Internalisasi Adalah

Posted on

Internalisasi Adalah – Halo sobat quora.co.id kembali lagi penulis akan membagikan sebuah artikel mengenai tentang Internalisasi yang meliputi Definisi Internalisasi, Pendapat Internalisasi Menurut Para Ahli, Proses Terjadinya Internalisasi, Contoh Dari Internalisasi dan Dampak Dari Internalisasi. Untuk itu mari simak artikel berikut ini.

Internalisasi Adalah
Internalisasi Adalah

Pengertian Internalisasi Secara Umum

Berdasarkan secara umum Internalisasi ialah sebagai penahan dari terdapatnya nilai-nilai yang ada pada dalam diri seseorang sehingga menjadikan hal tersebut sebagai tolak ukur dari kepribadiannya.
 

Pengertian Internalisasi Menurut Para Ahli

Sedangkan berdasarkan pendapat para ahli definisi dari internalisasi adalah sebagai berikut.

  • Menurut Kartono

Internalisasi adalah suatu tindakan yang akan dilakukan oleh seseorang dengan sebuah kesadaran dan dengan kata lain sebuah tindakan ini akan dilakukan tanpa dengan adanya paksaan.

  • Menurut Chaplin

Internalisasi merupakan suatu penyatuan dari sikap yang dilakukan dengan berdasarkan dari standart tingkah laku serta juga pendapat di dalam kepribadian dari seseorang.

  • Menurut Pupita Sari

Internalisasi ini adalah penanaman dari prilaku, nilai dan sikap seseorang yang di telah dapatkan pada proses belajar, pembinaan, dan bimbingan.

  • Menurut KBBI

Internalisasi dalam kbbi ialah suatu penghayatan dari proses internalisasi dan falsafah negara dengan cara mendalam yang berlangsung lewat sebuah penyuluhan, penatar-an, dan juga sebagainya.

 

Proses Terjadinya Internalisasi

Beberapa tahapan dari terjadinya internalisasi adalah sebagai berikut ini.

Baca Juga :  Contoh Identifikasi Masalah

1. Tahapan Transformasi Nilai

Tranformasi Nilai merupakan suatu tahapan yang akan terjadi antara kedua belah pihak pada bentuk komunikasi yang verbal. Didalam proses tahapan ini melibatkan tranformasi dari suatu informasi dari orang yang merupakan satu ke orang lain dalam sebuah hubungan sosial.

Tetapi, objek masih bersifat kognitif, sehingga apabila seseorang tidak dapat memaksa orang lain untuk menerima suatu informasi yang telah disampaikan dengan benar.

2. Tahapan Nilai Transaksi

Pada tahap ini, kedua belah pihak ini saling bertukar dengan pandangan mengenai sebuah topik pembicaraan yang mempunyai pengaruh yang sangat luas. Atau dengan sebutan kata lain, dan pada fase ini kedua pihak tersebut berkomunikasi dengan cara aktif.

3. Tahapan Transinternalisasi

Transinternalisasi merupakan suatu fase yang akan membahas lebih dalam  mengenai Internalisasi yang dibandingkan dengan proses dua tahapan yang sudah dibahas pada tahap sebelumnya.

Bahkan didalam sebuah tahapan ini tidak hanya terjadi dalam komunikasi verbal, melainkan contoh mental dan juga kepribadian yang lebih diutamakan. Dengan kata lain lebih kepada kepribadian seseorang

 

Contoh Dari Internalisasi

Untuk lebih memahami apa itu internalisasi, penulis akan memberikan contoh sebagai berikut.

1. Contoh Internalisasi Didalam Masyarakat

Contoh dari suatu Internalisasi yang terjadi pada lingkungan masyarakat, khusus dalam keluarga adalah semua bentuk dari kepribadian yang mungkin kita lakukan pada kehidupan sehari-hari yang berkaitan erat dengan cara orang tua dalam memberikan bimbingan pada waktu kita kecil.

Hal tersebut sudah dapat dikatakan dalam pepatah yang telah mengatakan bahwa “Buah itu jatuh tidak akan jauh dari pohonnya”. Oleh karena itu, jika orang tua memberikan pengajaran dan pendidikan kepada anak dengan baik, maka akan mendapat hasil yang baik.

Baca Juga :  Pengertian Hikayat

Tetapi, jika orang tua memberikan sebuah pendidikan kepada anaknya dengan cara yang mungkin salah, jadi hasilnya pun akan sama seperti ajaran orang tua.

2. Contoh Internalisasi Dalam Budaya

Pada zaman sekarang ini sudah semakin modern, dimana seluruh  pemuda-pemudi akan lebih cenderung mencintai dari budaya luar, contoh budaya Korea misalnya K-Pop yang dibandingkan dengan peran budaya yang berasal dari sebuah negara.

Bahkan semua yang telah mereka lakukan justru mencontoh dari berbagai hal yang mereka telah lihat.

Keberhasilan dari internalisasi budaya yang dilakukan oleh suatu negara Korea, khusus di negara kita penyebabnya ada inovasi dan kreatifitas yang telah dibuat dalam mewujudkan sebuah peran Korea sebagai suatu pusat dari kebudayaan.

3. Contoh Internalisasi Dalam Agama

Dalam Agama atau sebuah keyakinan tidak terlepas dari yang namanya Internalisasi yang banyak telah dilakukan, seperti yang  terdapat dari berbagai macam jenis pembangunan tempat ibadah seperti contoh pembangunan masjid dan gereja.

4. Contoh Internalisasi Dalam Pendidikan

Bahkan pada dunia pendidikan sering memiliki Internalisasi, seperti adanya sistem pendidikan yang akan diterapkan di Indonesia yang mungkin diambil dari sistem pendidikan yang berasal dari Negara Belanda.

Seperti seluruh siswa atau siswi yang wajib untuk menggunakan seragam sekolah secara lengkap, menggunakan sepasang meja dan kursi pada saat sedang belajar di dalam kelas dan juga masih banyak lagi.

 

Dampak Dari Internalisasi

Internalisasi mempunyai dua dampak, yakni Internalisasi yang berdampak positif dan ada yang berdampak negatif. Oleh karena itu individu harus dapat membedakan mana Internalisasi positif dan mana Internalisasi negatif.

Demikianlah artikel yang mengenai tentang Internalisasi, seperti pada artikel sebelumnya penulis tak mengharapkan hal lain selain mengharap artikel ini dapat memberikan berbagai manfaat bagi sobat sekalian.

Baca Juga :  Teknik Pengumpulan Data

Baca Juga :