Alat Musik Ritmis

Posted on

Alat Musik Ritmis – Kalian tahu ada berbagai jenis alat musik yang ada di dunia, dan salah satunya adalah alat musik ritmis. Jadi pada kesempatan ini quora.co.id kembali dengan membagikan sebuah artikel mengenai tentang Alat Musik Ritmis dengan membahas Pengertian Alat Musik Ritmis, Fungsi alat musik ritmis, Contoh Alat Musik Ritmis dan Gambarnya dan Daftar Alat Musik Ritmis. Untuk pembahasan terlengkapnya mari sobat simak artikel dibawah ini.

Alat Musik Ritmis
Alat Musik Ritmis

Pengertian Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis adalah jenis alat musik yang tidak mampu membunyikan nada-nada yang tertentu, dengan hanya dimainkan sebagai berbagai pengiring irama serta untuk pengatur tempo lagu.

Fungsi alat musik ritmis

Fungsi dari alat musik ritmis berupa hal kegunaan dalam suatu alunan senandung nada didalam lagu. Secara garis besar alat musik ritmis berfungsi sebagai pengiring sebuah lagu.

Untuk singkatnya berikut beberapa poin mengenai fungsi dari alat musik ritmis, antara lain.

  • Sebagai Koreografi
  • Untuk Mengiringi Lagu dengan Melodi Tertentu
  • Untuk Harmonisasi pada Musik yang Indah untuk Didengar
  • Sebagai Patokan untuk dapat Masuk ke Dalam Bagian dari Lagu Tertentu
  • Mengatur Jalannya dari Irama di Dalam Bermusik
  • Berfungsi untuk Mengatur Tempo dari Sebuah Musik
  • Berfungsi Sebagai sebuah Pengarah Irama serta Nada dan Lagu

Daftar Alat Musik Ritmis

Setelah memahami pengertian serta fungsinya diatas selanjutnya adalah contoh alat musik ritmis yang biasa digunakan dalam sebuah acara untuk mengiringi tarian diantaranya sebagai berikut :

  1. Gendang
  2. Tifa
  3. Tamborin
  4. Rebana
  5. Kastanyet
  6. Konga
  7. Marakas
  8. Simbal tangan / piring
  9. Triangle
  10. Drum
  11. Timpani
  12. Tambo
  13. Bende
  14. Doll
  15. Gong
  16. Saron
Baca Juga :  Gerak Tari

Contoh Alat Musik Ritmis dan Gambarnya

Berikut merupakan beberapa penjelasan dari contoh alat musik ritmis beserta lengkap beserta gambarnya.

Gendang

Terbuat dari kayu yang telah dilubangi pada bagian tengahnya sehingga berongga dengan ditutup oleh kulit sapi, sering juga disebut berupa kendang atau kendhang dengan jenis alat musik ritmis yang berasal asli dari Indonesia yang sangat terkenal dimana cara memainkannya adalah dengan dipukul menggunakan tangan.

Tifa

Tifa adalah sebuah alat musik tradisional dari Papua merupakan jenis dari alat musik yang berirama. Berdasarkan dari cara memainkanya, bentuk serta bahan pembuatannya, Tifa ini sering dimainkan pada saat melakukan upacara tradisional atau pada saat pesta tradisional di Papua.

Tamborin

Tamborin adalah sebuah instrumen alat ritmis tradisional yang bisa menghasilkan 2 suara ketika dimainkan. Bunyi pertama adalah dengan bunyi denting dari tabrakan antara logam di samping, sedangkan dari bunyi kedua adalah dengan bunyi tawon dari bagian para membran.

Rebana

Instrumen berupa turunan yang berasal dari budaya Melayu. Dengan mempunyai permukaan bundar mirip drum, namun jauh lebih tipis serta rata. Dipukul dengan menggunakan tangan untuk memainkan rebana.

Kastanyet

Kastanyet mempunyai banyak kegunaan dengan cara memainkan jenis alat musik ini dengan squash atau dapat bertarung antara satu sisi dengan satu bagian tangan. Bentuknya seperti sebuah kerang, menciptakan banyak alat musik yang mengartikan orang mainan.

