Jenis Daun

Posted on

Jenis Daun – Pada kesempatan ini penulis quora.co.id kembali membagikan sebuah artikel dengan membahas berbagai jenis daun yang meliputi Fungsi Daun, Pengertian Daun, Struktur Daun, Contoh Daun dan Jenis – Jenis Daun. Ini akan dibahas satu persatu secara detail pada artikel ini, untuk itu mari sobat kita simak artikel dibawah ini.

Jenis Daun
Jenis Daun

Pengertian Daun

Daun merupakan bagian pokok dari tumbuhan yang terletak diujung batang, dengan bentuk tipis melebar serta kaya akan zat klorofil, oleh sebab itu daun memiliki warna hijau. Sesuai dengan bentuk dari daun yang tipis dan melebar, warna hijau serta duduknya di ujung batang menghadap ke atas yang selaras dengan fungsi dari daun bagi tumbuhan, yaitu:

  1. Mengambil zat makanan yang disebut resorbsi
  2. Mengolah zat makanan yaitu asimilasi
  3. Penguapan air dengan transpirasi
  4. Pernafsan atau respirasi

Fungsi Daun

Berikut dibawah ini merupakan berbagai fungsi dari daun, antara lain.

Sebagai Alat Bantu Reproduksi Vegetatif

Reproduksi vegetatif merupakan cara reproduksi dari makhluk hidup secara aseksual atau tanpa adanya proses peleburan sel kelamin antara jantan dan betina. Proses ini yang dapat dilakukan secara alami serta buatan. Reproduksi vegetatif alami adalah proses reproduksi aseksual yang kemudian terjadi tanpa dari campur tangan pihak lain seperti manusia.

Posisi pembentukan

Fungsi daun sebagai tempat untuk dapat mengolah zat makanan yang dimiliki. Proses dari pengolahan inilah yang akan disebut dengan fotosintesis. Fotosintesis adalah sebuah proses biokimia dari pembentukan karbohidrat dengan bahan anorganik yang akan dilakukan oleh tumbuhan. Terutama pada tumbuhan yang telah mengandung zat hijau daun, yaitu klorofil.

Sebagai alat pernapasan

Fungsi daun yang cukup penting selanjutnya sebagai organ pernapasan dari tumbuhan. Daun mempunyai stomata yang memiliki fungsi sebagai bagian organ respirasi. Stoma atau bentuk jamaknya yaitu stomata, mengambil CO2 dari udara untuk dapat dijadikan bahan oleh fotosintesis, mengeluarkan O2 sebagai hasil dari fotosintesis.

Baca Juga :  Perkecambahan

Proses Gutasi

Guttasi mengacu pada proses ekskresi xilem dari tepi daun dengan tanaman vaskular lainnya karena akan meningkatnya kadar air yang ada di tanah pada malam hari, ketika stomata akan ditutup. Tekanan yang akan disebabkan pada hasil dengan akar dalam kebocoran air dari xilem serta kelenjar air khusus yang ada di tepi daun.

Struktur Daun

Adapun susunan atau struktur yang terdapat pada daun, antara lain.

Struktur Bagian Dalam Daun

Pada bagian dalam daun ini terbagi menjadi :

  • Epidermis

Epidermis berupa bagian satu lapis sel dengan dindingnya mengalami dari penebalan dari zat kutin (kutikula) atau kadang dari suatu lignin. Pada epidermis ini terdapat stomata (mulut daun) yang akan diapit oleh dua sel oleh penutup.

  • Jaringan Mesofil

Mesofil terdiri dari beberapa sel parenkim yang memiliki susunan renggang dengan banyak ruang dari antarsel. Pada kebanyakan daun yang merupakan tumbuhan dikotil, mesofil yang terdiferensiasi menjadi untuk parenkim palisade (jaringan tiang) serta parenkim spons (jaringan bunga karang).

  • Jaringan Pengangkut

Berkas pengangkut yang terdapat pada tulang dengan daun yang memiliki fungsi sebagai alat dari transpor dengan sebagai penguat daun.

  • Stomata

Stomata adalah sebuah media pertukaran gas dengan respirasi seluler pada suatu tanaman. Fungsi dari stomata adalah transpirasi. Transpirasi merupakan  proses penguapan air dari permukaan yang ada pada tanaman.

Struktur Bagian Luar Daun

Berikut merupakan sususan dari bagian luar daun, antara lain.

  • Pelepah daun

Pelepah daun adalah bagian pangkal yang terletak dibagian bawah daun yang membungkus batang, lazim yang  terdapat pada rumput-rumputan.

  • Tangkai daun

Tangkai daun merupakan salah satu bagian daun yang mendukung helaiannya serta bertugas untuk menempatkan dimana helaian daun tadi pada posisi yang sedemikian rupa hingga dapat untuk memperoleh cahaya matahari yang sebanyak-banyaknya.

  • Helai daun

Helaian daun (epipodium atau lamina) adalah lembaran yang di mana proses-proses fotosintesis yang terutama sedang berlangsung.

Jenis – Jenis Daun

Terdapat beberapa jenis daun yang dapat sobat ketahui, antara lain.

  • Daun Berduri

Daun duri mempunyai bentuk yang umum. Daun duri ini termasuk juga kedalam jenis dari spesies tanaman konifer yang tidak sama contoh pinus, pohon cemara, pohon laurel dan lain sebagainya.

