Dataran Rendah

Posted on

Dataran Rendah – Kembali lagi penulis dari quora.co.id hadir dengan membagikan sebuah artikel, kali ini akan membahas tentang Dataran Rendah yang materinya meliputi Pengertian Dataran Rendah, Manfaat Dataran Rendah, Ciri– Ciri Dataran Rendah, Tumbuhan Yang Cocok Pada Dataran Rendah, Jenis– Jenis Dataran Rendah dan Contoh Dataran Rendah di Indonesia. Untuk pembahasan terlengkapnya dapat sobat simak artikel berikut dibawah ini.

Dataran Rendah
Dataran Rendah

Pengertian Dataran Rendah

Dataran Rendah adalah salah satu jenis dari daratan pada sebuah permukaan bumi yang merupakan hamparan yang luas tanah dengan tingginya kurang dari 200 m dari atas permukaan laut. Istilah ini kemudian diterapkan pada kawasan yang bukan dataran tinggi.

Suhu udara pada dataran rendah ini umumnya berkisar antara 23 derajat celcius hingga 28 derajat celcius. Suhu yang ada pada daerah dataran rendah tidak terlalu dingin seperti di dataran tinggi, namun tidak terlalu panas.

Ciri– Ciri Dataran Rendah

Berikut dibawah ini merupakan ciri ciri dari dataran rendah, antara lain.

  • Tanahnya relatif datar, mempunyai ketinggian kurang dari 200 meter pada permukaan laut.
  • Tanah umumnya ditemukan disekitaran pantai, namun ada yang ditemukan di daerah yang merupakan pedalaman.
  • Terjadi akibat dari proses sedimentasi. Di Indonesia sendiri yang merupakan dataran rendah terjadi akibat adanya sedimentasi sungai.
  • Tanahnya yang lebih subur serta banyak ditempati oleh penduduk apabila dibandingkan dengan daerah yang disebut pegunungan.
  • Mempunyai tekanan udara tinggi daripada daerah yang merupakan pegunungan.
Baca Juga :  Dataran Tinggi

Manfaat Dataran Rendah

Dataran rendah mempunyai  banyak sekali manfaat untuk masyarakat di sekitarnya, berikut merupkan manfaat dataran rendah.

  1. Digunakan sebagai pemukiman penduduk.
  2. Digunakan sebagai lahan bertani.
  3. Digunakan sebagai lahan perkebunan.
  4. Digunakan untuk membangun kehutanan yang akan menjadi tempat berkumpulnya berbagai tumbuh-tumbuhan serta pohon liar yang memiliki guna untuk dapat mencegah erosi yang ada pada tanah.
  5. Digunakan untuk dapat menjadi tempat dari peternakan.

Jenis– Jenis Dataran Rendah

Adapun berbagai jenis dari dataran rendah adalah sebagai berikut dibawah ini.

  • Lava Plains

Dataran rendah yang terbentuk ini karena endapan lava yang ada pada daerah yang datar serta luas.

  • Lake Plains

Dataran rendah yang terbentuk dari hasil proses endapan danau yang telah lama mengering.

  • Tanah Loss

Dataran rendah yang terbentuk dari hasil endapan yang terjadi pada tanah halus karena akibat dari proses deflasi (pengendapan angin).

  • Coastal Plains

Dataran rendah ini terbentuk dari pantai yang diakibatkan oleh adanya lapisan-lapisan tanah yang mulanya ada di bawah permukaan laut, lalu terangkat ke atas permukaan laut serta kemudian menjadi daratan.

  • Interior Plains

Dataran rendah yang awalnya ada di bawah permukaan laut yang akhirnya menjadi tampak copipaste dari fuat cepat yang ada di atas permukaan laut.

  • Kipas Aluvial

Dataran rendah ini yang terbentuk dari hasil endapan material yang merupakan batuan serta tanah oleh aliran air (sungai) yang masij mengalir ke daerah yang merupakan daerah lebih rendah.

  • Dataran Banjir

Dataran rendah yang kemudian terbentuk dari material-material yang akan dibawa air sungai pada waktu saat banjir, setelah surut maka membentuk dataran banjir yang lebih subur.

  • Delta Plains

Dataran rendah yang mulai terbentuk dari hasil endapan material berupa batuan maupun tanah yang telah membentuk pulau-pulau kecil pada daerah muara sungai.

  • Glacial Drift

Dataran rendah yang terbentuk ini merupakan hasil dari endapan sungai es atau glacial pada wilayah yang sangat luas.

