakan proses penyaringan yang menggunakan gravitasi untuk menyaring campuran. Cara penyaringan jenis ini bekerja adalah dengan menuangkan campuran dari atas ke dalam saringan dan dengan adanya gravitasi, cairan akan ditarik ke bawah. Dengan cara ini, padatan (residu) akan tertinggal di filter atau penyaringan.

Filtrasi Vakum

Metode yang digunakan untuk melakukan penyaringan jenis ini ialah menggunakan selang dan labu bucher yang kami gunakan untuk dapat menarik cairan isap di bawah vakum melalui filter(Saringan). Proses ini akan mempercepat pemisahan antara residu dan cairan. Metode ini sangat cocok bagi kita yang menginginkan hasil akhirnya dalam bentuk ampas atau residu. Cara ini menggunakan pompa untuk dapat membentuk perbedaan di kedua sisi filter atau saringan.

Filtrasi Panas

Penyaring atau filtrasi, larutan, corong dan filter tersebut akan dipanaskan untuk mengurangi pembentukan kristal selama proses penyaringan. Corong ini diisi dengan uap digunakan karena permukaan pertumbuhan kristal sangat terbatas.Jenis metode penyaringan ini digunakan ketika kristal menyumbat saluran untuk mencegah komponen kedua mengkristal dalam campuran.

Filtrasi Dingin

Jenis filtrasi ini dapat digunakan untuk mendinginkan larutan dengan cepat dan mendorong pembentukan kristal kecil. Metode ini digunakan ketika padatan awal kemudian dilarutkan. Biasanya ini dilakukan dengan menempatkan wadah dan larutan dalam bak es sebelum proses filtrasi atau penyaringan.

Contoh Filtrasi

Filtrasi sangat banyak kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, termasuk proses pembuatan santan atau membuat kopi. Untuk dapat memperoleh keduanya, Terlebih dahulu Anda harus  menyaring atau memfilter untuk dapat memisahkan bubur kelapa atau bubuk kopi dari santan atau kopi.

Baca Juga :  Arti Mimpi Sahur

Selain dua aktivitas ini, penyaringan juga terjadi di tubuh kita, khususnya di organ ginjal. Darah yang masuk ke ginjal akan disaring oleh glomerulus sehingga molekul-molekul penting dapat dipisahkan dari yang tidak penting bagi tubuh.

Hasil yang merupakan molekul penting untuk tubuh yang disaring akan diserap ke dalam tubuh, sedangkan yang tidak berguna bagi tubuh akan keluar melalui urin saat kita buang air kecil.
Contoh-contoh penyaringan lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Berbagai industri menggunakan metode atau penyaringan saat pertama kali menggunakan residu yang mereka hasilkan.
  2. Pembuatanan minuman jenis wine, anggur, dan minuman sesuai keinginan yang juga menggunakan metode ini atau sebelum penyulingan atau pemurnia.
  3. Filtrasi atau penyaringan pada debu AC yang juga masih menggunakan metode atau cara ini.

Cara memisahkan campuran dengan filtrasi atau penyaringan adalah proses teoretis dalam fisika yang akhirnya sulit digunakan untuk dipisahkan dari zat.

Dengan demikian, beberapa jenis metode penyaringan atau filtrasi yang ada dalam proses penyaringan lengkap dengan pengertian. Pada dasarnya, filtrasi atau penyaringan memiliki prinsip yang sangat sederhana untuk menyaring molekul padat yang dicampur dalam larutan.

Dengan cara ini, tingkat kemurnian filtrat yang akan diperoleh dari hasil Penyaringan sangat dipengaruhi oleh kualitas dan ukuran pori-pori penyaring atau media filter yang kita gunakan. Seperti yang kita semua tahu, proses penyaringan ini biasanya merupakan proses yang tidak sempurna karena terkadang cairan masih bisa tertinggal di media filter.

Jika hal ini terjadi ketika kita menginginkan ampas atau residu pada hasil akhir, kita harus melanjutkan proses pengeringan sehingga semua cairan yang ada dalam padatan menguap sempurna.

Biasanya, dalam situasi atau keadaan tertentu, ada cara atau metode pemisahan yang lebih baik daripada metode penyaringan atau filtrasi ini. Namun, ini hanya berlaku untuk jenis yang sangat kecil di mana sangat sulit untuk mengumpulkan filtrat karena media filter dapat menyerap terlalu banyak cairan.

Baca Juga :  Chairman Adalah

Gangguan atau Kendala lain yang mungkin ditemui selama proses penyaringan atau penyaringan adalah penyumbatan dalam filter atau penyaringan karena ada terlalu banyak bahan padat yang terperangkap di dalam media filter.

Selain filtrasi atau penyaringan, ada juga dua metode lain yang juga berguna untuk memisahkan padatan dan cairan dengan cara dekantasi dan sentrifugasi.

Demikianlah materi tentang Pengertian Filtrasi beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, jangan lupa untuk selalu mengujungi website ini untuk mendapatkan artikel – artikel menarik sobat sekalian.
Baca Juga :