Masa Perundagian

Posted on

Masa Perundagian – Pada kesempatan ini penulis akan membagikan artikel dengan membahas mengenai tentang Masa Perundagian, apa itu masa perundagian ? semua akan terjawab selengkapnya di artikel ini.

Pengertian masa perundagian quora.co.id juga akan memberikan bahasan mengenai Ciri-ciri Masa Perundagian, Corak Kehidupan Masyarakat Perundagian, Hasil Kebudayaan Masa Perundagian Dan Fungsinya, Teknik Yang Digunakan Pada Masa Perudagian, Kepercayaan Manusia Pada Masa Perundagian dan Kehidupan Sosial Budaya Pada Masa Perudagian. Mari sobat simak selengkapnya dibawah ini.

Masa Perundagian
Masa Perundagian

Pengertian Masa Perundagian

Kata perundagian mempunyai asal dari kosa kata Undagi, yaitu jika seseorang yang ahli di dalam melakukan pekerjaan yang  tertentu.

Masyarakat perundagian adalah dimana kumpulan masyarakat yang saling bekerja dengan berdasarkan skill dan kemampuan sendiri. Masa Perundagian ini ada kurang lebih 10.000 tahun yang lalu.

Pada masa ini mulai ditemukan bijih logam, terjadinya sebuah pembauran antar peradaban manusia purba, ras mongoloid serta pada ras austromelanesia yang dapat mengolah logam.

Ciri-ciri Masa Perundagian

Beberapa ciri ciri yang ada pada masa perundagian adalah sebagai berikut.

  • Adanya suatu kelompok dalam pertukangan untuk dapat melakukan kerja.
  • Status i darkeanggotaan yang dapat diukur dari kekayaan.
  • Terdapat alat berupa pengolah logam.
  • Batu besar yang diyakini sebagai tempat untuk menyembah roh leluhur nenek moyang.
  • Memiliki keyakinan atas kepercayaan Animisme dan Dinamisme.

Corak Kehidupan Masyarakat Perundagian

Berikut ialah corak kehidupan yang dalam kehidupan masyarakat perundagian sebagai ini.

  • Menampilkan serta menunjukkan sikap jiwa seni yang sangat tinggi dimana dilihat dari berbagai jenis kebudayaan yang memiliki nilai seni yang cukup tinggi, seperti contohnya sebuah arca.
  • Penemuan dari alat teknologi yang amat pesat di dapat dari sebuah alat pembuat bijih logam ialah banyak perkakas yang akan menggunakan bahan dari logam.
  • Terdapat juga masa perunggu, penemuan dari logam lebih keras adalah yang terbuat mulai tembaga, sedangkan perunggu yang merupakan campuran timah dengan tembaga.
  • Manusia telah dapat untuk melebur titik lebur yang akan tinggi pada zaman unsur besi.
  • Terdapat gerabah yang merupakan peninggalan dari masa ini yang dipercaya sangat beragam serta tentunya sebagai alat yang akan digunakan jika masyarakat masa dulu menjadikan peninggalan sejarah di masa sekarang ini.

Hasil Kebudayaan Masa Perundagian Dan Fungsinya

Berikut dibawah ini merupakan hasil kebudayaan dari masa perundagian serta fungsinya.

1. Arca Perunggu

Pada masa perundagian terdapat berbagai arca perunggu yang berbahan logam, terdapat juga patung yang berbentuk manusia serta hewan. Pada arca yang beragam pola dapat diaplikasikan seperti sebuah arca yang sedang menari, memanah, naik kuda dan berdiri.

Arca hewan seperti kerbau dengan pose berbaring, kuda dengan sebuah pelana serta berdiri. Arca yang ini ditemukan di kota Palembang, ada juga di Bangkinang pada Provinsi Riau, juga Lumajang, serta di Bogor.

2. Moko

Moko adalah sebuah benda yang memiliki bentuk tambur dan mempunyai ciri tertutup dari beberapa bagian yang merupakan sebagai alat musik serta emas kawin masyarakat Alor, di bagian Nusa Tenggara Timur.

3. Kapak Corong

Kapak ini dengan bentuk corong yang memiliki sembir belah. Berbahan dari logam. Dalam corong  tangkai kayu yang menyiku pada bidang dari kapak. Dengan sebuah sebutan lain kapak sepatu karena mempunyai bentuk seperti sebelah sepatu.

Kapak yang ditemukan di Sumatra Selatan, ada juga Bali, Sulawesi Tengah serta Selatan dan Irian.

4. Perhiasan

Perhiasan yang ada pada masa ini seperti pada perhiasan umumnya ada kalung, sebuah bandul kalung, ada gelang, cincin. Dengan mempunyai pola hias. Bogor, Balin serta di Malang, asal pertama kali ditemukannya perhiasan.

5. Bejana Manusia Purba

Bejana yang terbuat dari bahan perunggu mempunyai bentuk seperti bentuk gitar Spanyol namun tidak bertangkai. Dengan pola hias yang berupa anyaman serta huruf L. Bejana kemudian ditemukan di bagian Madura serta Sumatera.

6. Nekara Masa perundagian

Nekara merupakan jenis berumbung terbuat dari perunggu mempunyai pinggang bagian tengah serta pada sisi atap yang telah tertutup. Nekara mempunyai sebuah pola hias yang sangat beragam.

Umumnya pola hias yang ada pada Nekara ini ialah bentuk dari satu hewan, yang geometrik, gambar dari beberapa burung, serta gambar manusia. Yang akan menjadikan nekara memiliki nilai seni yang cukup tinggi.

Teknik Yang Digunakan Pada Masa Perudagian

Berikut ini 2 teknik yang dapat dipergunakan di masa perudagian berikut ini.

  • Bivalve (Setangkap)

Menggunakan jenis dua cetakan yang dirapatkan. Terdapat jugs lubang di bagian atas, pada lubang air logam yang ditumpahkan. Cetakan yang dibuka jika perunggu telah dingin. Untuk mendapat pola berongga maka menggunakan media dari tanah liat.

  • Acire Perdue (Cetakan Licin)

Diawali dengan sebuah lilin yang akan diisi tanah liat, terdapat sebuah lubang sebagai jalan dari perunggu cair yang mengaliri lilin meleleh. Ketika ada perunggu cair yang akan dituangkan maka dingin dari cetakan dapat dipecahkan, cetakan ini berfungsi sekali saja.

Kepercayaan Manusia Pada Masa Perundagian

Terdapat dua jenis kepercayaan yang dianut pada masa perundagian diantaranya.

  • Dinamisme

    Dimana penganut kepercayaan ini mereka mempercayai bahwa roh yang meninggal akan dapat hidup kembali ditempat dan orang berbeda. Para nenek moyang mempercayai hal yang mistis seperti sebuah kekuatan yang terdapat di batu akik, bsebuah elati, serta panah.

  • Animisme

    Kepercayaan pada suatu benda memiliki kekuatan hal gaib dan mahkluk halus, dipercaya apabila pada keadaan mendesak benda ini akan membantu pemiliknya.
    Roh roh yang telah dianggap kuat serta memiliki ilmu tinggi dengan sangat dihormati serta dijunjung amat tinggi kepada anutan dengan kepercayaan ini.

Kehidupan Sosial Budaya Pada Masa Perudagian

Ada juga beberapa dari penjelasan di dalam kehidupan sosial serta budaya, ialah:

  • Masyarakat pada saat ini telah menunjukkan sebuah tingkat budaya yang sangat tinggi yang dihasilkan dari berbagai benda seni serta upacara yang merupakan tempat pertunjukan dalam suatu kemampuan masyarakat dengan tingkat tinggi.
  • Di suatu Zaman Besi, manusia yang tersebut menemukan logam jauh lebih keras pertama harus dilebur pada suatu titik leleh yang juga begitu cukup tinggi.
  • Kemudian ada  Zaman Perunggu, di mana setiap masyarakat dapat mendapatkan berbagai  jenis logam yang sulit daripada sebuah tembaga, karena di dalam perunggu ialah paduan timah serta tembaga.
  • Selain dari itu, dengan sebuah periode legislatif, banyak juga barang periuk suatu teknologi yang canggih masih mudah ditemukan. Di dalam hal ini ditunjukkan jika peran sebuah alat dari jenis tembikar tidak bisa digantikan oleh sebuah alat logam.
  • Jika titik ini, sebuah kemampuan untuk dapat memproduksi alat berupa berdasarkan perkembangan suatu teknologi dengan jelas. Mereka yaitu dapat untuk menemukan sebuah teknologi merupakan peleburan bijih logam. Semakin banyak telah dapat menggunakan jenis logam dapat memenuhi di dalam suatu kebutuhan hidup dari mereka.

Demikianlah artikel mengenai Masa Perundagian, semoga dari apa yang kami sampaikan dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Sampai jumpa dilain kesempatan dengan artikel yang pastinya lebih menarik.

 Baca Juga :