Tangga Nada

Posted on

Tangga Nada – Untuk kalian yang suka bernyanyi atau kalian yang menyukai musik tentunya tidak asing lagi dengan tangga nada bukan, namun tahukah kalian apa itu tangga nada ? mengenai pertanyaan ini quora.co.id akan kembali membagikan sebuah artikel megenai tentang apa itu tangga nada yang meliputi Pengertian Tangga Nada, Jenis dan Contoh Tangga Nada dan Sejarah Tangga Nada. Untuk selengkapnya berikut merupakan bahasan mengenai tangga nada.

Tangga Nada Adalah
Tangga Nada Adalah

Pengertian Tangga Nada

Tangga nada berupa susunan nada dengan susunan menggunakan sebuah rumus interval nada. Yang digunakan sebagai dasar dalam melakukan penyuaraan, penciptaan musik serta nada sebuah lagu.

Sejarah Tangga Nada

Pertama ditemukan tangga nada ialah pada tahun 1.400 SM di Ugarit. Di temukan beberapa tulisan dengan bentuk persegi menyanyikan lagu dalam bahasa Huri, disertai dengan sejenis notasi, namun tidak berhasil di tiru serta di nyanyikan secara ulang. Mulai tercipta notasi keseragaman.

Dengan tidak adanya sebuah notasi musik dibakukan atau ditulis, menjadikan tidak semua pihak dapat menyebar luaskan sebuah karya musik atau mewariskan kepada generasi penerus.

Karena telah diciptakan notasi musik, maka saat ini kita masih dapat tetap untuk menikmati hasil karya-karya dari Mozart , Bach dan Beethoven.

Ketika abad ke-11 (995-1050) ada seorang rahib berasal dari ordo Benediktin namanya Guido dari Arezzo yang berusaha mengajarkan untuk menghafal nada-nada dari c-d-e-f-g-a kepada siswa siswinya.

Karena ia telah hafal “Ut Queant Laxis”, lagu umat Kristen mengenai pujian atas rasul Yohanes, maka kemudian ia menciptakan alat berupa mnemonis yakni:

Baca Juga :  Gerak Tari

– UT-queant laxis

– RE-sonare fibris

– MI-re gestorum

– FA-muli tuorum

– SOL-ve pollutis

– LA-biis reatum

– Sancte Iohannes

Yang dikenal dengan notasi do re mi fa sol la si.

Asli dari notasi diatas ialah berupa notasi: ut, te, mi, fa, sol, la.

Hingga saat ini kita masih menggunakan notasi UT yang di ubah menjadi DO dengan setelah La masih di tambahan Si.

Karena Guido di masa sekarang musisi dapat menyimpan ribuan bahkan jutaan lagu serta permusikan yang dapat di wariskan.

Jenis dan Contoh Tangga Nada

Berikut merupakan jenis serta contoh dari tangga nada antara lain :

Tangga Nada Diatonis

Yaitu sebuah tangga nada yang memiliki 7 nada serta dengan memiliki 2 macam interval nada berupa 1 (satu) serta ½ (setengah). Tangga nada diatonis ini sendiri dibagi menjadi 2 jenis. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Tangga Nada Mayor

Tangga nada umum yang digunakan untuk berbagai lagu pop yang temanya ceria, semangat serta dengan nuansa bahagia.

  • Tangga Nada Minor

Tangga nada minor sendiri terbagi lagi menjadi tiga jenis ada tangga nada minor asli, tangga nada minor melodis dan tangga nada minor harmonis.

Tangga Nada Pentatonis

Sesuai dengan namanya, tangga nada jenis pentatonis, penta  artinya lima, dan tone dengan artinya nada adalah sebuah tangga nada yang hanya dengan menggunakan 5 nada secara pokok. Tangga nada ini kemudian populer di tengah kalangan musik jenis bluesrock n’ roll, serta ada yang di variasikan oleh lagu-lagu pop. Tangga nada jenis pentatonis ini dibagi menjadi 2 macam yaitu, slendro; yang dapat dilakukan dengan cara menyusun urutan nada ke 1 – 2 – 3 – 5 – 6, dan ada juga pelog; dapat dilakukan dengan cara menyusun urutan nada ke 1 – 3 – 4 – 5 – 7.

Baca Juga :  Aktuator Adalah

Tangga Nada Kromatis

Tangga nada kromatis adalah tangga nada yang menggunakan 12 nada yang mempunyai jarak 1/2. Kemudian dari tangga nada jenis kromatis ini dapat dipengaruhi oleh beberapa tanda kromatis, yaitu dilambangkan dengan tanda # (kruis) dan juga lambang b (mol).

Tangga Nada Penuh

Tangga nada penuh adalah jenis tangga nada dimana skala nada berjarak antar nadanya satu not secara penuh. Maka di dalam sebuah Tangga nada penuh ini mempunyai jarak antar not yang berjarak 1 secara keseluruhan dan tidak ada yang memiliki jarak setengah.

Jenis tangga nada penuh ini akan menemukan sebuah interval nada yang berjarak satu not secara penuh antar not dengan contoh seperti berikut: not asal atau dengan root, 2nd, 3rd, #4, #5, b7. Apabila diaplikasikan dengan tangga nada Do=C maka akan terbentuknya ialah C, D, E, F#, G#, Bb .

Tangga Nada Modal

Tangga nada modal adalah sebuah penamaan yang sesuai dengan urutan yang berdasarkan nada ke berapa skala pengambilan dimulai. Dapat di cek tangga nada mulai dari C=Do. Maka akan mempunyai bentuk tangga nada: C-D-E-F-G-A-B-C. Terdapat juga nada pertama dari susunan tangga nada C ialah “C”, nada yang kedua ialah “D”, nada yang ketiga ialah “E” dan dapat dilanjutkan seterusnya.

Demikianlah artikel mengenai tentang Tangga Nada, semoga memberi manfaat bagi kita semua, banyak dasar nada yang harus kita pahami sebelum terjun ke dunia permusikan, sampai disini dulu artikel kali ini sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :