Teknik Dasar Gulat

Posted on

Teknik Dasar Gulat – Halo sobat apa kabar kalian semua ? Seperti biasa penulis kembli dengan membagikan sebuah artikel terbaru yang tentunya dapat menambah wawasan kita semua. Dan pada kesempatan ini quora.co.id akan membagikan sebuah artikel mengenai tentang Teknik Dasar Gulat yang meliputi Pengertian Gulat, Sejarah Gulat, Manfaat Gulat, Teknik Dasar Gulat, Ukuran Lapangan Gulat, Kelas Pertandingan Gulat, Peraturan Pertandingan Gulat dan Penilaian Dalam Olahraga Gulat. Untuk penjelasan lengkapnya sobat dapat simak artikel berikut ini.

Teknik Dasar Gulat
Teknik Dasar Gulat

Pengertian Gulat

Olahraga gulat merupakan jenis cabang olahraga yaitu beladiri dengan saling berhadapan menggunakan anggota tubuh sebagai alat pertarungan terutama menggunakan lengan serta kaki untuk dapat menyerang lawan yang bertahan.

Sejarah Gulat

Sejarah gulat bisa ditelusuri ada sejak 15 ribu tahun yang telah lalu melalui sebuah gambar di suatu gua di Perancis. Ada relief yang terdapat di dalam mitologi sebuah bangsa Babilonia serta Mesir yang menunjukkan aktivitas dari teknik-teknik pegulat.

Dalam tradisi masyarakat barat, referensi dari pertandingan gulat ini ditemukan dalam epik Gilgames pada bangsa Babilonia. Dalam sebuah dokumen bangsa Babilonia telah diceritakan suatu kemenangan seorang pahlawan yang berhasil menumpas kejahatan dengan beliau mempraktekkan berbagai teknik gulat sebagai cara mengalahkan musuhnya.

Pada zaman Mesir Kuno, dalam pertarungan gulat dilakukan sebagai momen menunjukan kecakapan fisik serta unjuk kemampuan militer oleh tentara serta bangsawan.

Di dalam sejarah Yunani Kuno, gulat ini dikenal dengan sebutan gulat kompetisi, gulat ini telah menjadi olahraga pada bangsa Yunani. Bahkan gulat lah yang dikembangkan oleh bangsa Romawi Kuno telah banyak meminjam berbagai teknik dari gulat Yunani.

Baca Juga :  Teknik Olahraga Skipping

Manfaat Gulat

Berikut merupakan beberapa poin manfaat dari olahraga gulat antara lain sebagai berikut ini.

  1. Gulat mengembangkan kemampuan serta keterampilan atletik dasar
  2. Gulat mengembangkan rasa tanggung jawab dalam pribadi
  3. Gulat mengembangkan kesanggupan dan ketangguhan mental
  4. Gulat mengajarkan tentang pentingnya nutrisi serta bagaimana pemeliharaan berat badan
  5. Gulat menyatukan berbagai anak-anak serta dapat membangun tali persahabatan yang cukup kuat
  6. Gulat mengembangkan rasa disiplin

Teknik Dasar Gulat

Terdapat berbagai teknik dasar dalam olahraga gulat yang akan kita bahas satu persatu seperti dibawah ini.

Tarikan

Ketika dalam posisi berhadapan, penyerang akan menarik tangan atau menarik kepala lawan dengan tujuan untuk menghilangkan pertahanan keseimbangan serta konsentrasi lawan.
Apabila pegulat telah berhasil menguasai keseimbangan lawan maka akan mendapatkan 2 poin, dan jika menggunakan teknik angkat dan banting poin yang didapatkan adalah 3 poin.

Dorongan

Penyerang kemudian berusaha menguasai lawan dengan teknik kuncian, kemudian penyerang mendorongnya hingga terjatuh tepat di atas matras. Lawan ditekan sehingga tidak dapat bergerak, dengan memperoleh 2 poin jika berhasil mendorong lawan.

Bantingan

Gerakan selanjutnya yaitu bantingan dengan menyerang lawan, baik bagian tubuh atas, bawah, atau keduanya. Apabila pegulat telah melakukan bantingan dengan sempurna maka pegulat mendapat 3 poin.

