Sandi Kotak

Posted on

Sandi Kotak – Halo sobat sekalian kembali lagi penulis tentunya untuk berbagi artikel terbaru lagi. Pada kesempatan kesekian kalinya ini Quora.co.id akan berbagi artikel dengan tema Sandi Kotak dengan bahasan Asal Usul Sandi, Fungsi Sandi, Macam-Macam Sandi Pramuka dan Sandi Kotak pada artikel sebelumnya kita telah mengulas mengenai sandi rumput . Untuk pembahasan selengkapnya sobat dapat simak artikel berikut ini.

Sandi Kotak
Sandi Kotak

Asal Usul Sandi

Sejak tahun 3000 SM masa kerajaan Babilonia, para arkeolog telah menemukan tulisan cuneiform. Tulisan ini berupa kode rahasia yang ditulis di kepala seorang budak botak karena dicukur. Jika rambut tumbuh barulah kemudian pesan disampaikan kepada penerima.

Sesampainya ditempat penerima rambut budak ini akan kembali dicukur untuk melihat pesan yang dikirim oleh pengirim pesan. Meski rumit metode ini terbilang berhasil.

Seorang kaisar dengan nama Julius Caesar membuat sebuah sandi dengan cara sistem sebuah loncatan dalam huruf romawi. Contoh jika ia menuliskan huruf A maka menjadi F, dari A loncat ke lima huruf yang menjadi F dan seterusnya.

Sampai saat ini masih digunakan sebagai pengatar pesan rahasia.

Fungsi Sandi

Berfungsi supaya setiap pesan rahasia yang ingin disampaikan aman terkendali, seperti dalam kegiatan kepramukaan dalam hikeing, camping, kemah dan lain sebagainya.

Sandi Kotak

Sandi kotak sendiri terbagi menjadi 3 jenis yang dapat sobat pahami, antara lain sebagai berikut.

Sandi Kotak 1

Sandi Kotak 1
Sandi Kotak 1

 

Dinamakan sandi kotak sebab huruf-huruf kode terdapat dalam suatu kotak yang berbentuk menyilang  serta verttikal horizontal dengan berjumlah  sembilan kotak. Huruf a – r berada di dalam kotak vertikal horizontal tersusun menyamping di mulai dari kotak 1 ab, 2 cd, 3 ef, 4 gh, 5 ij, 6 kl, 7 mn, 8 op, 9 qr. Sedangkan st, uv, wx, dan yz ada di kotak dengan bentuk yang menyilang.

Baca Juga :  Peran Indonesia Dalam Hubungan Internasional

Masing-masing huruf dalam kotak vertikal horizontal ini terdiri dari dua jenis huruf. Yang membedakan terletak pada sebuah titik yang dapat menyertai huruf kedua dari seluruh kotak.

Sandi Kotak 2

Sandi Kotak 2
Sandi Kotak 2

Rumus dari jenis sandi kotak 2 tidak jauh berbeda dengan jenis rumus sandi kotak 1. Bedanya terletak pada jenis huruf didalam kotak menjadi 3 jenis yang hanya menggunakan kotak vertikal horizontal.

Abc, def, ghi, jkl, mno, pqr, stu, vwx, yz. Huruf pertama tanpa titik, huruf kedua titik satu dan yang ketika titik 2.

Sandi Kotak 3

Sandi Kotak 3
Sandi Kotak 3

Apabila diuraikan bentuk dari sandi kotak ini merupakan perpaduan yang terjadi antara kotak vertikal horizontal serta kotak yang memiliki bentuk persegi empat yaitu belah ketupat sebagai tempat setiap huruf alfabetnya menyebar.

Macam-Macam Sandi Pramuka

Berikut merupakan beberapa jenis sandi dalam pramuka yang dapat sobat pelajari, antara lain.

Sandi Sungai

Sandi Sungai
Sandi Sungai

Sandi yang satu ini hampir mirip dengan sandi merah putih. Dengan cara membuka satu kolom yang dari 8 kolom dan juga 5 baris. Dan kemudian menjadikan kata “sungai” menjadi prinsip atau patokannya. Digunakan dengan cara letakkan kata sungai tepat di atas kolom kemudian tambahkan abjad yang mulai dari kanan menuju ke bawah. Tidak lagi menambah huruf yang ada pada kata “sungai”.

Sandi Sisipan atau Sandi AND

Sandi Sisipan
Sandi Sisipan

Digunakan dengan menghapus kata “and”. Kata “and” harus selalu dihilangkan. Contohnya “cara aku tinggal di sini” dapat dirancang menjadi “canda randa andk uand tand ingand galand dandi sandi nandi”.

Sandi Panas dan Dingin

Sandi panas dingin ini hanya bisa dilihat menggunakan berbagai bahan-bahan tertentu. Seperti dapat membuat tulisan menggunakan air perasan dari jeruk nipis serta api. Sediakan sebuah kertas, lalu kemudian tuliskan kata di atas sebuah kertas tersebut dengan menggunakan air jerus nipis.

Sandi Napoleon

Sandi Napoleon
Sandi Napoleon

Dibuat dengan menjumlah semua hurup dibagi dan kemudian penulisannya dibalik.

Contoh kalimat “Dia seorang penggalang”, Jumlah dari huruf dalam kalimat adalah 20. Dapat dibagi menjadi 2,3 atau 4. Contoh jika dibagi 2 menjadi 10 huruf dalam satu baris.