  • Outwash Plains

Dataran rendah yang mungkin terbentuk dari berbagai hasil endapan-endapan material hulu  yang di karenakan pengaruh aliran es yang sempat mencair.

Baca Juga :  Konsep Esensial Geografi

Tumbuhan Yang Cocok Pada Dataran Rendah

Sedangkan tumbuhan yang cocok ada di dataran rendah adalah sebagai berikut.

Padi

Padi adalah jenis tanaman yang hanya dapat hidup di dataran yang rendah. Tanaman ini hidup apabila suhunya dapat mencapai 36 derajat celcius. Tetapi akan sangat baik apbila suhunya berkisar 30-an derajat celcius serta tingkat curah hujan yang terhitung sedang.

Pisang

Buah ini dapat selalu berbuah sepanjang tahun, sehingga jika tanaman ini akan tumbuh dengan baik serta dirawat di dataran rendah maka akan selalu menghasilkan buah yang bagus.

Kelapa

Kelapa sering ditemukan di daerah dataran rendah, khususnya yang ada di pesisir pantai. Tanaman kelapa ini dapat berfungsi sebagai penghalau dari angin yang menuju pada arah daratan. Tidak hanya dengan itu, tanaman kelapa ini dapat mencegah terjadinya proses abrasi.

Jagung

Tanaman jagung juga dapat hidup dengan baik saat di dataran rendah karena juga membutuhkan suhu yang sangat tinggi.

Singkong

Tanaman singkong merupakan salah satu tanaman yang sangat mudah tumbuh, penanaman dari singkong sendiri juga bisa dengan tanpa digali.

Contoh Dataran Rendah di Indonesia

Berikut dibawah ini merupakan daftar dataran rendah yang ada di Indonesia antara lain

  1. Dataran Rendah Semarang

Dataran rendah yang terletak di ibu kota provinsi Jawa Tengah dengan nama “Kota Bawah”. Dataran ini mempunyai ketinggian sekitar 0-3,5 meter diatas permukaan laut serta berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Dengan lebar 4 km serta kemiringan sekitar 0-2 persen.

Siklus pergantian musim yang ada di wilayah ini sama dengan dataran rendah lainnya, yaitu 6 bulan sekali. Curah hujan ini berbeda-beda dengan rata-rata 2215 mm – 2183 mm. Dan suhu dari udaranya berkisar antara 25,8 derajat sampai dengan 29,3 derajat Celcius.

  1. Dataran Rendah Surakarta

Dataran rendah satu ini terletak di daerah provinsi Jawa Tengah, dengan ketinggian yang mencapai 95-105 meter diatas permukaan laut. Dataran ini diapit tiga gunung ada Gunung Merapi, Gunung Merbabu, serta ada Gunung Lawu.

Baca Juga :  Dataran Tinggi

Dataran surakarta yang dapat dilewati oleh aliran sungai, sungai ini bernama bengawan solo, sehingga mengandung kadar tanah yang subur. Tanahnya mempunyai komposisi kadar mineral yang cukup tinggi.

Dataran rendah di Surakarta ini beriklim muson tropis, dengan curah hujan mencapai 2200 mm hujan tinggi di bulan desember sampai februari. Temperatur udara yang rendah berkisar 21 – 32,5 derajat Celcius.

  1. Dataran Rendah Madiun

Berada dikota Madiun tepat di Jawa Timur. Dataran ini kemudian terletak di ketinggian antara 63 sampai dengan 67 meter atas permukaan air laut. Suhu udaranya yang berkisar antara 20 derajat hingga 35 derajat celcius. Umumnya di akhir serta awal tahun curah hujan yang tinggi, serta baru akan mulai turun di pertengahan tahun.

  1. Dataran Rendah Palembang

Palembang merupakan dataran rendah dengan mempunyai ketinggian rata-rata sekita 0-2o meter diukur diatas permukaan laut. Tanahnya yang berawa sehingga akan selalu tergenang saat musim hujan datang. Dataran ini juga mempunyai beragam jenis tanah yang diantaranya adalah tanah aluvial, tanah liat serta ada juga tanah pasir.

Curah hujan diukur pertahunnya berkisar 2000 mm sampai dengan 3000 mm. Sedangkan pada temperatur udaranya berkisar antara 23,4 sampai dengan 31,7 derajat Celcius.

Demikianlah artikel dengan pembahasan tentang Dataran Rendah. Semoga dapat memberikan manfaat untuk sobat semua. Sekian artikel kali ini sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :