Agrikultur dan Non Agrikultur

Posted on

Agrikultur dan Non Agrikultur – Halo sobat penulis come back, tentunya akan kembali membagikan artikel dengan berjuta manfaat dan pasti dapat menambah wawasan kita semua. Langsung saja kali ini quora.co.id akan membagikan sebuah artikel mengenai tentang Agrikultur dan Non Agrikultur yang meliputi Pengertian dan Contoh Agrikultur, Pengertian dan Contoh Non Agikultur, Produk-Produk Agrikultur, Produk andalan agrikultur Indonesia dan Sektor Agrikultur. Selengkapnya mari sobat simak artikel berikut ini.

Agrikultur dan Nonagrikultur
Agrikultur dan Nonagrikultur

Pengertian dan Contoh Agrikultur

Agrikultur merupakan sebuah proses untuk memproduksi makanan, berbagai panganan, dengan serat, dan juga banyak dari berbagai hasil dari kebutuhan lain dengan sektor pertanian dan tanaman-tanaman yang tertentu dan juga pertambahan dengan hewan-hewan yang lokal atau disebut ternak, berbagai praktek agrikultur yang dikenal juga dengan istilah “pertanian”.

Contoh dari kegiatan agrikultur adalah budidaya berbagai  tanaman atau dengan bercocok tanam, pembesaran dengan hewan ternak, serta pemanfaatan berbagai mikroorganisme serta bio enzim untuk dapat pengolahan dari produk lanjutan.

Pengertian dan Contoh Non Agikultur

Non Agikultur merupakan sebuah proses memproduksi berbagai tanaman pertanian yang dengan manfaat selain dari bahan pangan manusia dan juga pakan ternak, singkatnya non agrikultur menciptakan produk non pangan.

Contohnya : Serat, Obat-obatan, Pelapis kertas,  Papan, dan Tinta percetakan.

Sektor Agrikultur

Adapun beberapa sektor dari agrikultur adalah sebagai berikut dibawah ini.

Tanaman Pangan

Di Indonesia berbagai kegiatan agrikultur dibidang pangan utamanya merupakan pada yang diolah menjadi beras yang kemudian dimasak menjadi nasi, serta tumbuhan pangan lain cntoh berbagai jenis sayuran, ubi-ubian, jagung, serta berbagai jenis buah-buahan dll.

Baca Juga :  Arti Mimpi Menikah

Perkebunan

Sektor dari perkebunan di dalam bidang untuk agrikultur menjadi berbagai antara sektor yang dapat merasakan berbagai pertumbuhan yang konsisten dibanding sektor lain. Hasil dari perkebunan di negara ini dapat merangkum komoditi dengan tahap ekspor seperti karet, coklat, teh, kelapa sawit dan kelapa.

Kehutanan

Hasil kehutanan sudah tentu berupa kayu,  berbagai jenis kayu yang masih dilestarikan dijaga keasriannya sebagai produk dalam negeri.

Peternakan

Sektor peternakan di Indonesia digolongkan menjadi 2 (dua) menurut keterangan dari ukuran fauna ternaknya, yakni peternakan besar merangkum sapi, kuda, kerbau dan uyang, dan peternakan kecil merangkum bebek ayam dan jenis unggas lainnya. Hasil dari peternakan tersebut dapat berupa daging, susu dan telur

Perikanan

Indonesia dikenal dengan sebutan negara maritim mempunyai luas perairan merangkum secara total adalah 7,81 juta km2 dari 2,01 juta km2 dari daratan, 3,25 juta km2 dari lautan. Yang tentunya mempunyai berbagai kekayaan akan jenis ikan.

Produk-Produk Agrikultur

Adapun beberapa dari produk sebuah agrikultur sebagai berikut:

  • Tanaman pangan
    Contoh : jagung, padi, buah-buahan, singkong, kentang, umbi umbian, sayur-sayuran dan mencakup berbagai produk olahan dari tanaman pangan.
  • Peternakan
    Contoh : daging, produk olahan dari hasil peternakan, telur dan bulu hewan ternak.
  • Perikanan
    Contoh : ikan, rumput laut, mutiara, udang, kerang, dan juga semua produk dari olahan hasil dari perikanan.
  • Perkebunan
    Contoh : teh,kelapa,  coklat (kakao), kopi, karet, sawit, tebu, dan produk hasil karya anak bangsa berupa olahan dari hasil perkebunan.
  • Kehutanan
    Contoh : gondorukem, madu, rotan, kayu, gaharu, dan semua produk hasil olahannya.

Produk andalan agrikultur Indonesia

Berikut merupakan berbagai produk andalan dari agrikultur yang ada di Indonesia antara lain.

Sawit

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) menyampaikan pencatatan ekspor dari minyak kelapa sawit dengan turunannya tepat Januari-Juli 2019 tumbuh mencapai  6,7% secara tahunan. Dengan sebaran terbesar di Sumatera dan Kalimantan.

Baca Juga :  Hukum Snellius

Karet

Karet dengan kualitas elastisnya, adalah suatu komoditasdari  perkebunan yang dapat digunakan sebagai bahan produk dan juga peralatan di dunia seperti perabot rumah tangga, mainan anak-anak dan lain sebagainya.

Kacang Mete

Nilai ekspor kacang mete Indonesia telah mencapai sebesar 51,6 juta dolar AS – naik hingga 13,3 juta. Kacang mete sendiri di dapat dari biji ambu monyet yang ada di Indonesia.

Kelapa

Kopra merupakan sebutan bagi daging buah kelapa yang dapat dikeringkan. Kopra adalah produk dari turunan kelapa yang terpenting, karena ini merupakan bahan secara baku dari pembuatan minyak serta kelapa dan juga turunannya.

Indonesia ialah Negara produsen kelapa yang terbesar dunia, dengan produksi 18 juta ton dalam hitungan per tahun. Untuk buah kelapa sendiri turunannya tepat tahun 2017 dengan jumlah ekspor mencapai 1.036.438 ton sedangkan  pada 2018 telah mencapai 1.438.001 ton.

Tembakau

Tembakau merupakan sebuah komoditas dari pertanian semusim yang bukan termasuk dari komoditas pangan, melainkan dari komoditas sektor perkebunan. Produk ini kemudian dikonsumsi bukan untuk menjadi makanan namun sebagai pengisi di saat waktu luang atau sebagai “hiburan”, yaitu bahan baku dari rokok dan cerutu.

Nilai dari ekspor tembakau Negara Indonesia di tahun 2017 mencapai  hingga 287.962 ton serta di tahun 2018 telah mencapai  230.696 ton.

Demikianlah artikel mengenai tentang Agrikultur dan Non Agrikultur, semoga bermanfaat dan sampai jumpa dilain kesempatan dengan berbagai artikel lainnya.

Baca Juga :