Baca Juga :  Nilai Praksis Pancasila

Pertama tulis “dia seorang” tanpa diberi spasi. Untuk kata penggalang ditulis “gnalaggnep”. Kata penggalang letakkan pada kalimat kedua tanpa spasi.

Sandi Jam

Sandi Jam
Sandi Jam

Sandi dari jam yang termasuk sandi mudah namun rumit untuk dapat ditulis. Pertama-taman harus mematok jam berapa sebagai patokan. Misal jam 08.00 dianggap patokan. Maka jam 08.00 berfungsi sebagai huruf A. Cukup menambah kelang lima menit pada jam untuk huruf selanjutnya  Misal huruf B berfungsi sebagai 08.05 dan seterunya.

Sandi Ular

Sandi Ular
Sandi Ular

Sandi yang diaplikasikan tanpa menerapkan kunci khusus. Cukup dengan menjumlahkan kalimat yang di tulis lalu kemudian urutkan dengan cara baris berbaris. Contohnya dalam menuliskan kalimat “pelajari yang ada”. Bentuk menjadi 3 baris dari atas menuju ke bawah.

Sandi Angka

Sandi Angka
Sandi Angka

Karena huruf alfabet berjumlah 26 huruf, maka hanya 26 angka yang digunakan. Contoh  A menjadi nomor 1, huruf B mennjadi nomor 2, sampai z.

Contoh “aji” mejadi “1109”.

Sandi Barang

Sandi Barang
Sandi Barang

Dengan menggunkan sebuah barang untuk menjadi kode,contoh menulis kata “aku”.

dapat menggambar apel untuk huruf A, gambar kelinci untuk huruf K, dan aplikasi gambar unta untuk huruf u. Termasuk jenis sandi yang rumit untuk dipecahkan.

Sandi Cina

Sandi Cina
Sandi Cina

Sejatinya bukan benar huruf cina yang digunakan dalam sandi cina, tetapi hanya miripi huruf cina. Sandi ini yang diperluan kunci berupa sebuah gambar huruf seperti mirip dengan huruf cina. Seperti huruf a, yang dapat menggambar bentuk dua garis melengkung beserta garis lurus yang ada di tengahnya.

Sandi Helen Keller

Sandi Helen Keller
Sandi Helen Keller

Sandi merupakan sandi yang digunakan tuna rungu serta tuna wicara serta dalam kegiatan pramuka. Dengan aplikasi gerak tangan, contoh  jika membuat huruf A, maka harus mengangkat jari jempol tangan anda.

Sandi Semaphore

Sandi Semaphore
Sandi Semaphore

Sandi semaphore adalah sandi dalam kegiatan pramuka dengan yang aplikasinya menggunakan bendera, ranting pohon atau tangan kosong untuk membuat sebuah kalimat. Ukuran bendera 45cmx45cm dengan warna kuning dan merah.

Baca Juga :  Integritas Nasional

Sandi Gambar

Sandi Gambar
Sandi Gambar

Apabila menggunakan aplikasi sandi gambar, perlu membuat serta menghapal secara langsung gambar yang akan dibuat. Misal membuat huruf A dengan gambar anggur atau huruf b menggunakan gambar dari burung. Pastikan penerima pesan paham dengan kode yang kamu berikan.

Sandi Morse

Sandi Morse
Sandi Morse

Pencipta sandi morse adalah Samuel Finely Breese Morse, seorang dari berkebangsaan Amerika. Sandi yang terdiri dari berbagai kumpulan titik-titik serta garis yang dapat membuat sebuah kalimat. Sandi morse ialah sebuah sandi yang menggunakan huruf morse yang banyak memakai metode mulai dari sebuah peluit, asap, lampu, serta menggunakan telegraf hingga radio.

Sandi Kimia

Sandi Kimia
Sandi Kimia

Sandi dengan rumus kimia seperti unsur H20, CO2,H2, O2, KOH,NACI. Dalam sandi kimia huruf hidup huruf vokal yaitu AIUEO menggunakan tanda titik sebagia penanda. Sendangkan pada huruf mati atau konsonan menggunakan sebuah garis.

Sandi Abjad / Sandi Balik

Sandi Abjad
Sandi Abjad

Sandi abjad atau disebut sandi balik yang dirumuskan dengan membalikkan abjad a,b,c,d,e, menjadi z,y,x,w,v. Penggunaan yang cukup mudah. Dengan cara mensejajarkan abjad depan dengan yang belakang.

Sandi Merah Putih / Sandi Koordinat

Sandi Merah Putih
Sandi Merah Putih

Sandi yang dibuat melalui cara menjadikan kata “merah putih” sebagai patokan rumus dalam suatu kotak. Pertama tulis kata merah dengan kotak bagian horizontal dan kata putih pada bagian kotak vertikal. Contoh apabila menuliskan kata penggalang. Maka p pada garis i kolom m kemudian  menjadi IM. Huruf E yang diwakili garis P kolom H maka akan menjadi PH. N yang diwakili garis T kolom A menjadi  kata TA. Huruf G yang diwakili dengan garis U kolom E akan menjadi UE. Huruf A pada garis P kolom M menjadi perpaduan PA. Huruf L yang diwakili sebuah garis T kolom E yang menjadi TE.

Kemudian jadi kata “PENGGALANG” apabila dalam rumus menjadi “IM, PH, TA, UE, UE, PA, TE, TA, UE.”

Demikian artikel mengenai Sandi Kotak, semoga mudah untuk sobat pahami dan membantu sobat menguasai materi sandi ini. Sekian artikel pada kesempatan kali ini sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :