Pidato Persuasif

Posted on

Pidato Persuasif – Halo sobat penulis kembali lagi memberikan sebuah artikel, pada kesempatan ini quora.co.id akan membagikan artikel mengenai tentang Pidato, salah satu jenis pidato ialah pidato persuasif. Pada kesempatan ini penulis akan membahas Pengertian Pidato Persuasif, Pengertian Pidato Persuasif Menurut Para Ahli, Tujuan Pidato Persuasif, Struktur Pidato Persuasif, Ciri – Ciri Pidato Persuasif, Jenis Pidato Persuasif dan Contoh Pidato Persuasif. Simak artikel berikut dibawah ini.

Contoh Pidato Persuasif
Contoh Pidato Persuasif

Pengertian Pidato Persuasif

Pidato persuasif adalah pidato yang memiliki tujuan tujuan untuk memberikan rasa yakin kepada pendengar untuk bersedia setuju dengan pendapat pihak yang memberi pidato dan melakukan hal sesuai dengan yang diinginkan oleh pihak yang berpidato.

Pengertian Pidato Persuasif Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini merupakan beberapa pendapat mengenai pengertian pidato persuasif berdasarkan pendapat para ahli.

  • Menurut Arsjad

    Pidato ialah sebuah kegiatan yang bisa dilakukan oleh seseorang yang tujuannya untuk menyampaikan serta juga menanamkan berbagai bentuk gagasan, ide serta konsep dari para pembicara kepada orang banyak di halayak umum serta bertujuan agar pendengar percaya terhadap apa yang disampaikan oleh pembicara.

  • Menurut Syam

    Pidato adalah teknik berbicara menggunakan kata-kata atau bahasa dengan cara efektif, dengan menampilkan sebuah keterampilan dan kemahiran seseorang yang melakukan pemilihan kata dapat mempengaruhi semua pendengar.

  • Menurut Wikipedia

    Pidato ialah suatu kegiatan dengan bicara di depan umum serta melakukan orasi dengan tujuan untuk dapat menyatakan argumen serta gambaran mengenai sebuah hal.

  • Menurut KBBI

    Pidato adalah sesuatu kegiatan untuk mengungkapkan berbagai gagasan, fikiran dan ide dalam bentuk pengungkapan kata-kata yang ditujukan kepada banyak pendengar.

Tujuan Pidato Persuasif

Adapun tujuan diadakan atau digunakan pidato persuasif ini sebagai berikut.

1. Mendapatkan Informasi

pidato dengan tujuan untuk menyampaikan dan memberikan berbagai informasi, orasi, pendapat dan keterangan kepada para pendengar.

2. Mempengaruhi Pendengar

pidato yang memiliki tujuan untuk dapat mengajak, membujuk banyak pendengar. Contohnya ialah pidato dari kampanye serta pidato bagian keagamaan.

3. Untuk Menyenangkan Orang Lain

Pidato yang merupakan tujuan untuk dapat menghibur pendengar. Umumnya terdapat di dalam pesta-pesta yang mempunyai tujuan untuk memberikan hiburan pihak pendengar.

Struktur Pidato Persuasif

Dibawah ini ialah susunan atau struktur berupa kerangka pidato persuasif sebagai berikut.

  • Salam pembukaan.
  • Pendahuluan.
  • Isi pidato.
  • Penutup.

Ciri – Ciri Pidato Persuasif

Berikut dibawah ini merupakan beberapa ciri pidato persuasif adalah sebagai berikut :

  1. Besifat sebuah ajakan , perintah atau sebuah rekomendasi terhadap hal yang perlu untuk  dilakukan
  2. Menggunakan sebuah kalimat yang memiliki sifat membangun
  3. Menyertakan sebuah permasalahan yang menjadi bahasan

Jenis Pidato Persuasif

Pidato persuasif mempunyai beberapa jenis, adapun jenis tersebut antara lain.

  • Pidato persuasif adalah jenis pidato yang telah didasarkan mempunyai tujuan yang baik.
  • Pidato persuasif adalah salah satu dari jenis pidato yang mempunyai sifat informatif dan suatu informasi.
  • Pidato persuasif merupakan jenis untuk dapat meyakinkan pendengar mengenai tentang apa yang telah disampaikan
  • Pidato deskriptif adalah salah satu dari jenisnya untuk menggambarkan suatu keadaan.
  • Pidato rekreatif merupakan pidato yang merupakan jenis untuk dapat menghibur pendengar.

Contoh Pidato Persuasif

Berikut penulis berikan beberapa contoh mengenai pidato persuasif dengan berbagai tema.

Contoh Pidato Persuasif Tentang Globalisasi

Pidato Persuasif Tentang Globalisasi

Assalamualaikum Wr Wb

Pertama marilah kita panjatkan rasa puji serta syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena itu atas berkah karunia-Nya kita dapat berkumpul di kelas dalam keadaan yang sehat serta tidak kurang apapun. Shalawat beserta salam tak henti dan tak lupa kita haturkan kepada junjungan besar kita nabi Muhammad SAW yang akan selalu kita semua nantikan syafaat serta pertolongan di hari akhir kelak.

Pada kesempatan ini saya mendapat amanat untuk berpidato mengenai tentang globalisasi. Dimana globalisasi adalah proses dimana individu, kelompok, serta antar negara yang saling berinteraksi, saling bergantung dan saling mempengaruhi yang melintasi di batas negara.

Banyak dampak yang dapat kita peroleh dari adanya globalisasi ini dan tentunya tidak lepas dari unsur positif dan negatif. Seperti contoh sangat mudah untuk kita melakukan kegiatan ekonomi di media sosial, seperti berjualan di instagram, website dan lain sebagainya. Dimana transaksi yang dilakukan sangat bergantung pada kepercayaan karena sangat marak dengan penipuan.

Selain pada bidang ekonomi, ada juga perkembangan pada bidang transportasi, sektor ekonomi, bidang pemerintahan serta bidang-bidang lainnya.

Dibalik semua dampak baik buruk dari globalisasi, hal yang harus kita perhatikan adalah dengan bagaimana menyikapinya, supaya kita mampu mengambil berbagai hal positif serta menghindari hal-hal buruk yang mungkin kita mengikutinya tanpa sadar.

Sekian pidato saya kali ini, semoga kita bisa menarik kesimpulan serta mengambil hal-hal positif yang ada. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan, serta kepada Allah SWT saya mohon ampun.

Saya akhiri,

Saya akhiri Wassalamualaikum Wr.Wb

Contoh Pidato Persuasif Tentang Lingkungan

Pidato Persuasif Tentang Lingkungan

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh

Hadirin yang diberi rahmat dan dilimpahkan karunia oleh Allah SWT, semoga kita semua termasuk dalam golongan orang-orang yang sangat beruntung.  Aamiin, aamiin ya robbal alamin.

Dalam kesempatan ini, saya berdiri disini meminta izin menyampaikan sepatah dua patah kata mengenai ligkungan kita sendiri. Dimana lingkungan ini menjadi hal yang besar jika tidak diselesaikan.

Lingkungan yang baik itu pertama dalam aspek fisiknya seperti sebuah kebersihan serta keindahan dimana tata letak serta lokasi yang telah menyehatkan serta membuat orang yang berada di lingkunga akan sehat.

Buruknya apabila tidak kondusif, lingkungan membri kesan tidak nyaman dan tidak sehat. Maka dari itu kita harus menjaga lingkungan secara bersama sama.

Aksi sederhana seperti menjaga kebersihan dipekarangan rumah masing masing, mengadakan kerja bakti, kesadaran akan tidak baiknya lingkungan yang tidak kondusif.

Mungkin ini saya yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, apabila terdapat kesalahan saya mohon maaf, saya akhiri

Waasalamualaikum Waarahmatullahi Wabarakaatu.

Contoh Pidato Persuasif Tentang Sambutan

Pidato Persuasif Tentang Sambutan

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarakatuh

Direktur PT. Pangan Sejahtera yang saya hormati, Bapak Budi Winarko atau serta yang mewakili, yang saya hormati Bapak Muhammada Rizal bin Syamsudi selaku pembicara dan hadirin sekalian yang berbahagia.

Seminar kita hari ini bertopik “Belajar wirausaha untuk pemula dan umum”  seminar ini diperuntukkan untuk semua masyarakat tanpa kecuali, baik yang telah memiliki jiwa kewirausahaan atau yang belum mempunyai jiwa kewirausahaan.

Pada hari ini kita akan bersama mendengarkan sebuah presentasi mengenai “Belajar wirausaha untuk pemula dan umum” yang disampaikan oleh Bapak Muhammada Rizal bin Syamsudi. Maka, acara akan mulai disambung dengan proses sesi tanya jawab. Sekiranya kita semua dapat menikmati acara ini dan mendapat ilmu tentunya.

Demikian sambutan yang kiranya dapat saya sampaikan. Saya ucapkan ribuan terima kasih kepada kita semua yang telah berpartisipasi, mohon maaf apabila dalam bicara, pengadaan kegiatan atau bahkan sajian yang mengkin kurang berkenan. Saya akhiri,

Wassalamu’alaikum warohmatullah wabarakatuh

Contoh Pidato Persuasif Tentang Narkoba

Pidato Persuasif Tentang Narkoba

Assalamualaikum wr.wb

Selamat pagi rekan yang sejabat. Pagi yang cerah, saya memberitahu berbagai hal mengenai akan bahayanya narkotika bagi kita remaja. Seperti yang telah kita tahu, narkotika merupakan  penyebab dari kematian yang terbesar di dunia.

Pada kesempatan hari ini, kita akan kembali mengadakan kampanye akan mengenai bahayanya unsur narkotika bagi para remaja. Termasuk pula dengan pencegahan yang dilakukan apabila telah terlanjur untuk mencoba obat yang terlarang ini.

Dapat dimulai dengan cara pencegahan serta penyuluhan di sekolah, kita mengadakan kampanye supaya para remaja bisa terbebas akan bahayanya narkotika. Selain daripada itu, kampa ini juga memberi tujuan untuk membentuk diri supaya lebih waspada.

Bahaya dari narkoba ini telah menjadi hal yang amat sangat umum untuk diketahui. Tetapi banyaknya untuk pembahasan yang mengangkat permasalahan ini, tidak membuat narkoba langsung dijauhi serta dihindari.

Sebaliknya, narkoba masih saja menjadi bahaya yang terbesar di kalangan anak muda remaja masa kini. Sebagai generasi yang tentunya harus melakukan sebuah perubahan maka kita sebaiknya bertindak dahulu dengan mengadakan berbagai kampanye ini.

Cukup sekian pidato yang saya sampaikan. Mohon maaf atas salah kata. Terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb

Contoh Pidato Persuasif Tentang Corona

Pidato Persuasif Tentang Corona

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji serta rasa syukur tak hentinya kita panjatkan kepada yang maha kuasa atas berjuta limpahan rahmat dan karunianya.

Pada kesempatan ini membahas tentang wabah virus corona yang marak belakangan ini sebagai pandemi dunia.

Hadirin yang saya hormati

Virus yang diduga dari china, wuhan ini. Meresahkan dunia karena, PBB dan WHO, serta semua negara bergerak dengan berpikir cepat untuk menangani semua warganya dichina.

Hadirin yang saya hormati

Diduga virus corona  dari pasar ikan swalayan ada di wuhan. Yang ada pada hewan kelelawar, namun banyak pro kontra mengenai tentang ini.

Hadirin yang saya hormati

Ditengah pandemi ini sudah seharusnya kita semua bergotong royong saling membantu, menjaga kesehatan, mematuhi protokol kesehatan serta memberikan yang terbaik untuk kita dan orang lainnya.

Hadirin yang saya hormati

Sekian pidato dari saya, moho maaf atas salah kata, untuk kesempatan berdiri disini saya ucapkan terima kasih.

Saya akhiri,

Wassalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikianlah artikel mengenai Pidato Persuasif, semoga apa yang kami sampaikan dari materi tersebut dapat menjadi contoh dan bermanfaat bagi kita semua. Tentunya jangan bosan untuk selalu belajar menambah ilmu pengetahuan, selalu kunjungi website ini untuk mendapatkan informasi yang lebih menarik lagi.

Baca Juga :

Baca Juga :  Contoh Identifikasi Masalah