Sandi Rumput

Posted on

Sandi Rumput – Bagi anak pramuka tentu berbagai sandi sebagai media komunikasi mereka sudah tidak asing lagi, salah satunya ialah sandi rumput. Pada kesempatan ini quora.co.id akan membagikan artikel mengenai tentang Sandi Rumput yang membahas Pengertian Sandi Rumput, Manfaat Sandi Rumput, Cara Membaca dan Membuat Sandi Rumput, Cara Mudah Menghafal, Rumus Sandi Rumput dan Sandi Sandi Lain yang Mirip Sandi Rumput. Dan untuk pembahasan lengkapnya sobat semua dapat menyimak artikel berikut ini.

Sandi Rumput
Sandi Rumput

Pengertian Sandi Rumput

Sandi Rumput ialah salah satu sistem representasi dari huruf, angka serta tanda baca yang disusun dengan didasari sebuah prinsip yaitu Kode Morse. Perbedaan di antara keduanya yaitu terletak pada cara penulisan saja, seperti titik atau garis dalam kode morse yang diganti dengan tanaman rumput kecil serta besar.

Manfaat Sandi Rumput

Manfaat sandi morse dalam kehidupan dapat digunakan untuk:

  • Sarana Komunikasi

    Dalam situasi tertentu ada komunikasi yang tidak dapat disampaikan lewat suara, namun disampaikan dalam bentuk isyarat sebagai bentuk menjaga keamanan.

  • Memberikan Pesan Rahasia Dengan Kode Tertentu

    Karena tidak semua orang paham akan kode sandi, dan kode sandi dapat dibuat dan dimengerti sesama mereka. Ini dapat menjadi salah satu jalan untuk aman menyimpan rahasia.

  • Digunakan Dalam Telegraf

    Pada awalnya sandi morse diciptakan dalam perkembangan sistem telegraf. Tetapi hingga sekarang sandi eksis dalam kehidupan terutama dalam organisasi pramuka.

  • Digunakan Dalam Kegiatan Pramuka

    Tentu dalam kepramukaan tidak asing lagi dengan sandi morse karena memang menjadi salah satu sandi yang dipelajari serta digunakan oleh anak organisasi pramuka.

Cara Membaca dan Membuat Sandi Rumput

Sandi ini berupa kombinasi garis pendek serta garis tinggi. Garis-garis yang kemudian disusun dengan sedemikian rupa sehingga apabila dilihat sekilas tentu mirip seperti berbagai rerumputan yang kemudian berjejer. berikut di bawah ini contoh sandi rumput.

Garis pendek serta garis tinggi yang ada pada gambar melambangkan sebuah titik dengan strip kode morse.

Titik serta strip inilah yang kemudian dapat dibaca dengan menggunakan kode morse. Manfaat yang memisahkan antar huruf ini dipergunakan melalui tanda pemisah seperti pada garis mendatar.

Kemudian setelah baris yang pertama selesai, coba untuk mulai mengerjakan (memecahkan) baris ke-2 dan selanjutnya ke-3 seperti contoh di atas.

Berikut adalah sandi-sandi yang dimaksud mirip dengan sandi rumput ;

  • Sandi Air
  • Sandi Gergaji
  • Sandi Gedung Bertingkat
  • Sandi Awan
  • Sandi Ombak

Mengerjakan kelima sandi tersebut sama dengan sandi rumput.

Contohnya: jika huruf “A” itu morse diubah menjadi “titik strip” maka kemudian dalam sandi rumput menjadi satu rumput pendek serta satu rumput tinggi dan lanjut seterusnya.

Rumus Sandi Rumput

Berikut merupakan daftar dari rumus sandi rumput yang dapat dipelajar, pahami dan dihafal.

Cara Mudah Menghafal

Cara menghafal sandi rumput dapat dilakukan dengan mudah dengan mudah, melalui dua metode berikut ini.

Morse

Apabila kalian telah lebih dulu mengenal Morse, akan lebih mudah untuk kalian dalam menghafal rumus sandi rumput, jika di dalam morse yang di hafal tentunya dengan menggunakan tanda titik (.) dan juga menggunakan tanda strip (-), berbeda dengan sandi rumput media kode yang digunakan dalam sandi rumput dengan mengganti tanda titik menjadi rumput pendek dan mengganti tanda strip menjadi rumput tinggi dan panjang.

Menghafal Kata

Terdapat 26 kata untuk dihafalkan sebagai bagian dari yang di ajarkan dalam pramuka, berikut ini.

A: ANO J: JAGOLORO S: SAHARA
B: BONAPARTE K: KOMANDO T: TON
C: COBA-COBA L: LIMONADE U: UNESCO
D: DOMINAN M: MOTOR V: VERSIKARO
E: EGG N: NOTES W: WINOTO
F: FATERJONAN O: OMONO X: YOSIMONO
G: GOLONGAN P: PERTOLONGAN Y: XOSENDERO
H: HIMALAYA Q: QONOKARO Z: ZOROASTER
I: ISLAM R: RASOHE

Kuncinya harus memperhatikan huruf A, I, U, E, O dalam setiap katanya.

Huruf vokal A,I,U,dan E diganti menjdi Rumput Pendek dan huruf vokal O diganti menjadi Rumput yang Panjang atau rumput yang tinggi.

Sandi Sandi Lain yang Mirip Sandi Rumput

Dalam kegiatan kepramukaan sering ditemukan beberapa sandi lain mirip dengan sandi rumput, antara lain :

  • Sandi Air. Sama dengan sandi rumput namun mengarah terbalik ke bawah.
  • Sandi Gergaji. Perpaduan di antara sandi rumput dan juga sandi air.
  • Sandi Awan
  • Sandi Ombak
  • Sandi Gedung Bertingkat

Kelima dari sandi tersebut bentuknya yang mirip atau hampir sama dengan sandi rumput ini cara pengerjaannya atau memecahkannya sama seperti sandi rumput yaitu menggunakan prinsip kode morse yang biasa digunakan dalam organisasi pramuka.

Demikianlah artikel mengenai tentang Sandi Rumput, semoga membantu dan mudah untuk dipahami. Harapan penulis semoga artikel ini dapat memberikan berbagai manfaat bagi kita semua yang membaca.

Baca Juga :

Baca Juga :  Arti Mimpi Tentang Singa