Jenis Patung

Posted on

Jenis Patung – Halo sobat quora.co.id kembali lagi penulis membagikan sebuah artikel tentang Jenis Patung yang meliputi Jenis-Jenis Patung, Fungsi Seni Patung, Pengertian Seni Patung, Jenis-Jenis Corak Patung, Ciri – Ciri Patung, Bahan Seni Membuat Patung, Bentuk-Bentuk Patung dan contoh Patung dan Teknik Seni Patung. Untuk pembahasan lengkapnya sobat dapat simak ulasanya berikut dibawah ini.

jenis patung
jenis patung

Pengertian Seni Patung

Seni patung adalah salah satu jenis karya seni yang diciptakan dengan cara membentuk bahan yang memiliki volume dan dapat berupa batu, tanah liat, kayu, logam serta berbagai bahan dengan cara substraktif yang mampu mengurangi bahan seperti bahan dengan adanya proses dipahat, dipotong, atau juga proses dicukil dan apabila dengan cara yang aditif, maka menambahkan dari bahan cair seperti dengan melakukan pengecoran serta juga dengan mencetak.

Jenis-Jenis Patung

Berikut merupakan tiga jenis patung yang umum ada di seni patung, antara lain.

  • Relief

Relief merupakan salah satu jenis patung tertua yang dapat dijumpai di dinding-dinding candi, pada berbagai bangunan, atau ada juga relief yang melekat pada suatu benda dari zaman peninggalan yang bersejarah. Relief ini diakui termasuk jenis patung jenis bidang datar atau dua dimensi.

  • Patung 3 Dimensi

Patung tiga dimensi merupakan jenis karya seni patung yang dapat dilihat dari seluruh sudut dan masih bertahan hingga sekarang. Patung 3 dimensi biasanya terdapat di kuil-kuil hasil dari peninggalam zaman Yunani kuno, Romawi, dan zaman peninggalan sebelumnya.

  • Patung Kinetis

Patung kinetis adalah salah satu dari sekian banyaknya jenis patung 3 dimensi dimana bentuk patung ini merupakan patung yang mampu bergerak dengan diberi bantuan mesin, seperti patung yang dapat mengeluarkan air dari mulut yang disebut patung kinetis.

Baca Juga :  Manager Adalah

Fungsi Seni Patung

Berikut ebberapa fungsi dari seni patung, antara lain sebagai berikut dibawah ini.

Patung Sebagai Monumen

Berfungsi untuk mengapresiasi serta mengenang jasa para tokoh dan kelompok tertentu, seperti mengenang jasa para pahlawan yang berhasil memeperjuangkan kemerdekaan Bangsa.

Patung Sebagai Dekorasi

Berfungsi untuk memberikan unsur kesan indah pada sebuah ruangan dan juga pada lingkungan eksterior.

Patung Sebagai Kerajinan

Sebagai patung yang sengaja dirancang serta dengan memenuhi kebutuhan pasar, sehingga memiliki nilai diminati untuk dimiliki dan mempunyai nilai jual berdasarkan dari berbagai kebutuhan secara umum yang berbeda tingkat spesifik.

Patung Religi

Berfungsi untuk agama yang kepercayaannya menggunakan objek patung yang diyakini memiliki unsur dan pengertian yang religius dan digunakan sebagai jalan sarana untuk mereka beribadah.

Patung Seni (fineart)

Seni murni yang dibuat untuk kebutuhan dan kepentingan yang estetis dan dapat menjadi eskperimental dari adanya bentuk (seni tidak selalu berpatok pada keindahan).

Patung Arsitektur

Berfungsi untuk menunjang serta berfungsi untuk melengkapi suatu kontruksi dalam bangunan sehingga dapat lebih cepat serta dengan cara terpadu, juga harmonis dengan adanya sebuah desain arsitektur yang akan dilakukan dalam perancangan.

Ciri – Ciri Patung

Berikut dibawah ini beberapa ciri mengenai seni patung, antara lain.

  • Bahan yang digunakan berunsur lunak kemudian mengeras.
  • Berbentuk menyerupai makhluk hidup.
  • Memiliki ukuran yang beragam.
  • Proses pembuatan dengan dicetak, dipahat dan dicungkil.
  • Menjadi Bukti dan kuat kaitannya dengan sejarah.
  • Berupa karya seni dalam trimatra 3D.
  • Memiliki ukuran tinggi, lebar ,panjang, serta dilengkapi dengan bentuk badan.

Jenis-Jenis Corak Patung

Berikut merupakan beberapa jenis dari corak pada patung, antara lain sebagai berikut.

