Teknik Olahraga Skipping

Posted on

Teknik Olahraga Skipping – Halo sobat quora.co.id apa kabar semua ? Semoga selalu baik ya. Nah seperti biasa penulis kembali hadir untuk membagikan sebuah artikel. Dan pada kesempatan ini penulis membahas artikel dengan tema Teknik Olahraga Skipping yang meliputi Pengertian Olahraga Skipping, Sejarah Skipping, Manfaat Olahraga Skipping, Cara Skipping yang Benar, Cara Pemanasan Sebelum Skipping dan Teknik Olahraga Skipping. Mari sobat dapat menyimak artikel berikut untuk pembahasannya.

Teknik Olahraga Skipping
Teknik Olahraga Skipping

Pengertian Olahraga Skipping

Skipping atau sering disebut lompat tali merupakan salah satu jenis atau cabang olahraga yang amat sangat efektif untuk dilakukan karena memiliki fungsi untuk dapat menambah tinggi badan serta untuk dapat menurunkan berat badan seseorang.

Sejarah Skipping

Lompat tali atau secara garis umum “main karet” populer di kalangan anak anak pada angkatan 70-an sampai dengan 80-an. Permainan jenis lompat tali ini telah menjadi favorit pada saat “keluar main” jam sekolah atau pada saat sore hari dilapangan depan rumah. Permainan lompat tali ini dimainkan dengan cara bersama-sama minimal 3 hingga bisa 10 anak.

Dipercaya permainan ini hadir sejak zaman penjajahan, dan dibeberapa daerah mempunyai sebutan Yeye, di Riau dengan sebutan Tali Merdeka , dan lompatan.

Pada zaman dahulu permainan ini menggunakan alat sederhana yaitu karet gelang yang telah dijalin serta dirangkai sehingga panjangnya dapat mencapai ukuran mereka butuhkan, umumnya sekitar panjang 3 sampai dengan 4 meter.

Baca Juga :  Bola Kasti

Manfaat Olahraga Skipping

Berikut beberapa manfaat dari olahraga skipping di antaranya adalah sebagai berikut :

Meningkatkan Kinerja Otak

Apabila rutin berolahraga skipping dipercaya mampu meningkatkan kinerja dan kecerdasan otak.

Mengoptimalkan Energi

Secara otomatis pada saat melakukan skipping dapat Meningkatkan sistem Kesehatan serta sistem kardiovaskular akan menjadi bugar dan semakin nyaman untuk dapat melakukan aktivitas fisik ini.

Meningkatkan Kelenturan

Dengan bermain skipping tentunya dapat menambah kelenturan tubuh dengan gerakan lompat teratur, yang secara perlahan membentuk kelenturan tubuh.

Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Dengan bermain lompat tali tentu mengajarkan secara tidak langsung mengenai bagaimana menjaga keseimbangan tubuh sehingga lompatan tercipta sempurna, hal ini yang membiasakan diri untuk mampu menjaga keseimbangan tubuh.

Meningkatkan Fertilitas

Ketidak teraturan pada pola menstruasi merupakan masalah ringan pada sistem reproduksi wanita. Skipping  adalah olahraga yang memiliki fungsi untuk membantu memperbaiki berbagai fungsi reproduksi yang termasuk meningkatkan sistem fertilitas.

Mencegah Osteoporosis

Olahraga skipping jika dilakukan secara rutin dan terus menerus akan sangat memberi manfaat untuk dapat mencegah akan terkena osteoporosis pada kemudian hari. Osteoporosis ialah kondisi dimana akan terjadi kerapuhan serta pengeroposan pada beberapa tulang.

Mengencangkan Otot

Kekencangan dari otot kita dapat semakin baik apabila kita secara rutin dan teratur mampu melakukan olahraga skipping tersebut. Otot bisa semakin kencang merupakan sebagai efek dari lompatan tersebut, terutama pada otot kaki serta pada otot bagian bawah tubuh yang lainnya.