Konga

Alat musik Konga ini merupakan jenis alat musik ritmik yang muncul dan berasal dari luar Indonesia, yaitu Negara Afrika. Selain sebutan konga di beberapa daerah lain, konga dikenal dengan sebutan Tumbadora. Tumbler atau lebih dikenal konga adalah alat musik yang selalu mengalami perubahan dari segi materi serta bentuk dengan seiring berjalan waktu.

Baca Juga :  Arti Mimpi Tentang Tamu

Marakas

Alat musik ini umumnya dimainkan dengan beberapa alat lainnya yang sering dimainkan oleh anak-anak kecil ketika menambahkan nasi dalam sebuah botol kosong untuk dapat menghasilkan suara yang sama dengan maracas dengan diisi biji-bijian.

Simbal tangan / Piring

Simbal mempunyai bentuk cakram yang datar dengan ukuran diameter berbeda serta mampu untuk menghasilkan suara yang amat keras, terutama pada saat mereka mulai saling mengeluh. Simbal ini mempunyai beberapa jenis, misalnya dengan simbal tangan serta simbal yang ada di dalam baterai.

Triangle

Triangle ini alat musik berbentuk segitiga yang penggunaannya lebih berirama di bandigakan dengan melodik. Triangle juga sering digunakan apabila grup musik akan mengiringi lagu. Posisi dari segitiga digunakan sebagai alat pengatur tempo.

Drum

Drum merupakan sebuah alat musik dengan cara dipukul. Drum ini awalnya terbuat dari kulit yang direntangkan di suatu penyangga. Memainkannya drum dengan cara dipukul ini menggunakan satu atau kedua tangan dan dapat juga menggunakan stick drum.

Timpani

Timpani merupakan sebuah alat musik ritmis dengan cara memainkannya dipukul bersama mallet timpani. Mallet timpani ini terbuat dari bahan kayu berdiameter kurang lebih 2 cm.

Tambo

Alat musik tambo berasal dari Aceh. Tambo ini sendiri merupakan alat musik yang dibuat dari batang iboh, rotan dan juga menggunakan kulit hewan sapi. Fungsi dari tambo sekarang ini telah tergantikan oleh  mikrofon yang mempunyai jangkauan yang lebih luas.

Bende

Alat Musik Bende merupakan alat musik daerah Lampung yang mempunyai jenis suara yaitu Ideofon. Bende atau disebut canang adalah semacam gong kecil yang bisa ditemukan di setiap hampir seluruh kepulauan yang ada di Nusantara.

Secara visual alat dari musik bende sama dengan alat musik berupa aramba, cara membedakan keduanya dengan melihat ukurannya serta warna yang mereka gunakan.

Baca Juga :  Contoh Susunan Acara

Doll

Doll adalah salah satu jenis alat musik dengan membranfon yang cara menggunakannya mempunyao tiga teknik seperti Suwena yang umum dimainkan ketika suasana yang berduka dengan cara tempo yang lambat.

Gong

Gong adalah sebuah alat musik yang memiliki sifat ritmis, maksudnya mengiringi sebuah alat musik seperti pada alat musik melodis.

Alat musik Gong ini umumnya dibuat dengan bahan logam, seperti perunggu, besi, kuningan dan bahkan perak atau juga mas pun dapat di bentuk menjadi sebuah Gong.

Saron

Saron atau sering disebut ricik adalah salah satu jenis instrumen dari gamelan yang merupakan termasuk keluarga dari balungan.

Saron sendiri menghasilkan nada dengan satu oktaf lebih tinggi di banding demung, dengan mempunyai ukuran fisik yang dianggap lebih kecil. Tabuh dari saron umumnya terbuat dari bahan kayu, dengan mulai bentuk seperti sebuah palu.

Demikianlah artikel mengenai tentang Alat Musik Ritmis yang dapat sobat pahami dan semoga dari pembahasan dan pemahaman yang sobat peroleh dapat memberi banyak manfaat bagi kita semua.

Baca Juga :