Contoh Amalgamasi

Posted on

Contoh Amalgamasi – Sobat Quora.co.id pada kesempatan ini penulis berbgai artikel untuk sobat dengan pembahasan Contoh Amalgamasi meliputi Pengertian Amalgamasi Menurut Para Ahli, Pengertian Amalgamasi, Dampak Amalgamasi dan lengkap Contoh Amalgamasi. Langsung saja sobat simak pembahasannya berikut dibawah ini.

Contoh Amalgamasi
Contoh Amalgamasi

Pengertian Amalgamasi

Amalgamasi adalah sebuah fenomena sosial yang dapat meleburkan dua kelompok budaya untuk menjadi satu yang akan melahirkan sesuatu kebudayaan yang baru, serta akan melenyapkan konflik dengan permasalahan-permasalahan yang terdapat dalam kelompok tersebut. Misalnya, perkawinan pada suku Bali bersama suku Jawa.

Pengertian Amalgamasi Menurut Para Ahli

Tidak terdapat banyak ahli yang mengemukakan pengertian perihal amalgamasi, yang  di antaranya sebagai berikut:

  • Dwi Narwoko dan Bagong Suyanto

    Narwoko dan Suyanto mengemukakan bahwa amalgamasi adalah syarat dari interaksi sosial yang dapat menjadi solusi untuk meredam suatu pertentangan serta meredam perselisihan yang terjadi di dalam kelompok masyarakat.

  • Partanto dan M. Dahlan

    Pengertian amalgamasi daro pendapat partanto fan M.Dahlan secara sederhananya bahwa amalgamasi ialah suatu peroses pencampuran.

 

Dampak Positif Amalgamasi

Adapun beberapa dampak positif dari amalgamasi adalah sebagai berikut.

Meminimalisir terjadinya konflik

Contoh konflik sosial yang sangat rentan muncul pada kehidupan masyarakat ternyata ini dapat ditekan melalui amalgamasi. Oleh sebab itu, amalgamasi merupakan solusi sehingga akan menekan berbagai konflik yang muncul dalam lingkungan masyarakat dengan melalui percampuran atau dengan pembauran dua budaya yang awalnya berbeda itu.

Pertukaran kebudayaan

Setiap etnis tentu memiliki suatu kehidupan yang berbeda setiap satu dengan yang lainnya, baik ini dalam segi kehidupan, mauaun kepercayaan, aspek adat istiadat, dan lainnya yang dapat menciptakan pengalaman beragam dikehidupan. Adanya pernikahan campuran ini tentu akan menghasilkan berbagai penggabungan serta banyak pertukaran.

Lahirnya Inovasi Budaya

Munculnya inovasi budaya terlahir melalui amalgamasi yaitu pernikahan campuran antar ras atau antar etnik dari keturunan atau generasi serta budaya baru karena terdapar percampuran ras budaya dari pernikahan tersebut.
 

Dampak Negatif Amalgamasi

Sedangkan untuk pembahasan mengenai tentang Dampak Negatif Amalgamasi, dapat sobat simak berikut ini.

Tidak meratanya persebaran penduduk

Adanya rasa ingin meneruskan sesuatu oleh pelaku dari proses amalgamasi, dimana pelaku terdahulu selalu mengusahakan kerabat disekitarnya untuk dapat melakukan percampuran dari pernikahan persis seperti yang pernah ia lakukan bersama etnis yang sama dengan pasangannya. Inilah yang akan menyebabkan persebaran penduduk yang menjadi tidak sebanding pada antar daerah.

Lunturnya kebudayaan asli

Dalam suatu pernikahan campuran, pasti akan dapat terpengaruh dengan kebudayaan dari pasangannya ditambah tinggal di daerah pasangan yang berbeda etnis serta intens dengan kebudayaan yang lain tersebut. Hal ini yang akan menyebabkan secara berbagai tahapan dengan memudarkan ciri budaya aslinya dengan salah satu pasangannya.

Dominasi salah satu budaya

Dalam proses amalgamasi, dominasi dari salah satu budaya sering terjadi. Dominasi atas salah satu budaya pada amalgamasi ini tentunya dapat mengarah pada suatu kemunculan konflik yang telah disebabkan karena adanya dominasi tersebut. Misal dengan mendoktrin kebudayaan asli karena muncul tingkat nurani menjaga keaslian dari budayanya.
 

Contoh Amalgamasi

Berikut dibawah ini merupakan beberapa contoh dari amalgamasi, antara lain.

Pernikahan Etnis Jawa dengan Etnis Sunda

Pada masa lalu, etnis Jawa dengan etnis Sunda meruakan dua etnis yang tidak saling akur meskipun keduanya tinggal di Pulau Jawa. Dan dengan berjalannya waktu, semakin banyak dari etnis Jawa yang menikah dengan etnis Sunda serta sebaliknya. Yang membuat permasalahan di masa lalu perlahan terhapuskan.

Pernikahan antara Negro dan Kulit Putih

Pernikahan lain yang telah terjadi sebagai contoh amalgamasi ialah pernikahan antara negro dengan kulit putih. Pernikahan yang ini banyak ditemukan di Negara Amerika Serikat yang mempunyai banyak populasi negro dengan kulit putih. Dengan terjadinya pernikahan di antara negro dengan kulit putih, Amerika Serikat mulai perlahan-lahan menjadi negara yang sangat toleran.

Pernikahan Orang Indonesia dengan Orang Luar Negeri

Setiap negara sudah pasti memiliki budaya dengan nilai-nilai adat istiadat yang berbeda, mulai dari segi aspek bahasa, baik itu pola tingkah laku dan pola fikir, gaya hidup, serta gaya bicara, dan berbagai hal-hal lainnya yang terdapat di masing-masing negara.

Pernikahan yang terjadi dengan pasangan beda negara tentu akan menghadirkan suatu generasi baru dengan budaya baru yang sesuai dengan nilai-nilai serta budaya yang dibawa orangtuanya.

Pernikahan Beda Agama

Contoh amalgamasi yang akan terjadi dari pernikahan beda agama. Adanya suatu keragaman agama pada tempat yang dapat memunculkan terjadinya pernikahan dengan beda agama, meskipun apabila dibandingkan dengan jenis pernikahan lainnya, pernikahan beda agama terhitung jarang dilakukan.

Umumnya, setiap agama mempunyai prosesi pernikahan yang akan berbeda juga. Saat terjadi pernikahan beda agama yang dilangsungkan, biasanya dari pihak mempelai akan dapat menyepakati prosesi apa yang akan mereka laksanakan tanpa merugikan dari salah satu pihak.

Demikianlah pembahasan mengenai tentang Contoh Amalgamasi. Harapan penulis semoga artikel ini dapat memberikan dampak positif bermanfaat bagi banyak pihak serta dapat memberikan wawasan terpercaya untuk sobat semua.

Baca Juga :

Baca Juga :  Arti Mimpi Hamil