  • Corak Imitatif

Corak imitatif adalah suatu hasil tiruan atas makhluk hidup seperti manusia, tumbuhan dan hewan. Di mana hasil hasilnya menyerupai bentuk dari segi anatomi, segi dalam proporsi, serta gerak makhluk hidup.

  • Corak Deformatif

Merupakan salah satu corak  patung yang dimana bentuk dari objeknya dirombak kemudian diubah untuk menjadi bentuk baru dari bentuk aslinya.

  • Corak Non-Figuratif / Abstrak

Merupakan jenis corak yang disebut menyimpang dari bentuk yang aslinya karena dipengaruhi dengan aliran konstruksi.

Baca Juga :  Tangga Nada

Bahan Seni Membuat Patung

Dalam pembuatan patung terdapat beberapa bahan yang digunakan, antara lain sebagai berikut.

  • Bahan Lunak

Merupakan suatu bahan yang memiliki tekstur yang lembut serta terhitung mudah untuk dibentuk seperti tanah liat, clay, sabun dan bahan plastisin.

  • Bahan Sedang

Merupakan jenis bahan dengan tekstur yang tidak terlalu keras seperti jenis kayu, contoh kayu yang umum digunakan dalam pembuatan patung yaitu mahoni, randu, dan waru.

  • Bahan Keras

Merupakan jenis bahan dengan bertekstur keras seperti contohnya batu dan jenis kayu jati yang termasuk keras.

Teknik Seni Patung

Adapun beberapa teknik dalam membuat seni patung, yaitu.

  • Teknik Butsir

Butsir adalah bentuk teknik dalam pembuatan dari patung dengan menggunakan cara dalam mengurangi bahan yang cukup lunak seperti dari bahan tanah liat, gips malam serta bahan yang kemudian memiliki tekstur yang lunak, maka akan tercipta suatu karya patung yang memiliki nilai yang sangat estetika.

  • Teknik Modeling

Modeling adalah suatu teknik di mana dalam bentuk patung yang memiliki cara untuk mereka membuat model yang dinilai terlebih dahulu setelah itu dibentuklah suatu patung yang benar.

  • Teknik Merakit Atau Cor

Teknik yang umumnya digunakan dalam suatu proses pembuatan dari patung dengan mereka menggunakan bahan dasar dari logam. Pembuatan jenis patung dalam teknik ini yang diawali dengan cara memanaskan bahan logam sehingga menjadi bentuk cair kemudian dapat dituangkan dalam suatu cetakan patung yang telah memiliki bentuk rupa di patung.

  • Teknik Merakit

Teknik yang mirip dengan berbagai sebuah permainan puzzle, dengan cara merakit bahan serta kemudian dengan merangkainya sehingga dapat menjadi suatu satu kesatuan yang lengkap dengan membentuk sesuatu yang dengan pembuat di inginkan.

  • Teknik Membentuk

Teknik yang dibuat dengan memiliki cara yang bertahap sampai selesai, sangat dibutuhkan ketelitian dari seorang seniman tetapi dari kualitas patung ini tinggi karena dapat dibuat dengan feeling yang baik.

  • Teknik Pahat

Teknik yang digunakan jika bahan yang seniman digunakan dengan tekstur yang keras, contohnya kayu, tulang, batu, yang kemudian dipahat untuk dapat mengurangi serta membentuk patung yang mereka inginkan.

Baca Juga :  Pengertian Montase

Bentuk-Bentuk Patung dan contoh Patung

Sedangkan mengenai bentuk dan contoh patung dapat sobat simak ulasannya berikut dibawah ini.

  • Free Standing

Merupakan jenis patung dengan menampilkan dari atas kepala hingga dengan ujung kaki yang kemudian berdiri tegak.

  • Zonde

Merupakan salah satu jenis patung yang kemudian menampilkan dengan sebagian objekn, contoh seorang seperti duduk dan tiarap.

  • Torso

Merupakan salah satu jenis patung dengan menampilkan sebagian badan seperti contoh bagian dada sampai keatas pinggang yang tidak mempunyai kepala, seperti pada manakuein pakaian.

  • Boss / Sedada

Merupakan jenis patung dengan tampilan setengah badan dengan tampilan dari atas kepala yang hanya dada.

  • Kepala

Merupakan jenis patung yang hanya dengan menampilkan bagian kepala yang menjadi objek.

Demikianlah artikel yang telah membahas Jenis Patung, harapan penulis semoga artikel ini dapat memberikan berbagai wawasan dan manfaat yang baik untuk kita semua. Sekian dulu artikel kali ini sampai jumpa dilain kesempatan tentunya dengan artikel terbaru lainnya.

Baca Juga :