Menurunkan Berat Badan

Olahraga skipping atau dikenal dengan sebutan lompat tali yang dapat untuk dilakukan dengan dalam kurun waktu 60 menit yang mampu membakar kalori yang ada  pada tubuh sehingga kurang mencapai 1000 kalori.

Kesehatan Jantung

Apabila melakukan skipping dengan cara konsisten pun dapat menyehatkan berbagai organ jantung. Kesehatan dari jantung mampu telatih karena adanya lompatan yang bisa membantu meningkatkan durasi denyutnya.

Baca Juga :  Teknik Dasar Sepak Takraw

Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Melakukan lompat tali dengan menerapkan latihan intensitas tinggi dapat meningkatkan sirkulasi dari darah dalam tubuh yang sangat berperan memberi nutrisi kepada kulit dan mampu membuang racun yang ada didalam tubuh.

Membentuk Tubuh

Skipping yang telah dilakukan dengan cara rutin mampu menjadikan otot tubuh mulai terbentuk. Otot bagian kaki semakin kencang, tetapi tetap saja ramping serta tidak berlemak tepat pada bagian betis, sehingga akan menambah keindahan pada bagian kaki.

Menambah Tinggi Badan

Dengan olahraga skipping ini dapat juga menambah ukuran tinggi badan seseorang, dengan melompat teratur dipercaya dan terbukti mampu menambah beberapa senti ukuran tinggi badan seseorang.

Cara Skipping yang Benar

Berikut merupakan beberapa cara yang benar dalam bermain olahraga skipping.

  • Mulailah dengan posisi berdiri tegak dengan seraya kedua tangan telah memegang kedua ujung tali.
  • Tempatkan tali tepat di belakang tubuh, dengan posisi ini merupakan posisi awalan.
  • Ayunkan dari tali ke depan serta melompatlah, tali yang telah diayunkan ini dijadikan sebagai sebuah rintangan lompatan.
  • Lakukan dengan cara tanpa menginjak tali, lakukan terus menerus untuk mencapai kurang lebih sebanyak 20 lompatan.
  • Hentikan laju putaran tali serta lompatan apabila telah merasa cukup lelah, kemudian istirahatlah sejenak untuk sebelum melanjutkan beberapa lompatan lagi.

Cara Pemanasan Sebelum Skipping

Adapun beberapa cara pemanasan sebelum melakukan olahraga skipping adalah sebagai berikut.

  • Jalan Kaki.
  • Stretching Ringan.
  • Lari di Tempat.
  • Jumping Jack.
  • Squat tanpa Beban.

 Teknik Olahraga Skipping

Sedangkan teknik dari olahraga skipping ini dapat kita lihat berikut dibawah ini.

  • Pastikan ukuran Panjang tali pas dengan tinggi badan untuk melakukan lompatan yang mudah dan rentang tangan dengan mudah.
  • Gerakkan dari pergelangan tangan yang memutar ke arah belakang menuju kedepan dan untuk dapat memutar tali di lakukan dengan cara maksimal.
  • Pastikan juga kedua telapak tangan sobat memegang tangkai dengan cara sempurna
  • Angkat kaki dengan cara bersamaan jika  hendak melakukan olahraga skipping
  • Mulai sebuah gerakan dengan langkah yang benar serta posisikan kedua belah lengan ke atas serta kepala dengan melakukan kurang lama dari 45 menit
  • Pastikan sobat melompat tidak terlalu tinggi dari permukaan lantai
  • Saat akan melakukan lompat skipping harus lurus pandangan selalu lke depan serta fokus.
Baca Juga :  Teknik Dasar Gulat

Demikianlah artikel mengenai tentang Teknik Olahraga Skipping, banyak pembahasan yang dapat sobat pahami dari uraian diatas, semoga dapat memberi manfaat dan sampai jumpa dilain kesempatan.

 Baca Juga :