Gulungan

Gulungan adalah salah satu teknik yang dilakukan oleh seorang pegulat dimana diantara kedua pegulat berada di posisi bawah, adapun dari teknik gulungan sendiri terdiri dari sebuah gulungan dari pinggang, gulungan diatas kepala, serta gulungan pada kaki.

Kuncian

Kuncian merupakan salah satu teknik dimana penyerang mengunci lawan sehingga lawan terlentang tidak dapat untuk melakukan sebuah perlawanan.

Blocking

Pegulat yang mendapat serangan berusaha untuk dapat menahan serangan dari lawan dengan cara mereka menekan punggung dari penyerang serta dimana posisi kedua tangan berada di atas kanan kiri bahu para penyerang. Lalu dengan menekan hingga pihak penyerang berlutut di atas matras.

Baca Juga :  Perbedaan Penjas Dan Olahraga

Angkatan

Teknik dari angkatan ini dimulai dari sebuah penguasaan melalui lawan terlebih dahulu. Bisa dilakukan dengan cara penguasaan lewat depan seperti sedang memegang pinggang, paha serta kaki, dapat juga dengan menggunakan penguasaan tepat di belakang dengan melalui cara mengunci sebuah pinggang lawan.

Ukuran Lapangan Gulat

Lapangan di dalam olahraga gulat adalah dengan menggunakan matras yang berbentuk segi empat yang berukuran 12 x 12 meter. Matras yang digunakan memiliki warna yang warna-warni, seperti kuning, orange, merah, biru dan lainnya, sesuai dengan sebuah ukuran internasional. Tebal matras yang digunakan antara 5 cm sampai dengan 7 cm dengan ukuran panjang serta lebar masing-masing dengan ukuran 12 meter. Adapun kelas pertandingan dari gulat dapat dibedakan menjadi beberapa poin antara lainKelas Pertandingan Gulat

  1. Kelas 48 kg
  2. Kelas 52 kg
  3. Kelas 57 kg
  4. Kelas 62 kg
  5. Kelas 68 kg
  6. Kelas 74 kg
  7. Kelas 82 kg
  8. Kelas 90 kg
  9. Kelas 100 kg
  10. Kelas 100 kg, + (over + 100 kg).

Peraturan Pertandingan Gulat

Beberapa peraturan yang ada di dalam unsur olahraga gulat adalah sebagai berikut :

  • Gulat Anak-anak – 13 -16 tahun
  • Gulat Mini – 6 – 12 tahun
  • Gulat Senior – > 20 tahun
  • Gulat Junior – 17 – 20 tahun
  • Kedua pegulat tidak boleh memulai pertarungan tanpa wasit
  • Selanjutnya pegulat melakukan kontak satu sama lain.
  • Lakukan serangan dari salah satu pihak.
  • Jika tidak melakukan kontak, wasit akan mengatakan action

Penilaian Dalam Olahraga Gulat

Berikut dibawah ini merupakan rangkaian penilaian dari olahraga gulat, antara lain.

Penilaian Angka 1

Jika pegulat mampu membawa lawannya di bawah serta telah terjadi pengusaan dari belakang (kontak pada 3 titik diatas matras yaitu2 lengan serta 1 lutut bisa juga sebaliknya)

Serta sang lawan tak mampu mengatasi serangan tersebut.

Penilaian Angka 2

Apabila pegulat yang telah melakukan tangkapan dimana posisi parterre untuk akan menyebabkan lawan tersebut berada di dalam posisi danger atau sebuah jatuhan.

Pihak yang akan menyerang dengan lawannya tersebut maka dapat mereka lakukan dengan cara berguling diatas pundaknya

Penilaian Angka 3

Jika pegulat yang akan melakukan sebuah tangkapan dimana posisi dengan cara berdiri secara membawa lawannya ke atas posisi danger atau disebut bantingan maka dengan lakukan sebuah membentuk bentuk garis lengkung

Demikian artikel mengenai tentang Teknik Dasar Gulat, semoga dapat memberikan manfaat dan sampai jumpa pada artikel berikutnya yang pastinya lebih menarik.

Baca Juga :