  • Daun Sejajar

Daun sejajar dengan sebutan lain yaitu daun paralel. Daun paralel adalah daun yang memiliki bentuk tulang di dalam dengan garis berbentuk paralel. Di setiap bagian ujung tulang yaitu dari daun paralel yang menyatu. Daun ini dapat ditemukan pada salah satu tanaman jagung, rerumputan, daun tebu, daun padi yang ada pada daun kelapa.

  • Daun Melengkung

Daun melengkung adalah jenis daun mempunyai tulang daun yang memiliki bentuk seperti garis yang melengkung. Dapat kita yang dapat di jumpai daun seperti ini pada tumbuhan  misalnya pada daun gadung, daun sirih, serta daun genjer.

  • Daun Menyirip

Daun menyirip merupakan daun dengan bentuk tulang yang memiliki bulu seperti pada barisan ikan. Daun ini mempunyai bulu yang teratur dengan baik dari batang sampai ke ujung yang ekstremitas. Dapat kita temui jenis daun ini pada tanaman Kuweni, , daun jambu biji, buahan dengan bentuk  bintang, daun durian daun dari  jambu biji Dersono, daun dari kacang mede, daun mangga serta tulang dari daun rambutan.

  • Daun Menjari

Tanaman dengan daun menjari ini memiliki bentuk berukuran tulang daun yang besar serta bentuk jari-jari tangan, ada juga yang cukup mirip dengan bentuk tangan manusia. Jenis daun ini bisa ditemukan pada tumbuhan pepaya, kapas, singkong dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Perkecambahan

Contoh Daun

Untuk contoh daun akan penulis berikan berbagai macam daun yaitu :

Pohon Gandung (Melengkung)

Pohon Gandung
Pohon Gandung

Pohon Gadung ini masuk ke golongan jenis umbi-umbian, jenis ini kurang begitu di lirik. Tunas yang mereka hasilkan berupa umbi-umbian yang dapat dimakan tetapi beracun jika pengolahannya kurang tepat, sehingga akan menimbulkan efek muntah serta rasa pusing. Dengan ciri

  • Berwarna hijau.
  • Ditumbuhi duri-duri halus.
  • Daunnya berselang seling dan menjalar.

Pohon Kaktus (Berduri)

Pohon Kaktus
Pohon Kaktus

Kaktus adalah tumbuhan sukulen-sukulen yang dapat menyerap serta menyimpan air di dalam jumlah yang besar. Karena itu kaktus mampu hidup di daerah kering seperti di gurun pasir, kaktus memiliki daun yang dapat berubah untuk menjadi duri. Dan duri ini berfungsi untuk mengurangi penguapan air melalui daun. Yang mempunyai ciri :

  • Memliki duri.
  • Berwarna hijau muda dan juga hijau tua.
  • Memiliki daun misalnya bentuk bantalan.
  • Menghasilkan bunga-bunga berbentuk oval dan berwarna kuning.

Pohon Singkong (Menjari)

Pohon Singkong
Pohon Singkong

Daun pada tanaman singkong termasuk daun yang memiliki perkumpulan dan tersebar, memiliki beberapa cabang atas setiap batang. Maka dari itu akan ada jari-jari yang merupakan cabang dari berbagai disebut daun. Dengan ciri :

  • Melebar serta memanjang layaknya seperti jari jemari.
  • Memiliki bagian atau struktur dari tulang.
  • Tangkai yang memiliki ukuran kecil serta bercabang.

Pohon Pandan (Sejajar)

Pohon Pandan
Pohon Pandan

Tumbuhan pandan adalah salah satu tumbuhan yang mampu untuk mengeluarkan aroma dengan wangi pada setiap daunnya, pohon pandan sendiri sangat mudah untuk sobat jumpai. Karena tanaman pandan ini sering tumbuh dekat dipekarangan rumah, halaman liar, serta dapat juga tumbuh didekat selokan. Daun pandan yang biasanya akan digunakan untuk dapat memberi khas aroma wangi di setiap makanan salah satunya pada proses pembuatan berbagai kue dan juga untuk memasak nasi. ciri sebagai berikut :

  • Memiliki warna hijau.
  • Daun yang mempunyai susunan rapat dan berurutan.
  • Memiliki akar yang cukup tunggang dan besar.
  • Panjang daun yang mencapai 60 cm.
Baca Juga :  Perkecambahan

Pohon Jambu (Menyirip)

Pohon Jambu
Pohon Jambu

Ada banyak jenis dari pohon jambu yang ada pada setiap benua atau negara, hanya saja pada kawasan Indonesia kebanyakan yang dapat untuk kita jumpai adalah jambu biji serta jambu air. Daun jambu ini sendiri memiliki nama daun menyirip, karena itu daunnya sama persis menyerupai sirip para ikan. Dengan ciri-ciri :

  • Memiliki bentuk akar yang tunggang.
  • Memiliki berbagai cabang dari akar yang kecil.
  • Memiliki batang berukuran yang besar.
  • Daun memiliki bentuk jorong.

Demikianlah artikel dengan pembahasan tentang Jenis Daun, terima kasih untuk sobat yang telah membaca artikel ini sampai akhir semoga dapat menambah wawasan serta dan memberikan manfaat bagi sobat semua.

Baca Juga :